Home » wirausaha » Usaha Kecil Hasil Besar

usaha kecil

Usaha Kecil Hasil Besar

Pengertian Usaha Kecil adalah segala bentuk usaha yang dilakukan oleh perorangan atau perusahaan dengan skala kecil. Mereka para pelaku usaha kecil biasanya memiliki modal yang sangat minim. Meskipun modal minim, mereka sama seperti para pelaku bisnis besar. Sama-sama mempunyai jiwa petarung yang tak mudah kalah oleh keadaan. Justru dari sinilah segala sesuatu akan menjadi besar.

Kita tengok saja sejarah google atau microsoft. Semua dimulai dari sesuatu yang kecil. Dari sepetak tanah sebagai kantor, lalu menjadi berjuta meter persegi. Apakah anda ingin bergerak dalam usaha kecil? Ada baiknya anda membaca hingga selesai.

Usaha Kecil Dalam Menopang Perekonomian

Sebagian besar permasalahan dari usaha kecil menengah biasanya terdapat dibagian permodalan. Seperti halnya pembisnis pemula yang kebingungan bagaimana mencari modal usaha. Namun sayangnya kita sering beranggapan yang salah. Kita sering berfikir bahwa modal usaha yang harus kita siapkan adalah uang. Mungkin anda ada benarnya juga, segala sesuatunya pasti butuh uang. Tapi, bagi seorang entrepreneur, uang bukan modal utama yang harus kita cari.

Yang harus kita persiapkan adalah kemampuan diri kita sendiri. Mental kitalah modal yang harus kita persiapkan. Ilmu, pengalaman, dan karakter harus terbentuk terlebih dahulu sebelum melangkah ke dalam dunia usaha. Berapapun modal uang yang kita punya, akan habis jika kita tidak mempunyai ilmu dan pengalaman yang baik. Berbeda halnya jika kita sudah mempersiapkan pengetahuan, mental, dan karakter kita sebagi seorang pengusaha, maka modal uang bisa kita dapatkan dari segala arah. Apakah anda tidak percaya?. Coba simak beberapa tips dibawah untuk anda pelaku usaha kecil yang kesulitan modal. 

Bagi pelaku usaha kecil yang baru ingin menjalankan usaha namun belum memiliki modal, Perbankan di Indonesia membuka peluang besar untuk pengajuan modal usaha. Untuk tingkat pemula, biasanya kita hanya mempunyai batas pinjaman antara 25 Juta – 50 Juta. Tergantung dari Agunan atau jaminan yang anda ajukan. Dan untuk anda yang tidak mempunyai agunan tapi usaha anda sudah berjalan, anda bisa mengajukan tambahan modal tanpa agunan. Seperti Bank Danamon yang menyediakan KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Besar pinjaman untuk pertama kali biasanya hanya dibatasi hingga 50 Juta.

Jika pada pengajuan pertama hingga pelunasan pinjaman tidak ada kendala, anda mempunyai kesempatan untuk mengajukan pinjaman hingga 1 Milyar. Namun ada syarat-syarat tertentu untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan, salah satunya adalah, usaha yang anda dirikan harus sudah memenuhi kriteria perbankan. Seperti sudah berjalan selama 2 – 5 tahun. Tidak pernah mengalami kredit macet. Mempunyai pembukuan yang jelas selama berdirinya usaha. 

Hal yang harus anda catat saat memperoleh pinjaman dari perbankan adalah, mempunyai manajemen keuangan yang baik. Sangat tidak disarankan mengajukan pinjaman jika anda belum mampu mengelola uang dengan baik. Jika anda merasa sudah mampu dalam memanage keuangan, baru anda boleh memutuskan untuk mencari pinjaman.

Mengapa kami menyarankan yang demikian?, karena dari pengalaman kami, usaha bangkrut karena terlilit hutang dikarenakan oleh manajemen keuangan yang amburadul. Dan setiap usaha yang bangkrut dengan meninggalkan hutang, biasanya akan sangat membebani kehidupan kita. Kami sangat iba jika ada salah satu dari kalian mengalami hal buruk ini. Karena itulah, kami selalu berbagi pengalaman tentang usaha kecil menengah dan berwirausaha agar kita terjauh dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman, kami harap anda mampu meraih sukses sekalipun kita mulai dari sebuah usaha kecil.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar