Home » bisnis » Strategi Khusus Bisnis Wisata Kuliner dan Restoran

bisnis wisata kuliner, bisnis restoran, wisata kuliner, restoran,

Strategi Khusus Bisnis Wisata Kuliner dan Restoran

Bisnis Wisata Kuliner dan Restoran akhir-akhir ini berkembang begitu pesatnya. Dan pasti ada strategi khusus untuk meraih sukses dari bisnis tersebut. Seperti yagn kita ketahui, hampir disetiap sudut kota yang dulu sepi sekarang sudah mulai berdiri beberapa tempat makan atau restoran. Hal ini dipicu semakin tingginya sumber daya manusia, semakin tingginya tingkat kompetisi, maka mau tidak mau orang akan dituntut untuk lebih menghasilkan, dan usaha wisata kuliner adalah salah satu usaha yang sangat menjanjikan.

Strategi Khusus Bisnis Wisata Kuliner dan Restoran

  1. Pilih Lokasi Yang Strategis.
  2. Menyajikan menu makanan yang unik dan istimewa.
  3. Menekan harga serendah mungkin, menyesuaikan dengan tingkat daya beli masyarakat.
  4. Mendekorasi tempat semenarik mungkin.
  5. Promosi offline maupun online.

Makanan yang enak memang menjadi modal utama untuk mendirikan bisnis restoran. Namun tanpa didukung oleh lokasi yang strategis, makanan kita yang sangat lezat mungkin tidak akan ada yang makan. Hal ini dikarenakan tidak adanya pembeli.

Selain itu, sekalipun makanan yang kita sajikan harus unik, nikmat, lezat, dan istimewa, kita juga harus mempertimbangkan harga. Jika terlalu mahal, bisa saja kita telah menjalankan misi bunuh diri. Ini artinya, kita bukan berupaya membuat usaha kita maju, justru sebaliknya, kita melakukan sesuatu yang akan membuat usaha kita bangkrut. Karena inilah, harga juga harus dipertimbangkan dengan sungguh-sungguh.

Lokasi yang strategis tanpa dekorasi yang menarik tidak akan membuat orang merasa ingin mampir ke restoran kita. Karena inilah, kita harus melakukan desain pada restoran kita. Misal, kita bisa menambahkan lampu hias agar lebih terlihat indah. Bagi yang mempunyai target pasar menengah ke atas, kita bisa menambahkan sebuah panggung lalu kita membayar musisi untuk memainkan musik pengiring. Kita bisa menambahkan warna dan gambar yang cerah agar suasana lebih fresh dan glamour.

Dan promosi adalah salah satu senjata yang setiap pengusaha harus memiliki. Dengan promosi yang tepat, sebuah usaha bisa berkembang dalam hitungan bulan. Tanpa promosi yang tepat, mungkin sebuah usaha akan sangat lambat dalam perkembangannya.

Karena inilah, kita harus melakukan berbagai strategi khusus dalam melakukan promosi. Tidak perlu mahal yang penting tepat sasaran. Kita bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook dan twitter sebagai ajang promosi gratis. Kita bisa mengupload foto-foto menarik dari restoran yang kita rintis. Sehingga secara tidak sadar, orang yang melihat akan tertarik untuk mengunjungi restoran kita.

Dengan melakukan strategi yang baik, usaha yang kita lakukan akan baik pula. Dan syukur-syukur stasiun TV mampir ke tempat kita sambil meliput restoran yang kita kelola. Selain promosi gratis, ini akan menjadi tolak ukur kesuksesan dan penanda bahwa bisnis kita sudah siap naik level.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar