Home » wirausaha » Usaha Modal Kecil Fundamental

usaha modal kecil

Usaha Modal Kecil Fundamental

Pengertian usaha modal kecil adalah sebuah usaha yang mudah dilakukan tanpa harus memerlukan modal yang besar. Namun sayangnya, banyak dari kita yang salah dalam mengartikan modal itu sendiri. Pernahkah anda bertanya-tanya pada diri anda sendiri?. Sebenarnya Usaha Modal Kecil itu apa sih?. Yang dimaksud modal kecil itu berapa?. 100ribu?, 200 ribu?, 1 Juta?, atau satu milyar?. Bagi saya sendiri, modal 10 juta sudah terlalu besar. Tapi orang lain, bisa jadi modal 100 juta itu masih tergolong sedikit. Karena inilah, mari kita luruskan kesalahan perspektif ini.

Konsep Dasar usaha modal kecil

Ada istilah UKM, dan UKM adalah Usaha Kecil Menengah. Salah satu yang masuk dalam UKM adalah home industri yaitu industri rumahan dengan basis usaha yang relatif kecil. Pertumbuhan home Industri terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini di picu oleh status ekonomi yang semakin kompetitif. Saat kebutuhan ekonomi tak lagi bisa di elakkan, dan saat tenaga kerja mengalami PHK besar-besaran, jumlah pengangguran yang semakin meningkat, setiap individu dituntut untuk bisa bertahan.

Sebagian kecil dari imbas PHK dan pengangguran termotivasi untuk mendirikan usaha mandiri. Dengan modal seadanya, ilmu dan kemampuan yang entah siap atau tidak siap, mereka mulai membuat sebuah usaha kecil. Dan kabar baiknya, hal ini di dukung oleh program pemerintah tentang kemudahan dalam hal permodalan. Tentunya hal ini membawa imbas yang sangat baik bagi perkembangan usaha kecil menengah.

Dari data perbankan yang pernah kami pelajari, Usaha Kecil Menengah membutuhkan modal antara 0 – 1 Milyard. Namun sayangnya, untuk mencapai nilai maksimal 1 Milyar, sebuah usaha harus masuk dalam kategori bonafit. Bagi kita yang sedang ingin memulai sebuah usaha kecil, rasanya sangat mustahil kita bisa mendapatkan suntikan dana sebesar 1 Milyar. Suku bunga di Indonesia di tekan serendah mungkin. Belum lagi akhir-akhir ini, Bank Indonesia menurunkan suku bunga ke level paling bawah. Meskipun masih sering mengalami perubahan antara penurunan dan kenaikan suku bunga, namun bisa kami katakan suku bunga di Indonesia masih tergolong sangat rendah. Dan hal ini sangat menguntungkan kita yang ingin memulai usaha kecil menengah.

Belum lama ini, Menteri Perekonomian kita telah memberikan memorandum kepada Koperasi. Bahwa koperasi harus berperan penting dalam kemajuan Industri khususnya UKM. Hal ini disambut baik oleh badan usaha koperasi, hingga saat ini, pengajuan pinjaman modal ke koperasi tidak lagi serumit dulu. Memang selalu ada pro dan kontra. Mungkin ada beberapa koperasi yang menerapkan suku bungan terlalu tinggi. Namun hal ini sudah diantisipasi oleh pemerintah. Berapapun suku bunga yang diterapkan oleh koperasi, jika memang koperasi ini resmi di akui negara, tidak akan melebihi standar suku bunga yang diberlakukan oleh pemerintah.

Bagi anda yang baru saja ingin menjalankan usaha kecil, ada baiknya anda mempelajari sistem permodalan yang aman bagi usaha kita. Sebagaimana salah satu strategi keuangan yang harus kita terapkan dalam usaha kita, kita harus menempatkan 10% dari modal usaha kedalam “Resiko Bisnis”. Risk atau resiko bisnis adalah sesuatu yang hampir pasti terjadi dalam segala bentuk usaha. Dengan mengenali resiko bisnis, kita akan semakin tau kemana kita harus melangkah secara aman.

Untuk anda siapa saja dari mana saja, dari Sabang sampai Merauke yang ingin lebih tau lebih dalam lagi dalam dunia bisnis, jangan sungkan-sungkan berdiskusi. Rekan-rekan Wirasejati akan senantiasa siap membantu secara ikhlash Demi kemajuan kita bersama, demi kemajuan Indonesia. Dan bagi anda yang sudah mempunyai perencanaan, jangan ditunda-tunda. Segeralah memulai dari sekarang juga untuk menjalankan usaha kecil.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

2 komentar

  1. Salam sukses selalu buat kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar