Home » wirausaha » Ternak Ayam Kampung Modal Kecil Untung Besar

ternak ayam kampung

Ternak Ayam Kampung Modal Kecil Untung Besar

Ternak Ayam Kampung. Peluang Usaha yang satu ini sangat menjanjikan untuk dilakukan. Ditambah lagi minat beli masyarakat khususnya di Jakarta akan daging ayam kampung menjadi salah satu tolak ukur betapa terbuka lebarnya peluang usaha yang satu ini. Pada tahun 2015, di Jakarta diperkirakan kebutuhan akan ayam kampung berkisar sekitar 200 ribu ekor. Sedangkan pasokan ayam kampung yang dapat didistribusikan hanya sekitar 35 ribu ekor. Melihat fakta yang terjadi ini, maka masih terbuka lebar peluang usaha beternak ayam kampung.

Salah satu bentuk usaha yang patut menjadi percontohan adalah ternak ayam kampung di desa Tenjolaya, Sukabumi, Jawa Barat. Di tempat ini terdapat ternak rakyat ayam kampung di bawah bimbingan Bapak Ade M. Zulkarnaen. Bapak Ade telah mengembangkan pola ternak ayam kampung secara intensif mulai dari tahun 2004. Dan saat ini, tidak tanggung-tanggung. Bapak Ade dapat meraih omset 450 juta dalam sebulan.

Gambar Ayam

Gambar Ayam

ternak ayam kampung, ayam kampung, cara ternak ayam kampung,

Alasan mengapa usaha ternak ayam kampung cukup menjanjikan.

  1. Permintaan pasar cukup tinggi.
  2. Pemasok masih sangat rendah.
  3. Harga tinggi dan stabil.
  4. Perawatan yang mudah.

Menurut Bapak Ade yang cukup berpengalaman dalam hal ternak ayam kampung menyebutkan bahwa, ternak ayam kampung adalah salah satu ternak yang selalu untung dari tahun ke tahun. Seperti pengamatan Bapak Ade, harga ayam kampung yang selalu lebih mahal dari ayam lainnya serta kestabilan harga menjadi tolak ukur mengapa beternak ayam kampung jauh dari kerugian. Dengan kenaikan harga 15% pertahun menjadi support tersendiri bagi para peternak pemula.

Bapak Ade menyebutkan bahwa Peternak adalah pengendali harga. Jika pada umumnya harga ditentukan oleh penjual, khusus untuk ayam kampung harga ditentukan oleh para peternak sendiri. Sehingga kestabilan harga akan selalu terjamin. Dan peternak akan terhindar dari kerugian saat musim panen tiba.

Nyaris tidak ada kendala dalam beternak ayam kampung. Namun yang perlu diwaspadai adalah adanya musim penyakit (Geringan:jawa) untuk segala jenis unggas. Sehingga, saat musim penyakit seperti ini, maka asupan vitamin ternak akan berlipat. Perawatan juga lebih ketat dan teliti.

 
 

☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar