Home » bisnis » Strategi Bisnis Yang Tepat dan Akurat

strategi bisnis

Strategi Bisnis Yang Tepat dan Akurat

Strategi bisnis yang tepat dan akurat turut menentukan kesuksesan sebuah usaha. Setiap pelaku bisnis mempunyai strategi masing-masing. Meskipun terkadang serupa, namun setiap perusahaan mempunyai strategi khusus demi kelangsungan perusahaannya. Dan kali ini kami akan memaparkan beberapa strategi bisnis yang bisa anda pelajari lalu anda terapkan pada perusahaan anda.

Strategi Bisnis Yang Tepat dan Akurat

1. Tentukan target pasar.

Setiap perusaan mempunyai target pasar yang sudah ditetapkan sebelumnya. Jika anda mempunyai usaha tentang import export beras, target pasar anda mungkin bisa toko-toko yang menjual beras kepada masyarakat. Namun berbeda jika anda adalah seseorang yang memiliki toko kelontong, yang menyediakan kebutuhan sehari-hari, target pasar anda bisa jadi adalah masyarakat umum. Dan target pasar dengan mentargetkan masyarakat umum sendiri masih bisa dibagi menjadi beberapa tingkatan seperti menengah kebawah atau menengah ke atas. Jika beras mempunyai kelas masing-masing, misal beras import dengan kualitas nomor satu, dengan harga yang mahal, tentu anda hanya akan mentargetkan pembeli khusus mereka yang dari golongan menengah ke atas. Berbeda dengan beras lokal yang relatif murah, target pasar kita adalah masyarakat umum.

Anda tidak bisa menjual beras yang berharga tinggi dengan mentargetkan masyarakat menengah kebawah. Karena ini sama saja beras yang anda jual tidak akan pernah ada yang mau membeli karena tingginya harga. Demikian pentingnya target pasar, maka boleh dibilang dengan mengenali pangsa pasar maka kita bisa menjalankan bisnis dengan baik.

2. Kenali Kompetitor atau Saingan dalam berbisnis.

Sebut saja anda memiliki usaha tentang kue brownies, lalu anda mentargetkan pemasaran produk anda ke daerah-daerah sekitar anda. Tapi anda tidak begitu tau bahwa ada perusahaan kue brownies yang juga memasarkan di daerah anda. Tentu hal seperti ini akan menghambat kelancaran penjualan produk anda. Anda harus mempelajari sistem dan cara penjualan saingan atau kompetitor tersebut. Misal, untuk satu box kue brownies yang berisikan 10 potong, dengan harga satuannya adalah 1000. Anda harus memastikan bahwa harga jual dari kompetitor anda tidak lebih murah dari harga jual anda. Sebab, jika anda menjual satu box kue brownies dengan harga 8 ribu, lalu saingan anda menjual dengan harga 7 ribu, tentu produk anda akan sangat rentan. Bahkan bisa jadi tidak akan ada toko yang mau menjual produk anda.

Berbeda halnya jika kita menjual dengan harga yang sama dengan kompetitor kita, maka kita bisa mengambil strategi lain seperti variasi bentuk dan rasa kue brownies yang kita produksi.

Dengan mengenali kompetitor atau saingan, kita bisa mengantisipasi kegagalan kita dalam berbisnis dan menemukan strategi lain untuk kelancaran bisnis kita.

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

strategi bisnis

3. Terapkan Strategi Online jika memang diperlukan.

Saat ini, kebutuhan tentang internet tidak bisa di elakkan lagi. Hampir setiap individu membutuhkan internet. Dengan berkembangnya pemahaman tentang dunia online ini, kita bisa memanfaatkannya untuk membuat sebuah terobosan tentang strategi online. Cara yang paling sering orang lakukan adalah dengan memasarkan produk melalui sosial media. Ini adalah cara paling murah yang bisa kita lakukan. Dengan melakukan hal seperti ini, pertama kita bisa menambah teman dan rekan bisnis, di sisi lain, kita juga bisa memasarkan produk kita agar lebih luas lagi dalam mencapai target pasar.

Selain memanfaatkan sosial media seperti facebook dan twitter, kita juga bisa membuat toko online sebagai terobosan yang lebih jitu. Misal anda mempunyai sebuah toko pakaian dengan harga yang relatif terjangkau dan kualitasnyapun sangat baik, anda dapat membuat sebuah toko online sederhana menggunakan cms seperti wordpress lalu memajang produk anda di website toko anda tersebut. Dengan melakukan langkah ini, maka kita bisa berpeluang memasarkan produk kita lebih luas lagi. Dari sabang sampai merauke bahkan sampai luar negeri sekalipun bisa melihat produk anda. Dengan melalukan langkah ini, anda dapat menjangkau pasar lebih luas dari pada memasarkannya secara konvensional.

4. Jangan abaikan orang-orang disekitar anda.

Kurang pekanya sebuah rasa terhadap orang-orang sekitar menjadi salah satu faktor penghambat dari sebuah bisnis. Apapun bisnis yang kita lakukan tidak akan pernah bisa terlepas dari orang lain. Semakin kita peduli dengan orang-orang sekitar kita, maka kita akan semakin mudah menjangkau pasar di sekitar perusahaan kita. Terlebih jika orang disekitar kita itu adalah karyawan. Rasa peduli terhadap perusahaan sangat diperlukan untuk kemajuan sebuah bisnis. Oleh karena itu, kita harus terus memperhatikan permasalahan yang sering dialami oleh karyawan-karyawan kita. Seorang karyawan yang bosan, jenuh, bahkan merasa tidak senang dengan perusahaan ditempat ia bekerja bisa menjadi bumerang bagi perusahaan itu sendiri. Karena karyawan yang tidak peduli dengan perusahaan tempat ia bekerja, dia akan bekerja sesuka hati.

Jika anda mempunyai sebuah usaha dibidang kuliner misalnya, saat karyawan anda tidak peduli lagi dengan usaha anda, mereka bisa membuat kesalahan dalam hal penyajian hidangan. Saat makanan sudah terhidangkan kepada pelanggan dan rasa yang ditimbulkan kurang enak bahkan sampai tidak enak, ini akan membuat pelanggan yang sudah datang ketempat anda tidak akan pernah kembali lagi ke tempat anda. Sedemikian pentingnya karyawan bagi perusahaan, tentu kita juga harus semakin serius memperhatikan kesejahteraan karyawan yang telah membantu kita mengembangkan usaha yang kita dirikan.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar