Home » Blogging » Tips Self Hosting Yang Wajib Dilakukan

Tips Self Hosting

Tips Self Hosting Yang Wajib Dilakukan

Mempunyai website dengan self hosting memang terlihat lebih SEO dan lebih profesional. Banyak keutamaan atau keunggulan self hosting dibandingkan dengan memakai hosting gratisan seperti Blogger. Namun banyak pula resiko yang harus kita hadapi jika kita memilih self hosting. Dan kali ini kami akan mencoba menggambarkan bagaimana dan harus apa jika kita memilih self hosting.

 Tips Self Hosting Yang Wajib Dilakukan

Self hosting adalah istilah dimana kita membeli domain beserta hostingnya sendiri. Kita menempatkan file-file yang kita buat di tempat dimana kita membeli domain dan hosting. Memang terkadang ada pula yang membeli domain dan hosting terpisah. Tapi kebanyakan, mereka membeli domain hosting di satu tempat.

Berbeda dengan hosting gratisan seperti Blogspot atau blogger, kita hanya membeli domain tld lalu melakukan setting pada nama blog kita maka blog kita sudah terlihat memiliki domain sendiri. Semua ada sisi baik dan sisi buruknya. Soal SEO atau peluang bersaing saya rasa sama saja. Meskipun self hosting memiliki nilai plus.

Kelemahan Self Hosting dan Ancamannya.

Pernahkah anda tinggal satu kamar dengan teman satu kontrakan? Atau paling tidak pernah mendengar ada tetangga kontrakan yang kehilangan barang. Sama seperti hosting, saat kita sudah waspada akan serangan dari luar. Jika orang yang satu hosting dengan kita melakukan keteledoran.

Jika hosting itu tidak memiliki sistem keamanan yang baik. Maka website kita kan mendapatkan ancaman yang sama. Coba anda bayangkan, apa yang terjadi jika website anda yang selalu menghasilkan jutaan rupiah perbulan tiba-tiba raib. Bagaimana perasaan anda?

Peluang Usaha yang selama ini anda rintis tiba-tiba di bumi hanguskan, pasti tidak akan mengenakkan. Tapi tenang saja, saya akan mencoba untuk mengobati rasa sakit hati anda. Self hosting lebih rentan terkena serangan dari luar karena semua sistem di kendalikan oleh orang-orang yang mempunyai latar belakang berbeda.

Ada yang tau tentang IT dan sistem keamanan, ada pula yang asal-asalan dalam membuat website. Maka dari itu, hal yang paling wajib anda lakukan saat anda menggunakan self hosting adalah dengan membackup secara rutin database anda. Database adalah yang paling penting. Sedang yang harus anda backup kedua adalah File-file yang anda hosting seperti file html, php, dan juga gambar.

Jika suatu saat terjadi hal yang tidak di inginkan, seperti website anda mengalami hal yang buruk dari luar, dan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, anda tinggal melakukan setting pada website anda apakah ada celah keamanan, atau bugs pada file-file anda.

Bugs atau celah keamanan biasanya timbul karena kesalahan kita memakai plugin atau widget yang kurang bisa dipercaya. Plugin yang masih dalam status beta, plugin yang baru saja dibuat, akan lebih beresiko terjangkit bugs. Lalu bagaimana memilih plugin yang baik? Pilihlah plugin yang kredibel, sudah banyak orang pakai, dan sudah memiliki versi.

Misal versi pluginnya 11.1.3.5 Brarti plugin ini telah mengalami penyempurnaan paling tidak sebanyak sebelas kali. Berbeda jika plugin dengan versi 1.0, apalagi jika ada embel-embel 1.0 Beta. Ini artinya plugin ini masih belum banyak mengalami penyempurnaan. Sehingga akan lebih rentan mengandung Bugs yang dapat membahayakan situs kita. Sehingga Bisnis Online anda dapat terganggu.

Kapan Waktu Yang Ideal Membackup Data Website?

Waktu yang tepat untuk update data-data website adalah setiap hari. Kita bisa membuat sebuah schedule atau penjadwalan auto backup perhari atau per minggu.

Mengapa kita harus mengupdate datanya perhari, jika memang website anda penting dan sangat produktif, maka akan banyak sekali data didalamnya. Jika anda adalah seseorang yang mempunyai sebuah Toko Online, Maka anda tidak akan kehilangan data para pelanggan.

Misal, saya pernah daftar menjadi member, lalu karena terjadi serangan dari luar, website itu dihapus oleh orang yang tak bertanggung jawab semua datanya. Dan saat kita mengembalikan atau Restore dengan file seminggu sebelumnya, maka semua member yang mendaftar selama seminggu itu tidak akan dapat mengakses data mereka.

Jika anda rasa update perhari membuat space hosting anda menjadi penuh, buatlah penjadwalan seminggu sekali atau paling tidak sebulan sekali. dengan resiko anda kehilangan semua data selama sebulan terakhir jika anda melakukan backup bulanan.

Tips Self Hosting Untuk Pemula

1. Jika anda pengguna CMS pada self hosting seperti Joomla, Drupal, atau WiraUsaha, jangan menggunakan plugin atau module sembarangan. Teliti terlebih dahulu plugin atau module yang akan anda gunakan sebelum memasangnya di website anda.

2. Download module atau plugin dari website resminya, jangan download dari blog atau dari website orang lain. Karena lebih rentan disisipi file-file berbahaya yang pada akhirnya akan membahayakan website kita sendiri.

3. Gunakan plugin atau module yang berbayar. Karena plugin atau module yang berbayar lebih memiliki sistem keamanan yang super tinggi. Jika memang kalian ingin menggunakan plugin atau module yang berbayar dengan cara cari yang gratisan, ada baiknya anda meneliti seluruh file-file didalamnya.

Jika anda tidak mengerti, maka tidak memakai plugin atau module tambahan itu menjadi salah satu solusi agar website anda lebih aman dan resiko terjangkit bugs akan lebih sedikit.

Yang Perlu Anda Lakukan Jika Anda Pengguna Blogger.

  1. Jaga selalu kualitas blog anda. Jika blog anda tidak melanggar peraturan dari Blogger, saya rasa akan sangat kecil kemungkinan di hapus oleh Google.
  2. Download atau backup file blogger anda sesering mungkin. Ingat, backup blog lho bukan backup template. Jangan sampai salah mengartikan.
  3. Jaga selalu privasi atau keamanan Email anda. Jangan sampai Email anda jatuh ke tangan orang orang lain. Masukkan langkah-langkah keamanan pada email anda, sehingga saat orang lain mengambil alih email anda, anda bisa melakukan pemulihan akun email.

Apa yang akan anda lakukan terhadap website anda mungkin tidak akan sebaik dengan apa yang dilakukan oleh orang lain yang pernah mengalami kehilangan website atau website mereka di acak-acak orang yang tak dikenal. Anda akan melakukan hal yang lebih banyak lagi jika anda mampu menjawab pertanyaan berikut.

Apa yang anda lakukan jika rumah anda kemalingan?


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar