Home » wirausaha » Wirausaha pandangan secara umum

Wirausaha

Wirausaha pandangan secara umum

Pengertian ‘Wirausaha’ adalah sebuah bisnis yang dilakukan secara mandiri yang dilakukan oleh individu yang disebut dengan istilah wirausahawan atau pengusaha. Istilah Wirausaha memiliki kesamaan makna dengan wiraswasta. Setiap individu mempunyai peluang yang sama dalam berwirausaha. Hanya saja, karakter seseorang sangat menentukan. Semua orang mempunyai jiwa enterprener atau pengusaha. Namun kadarnya masing-masing. Coba anda bayangkan saja, jika semua orang mempunyai jiwa wirausaha, siapa nanti yang akan menjadi karyawan?.

Konsep dasar Wirausaha

Di dalam Bisnis Indonesia, perkembangan di dunia wirausaha sangat pesat. Salah satu faktor pendukung meningkatnya para pelalu bisnis di Indonesia adalah tingginya jumlah pengangguran sehingga memaksa mereka untuk tetap berkarya agar dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Dan dilain sisi, pemerintah beserta lembaga yang berwenang, senantiasa membuka lebar jalan menuju kesuksesan dalam berwira usaha. Apakah wirausaha harus berbentuk sebuah industri?. Home Industri memang tergolong dalam kategori wirausaha, namun tidak semua wirausaha harus berbentuk Home Industri. Lalu apa saja yang termasuk dalam kategori yang lainnya?.

Bisnis Online yang ditekuni dengan sungguh-sungguh juga termasuk dalam kategori wirausaha. Dimana mereka membuat sendiri kantor virtual, entah itu berupa website atau blog. Toko Online tidak ada bedanya dengan toko seperti biasanya. Sama-sama menjual produk. Sama-sama mempunyai dua aspek jual beli, yaitu penjual dan pembeli.

Bahkan terkadang, Toko Online berpeluang lebih sukses dibandingkan dengan toko yang sering kita temui sehari-hari. Mengapa demikian?, karena jangkauannya lebih luas, lebih efisien, dan lebih efektif. Tanpa harus keluar rumah, seseorang sudah bisa melakukan pembelian dimana barang yang mereka beli akan datang dengan sendirinya kerumah setelah proses pembelian secara online telah selesai dilakukan. Terlebih di era digital, dimana internet menjadi peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Bisnis Rumahan seperti apakah yang masuk dalam kategori wirausaha?. Seorang pengrajin, entah itu pengrajin kayu, atau kerajinan yang lainnya, selama usaha tersebut menghasilkan, maka sudah memenuhi aspek wirausaha. Dimana ada pengusaha, ada usaha yang dijalankan, dan usaha tersebut bisa menghasilkan. Usaha Batik, konveksi sederhana, servis elektronik, blogging, dan semua yang bisa dikerjakan dari rumah juga bisa menjadi sebuah peluang usaha dalam berwirausaha.

Bagi sebagian orang yang mengabdikan diri kepada negara, sebut saja pegawai negeri. Mereka juga mempunyai peluang untuk berwirausaha. Bisnis Sampingan bisa menjadi salah satu acuan dalam wirausaha. Dimana setiap pagi selalu pergi ke kantor, dan saat waktu senggang sepulang dari bertugas bisa menekuni usaha sampingan yang dijalaninya. Peluang bisnis senantiasa terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin memulainya. Apakah anda orang yang sedang bimbang dalam menentukan peluang usaha modal kecil?. Usaha rumahan yang anda harapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan?.

Kami telah mengumpulkan ratusan artikel tentang bisnis dan wirausaha. Mungkin saatnya anda luangkan waktu sejenak untuk membaca artikel yang sekiranya cocok buat pribadi anda. Harapan kami, semakin anda mempelajari luar dalam tentang bisnis, anda akan lebih mempunyai bekal dalam berwirausaha entah sebagai usaha pokok atau sekedar usaha sampingan. Semakin anda memahami dunia entrepreuneur, anda akan semakin terhindar dari kegagalan. Sehingga anda akan lebih cepat mengembangkan ide anda dalam Wirausaha.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar