Home » teknologi » Sejarah Singkat Cisco Dan Sertifikat Cisco

cisco, sejarah singkat cisco

Sejarah Singkat Cisco Dan Sertifikat Cisco

Sejarah Singkat Cisco – Sebagian besar pelaku bisnis jaringan pasti telah mengenal apa itu cisco. Tapi tidak bagi kita yang baru masuk ke bidang jaringan. Bagi sebagian besar orang yang mengetahui tentang cisco, mereka telah salah kaprah. Mereka menganggap cisco adalah router. Sedangkan Router ya Cisco. Padahal Router hanya salah satu produk Cisco. Mungkin anda salah satunya. :)

Sejarah Singkat Cisco

router cisco, cisco, sejarah singkat cisco

Pada tahun 1980 sepasang suami istri yang bernama Len dan Sandy Bosack bekerja pada perusahaan komputer yang berbeda. Mereka mengalami kesulitan agar komputer yang bekerja di departemen yang berbeda tersebut dapat berkomunikasi. Sehingga mereka membuat sebuah gateway yang mereka tempatkan di ruang tamu.

Pada tahun 1984, mereka membuat sebuah produk dengan nama cisco (dengan c kecil). Dan inilah cikal bakal dunia networking. Saat sebuah server gateway cisco di buat, penemuan ini telah merubah dunia networking hingga sekarang. Banyak yang mengira bahwa cisco adalah San Francisco System. Padahal ini adalah dua hal yang berbeda. Dan pada tahun 1992, perusahaan tersebut dirubah menjadi Cisco System, Inc.

Produk Pertama Cisco

Dalam dunia Cisco kita mungkin pernah mengenal istilah “The Old Alphabet Soup Products”. Yaitu istilah untuk produk-produk pertama Cisco. Produk pertama Cisco diantaranya adalah :

  1. Advanced Gateway Server (AGS).
  2. Mid-Range Gateway Server (MGS).
  3. Compact Gateway Server (CGS).
  4. Integrated Gateway Server (IGS).
  5. Advanced Gateway Server Plus (AGS+).

Sebagai perusahaan pertama dalam dunia jaringan, Cisco menjadi pemimpin dalam dunia networking. Termasuk dalam dunia internet, Cisco seperti tidak tertandingi. Cisco telah mengubah sejarah. Cisco telah berhasil membuat orang-orang menjadi mudah berkomunikasi, transfer data, serta mengirim data tanpa mempedulikan waktu, tempat, dan platform.

Cisco Internetwork Operating System (IOS)

ios, Cisco Internetwork Operating System, sejarah singkat cisco, cisco,

Cisco telah mengembangkan teknologinya dari tahun ke tahun. Cisco telah memberikan solusi dari setiap permasalah dalam hal komunikasi dan jaringan. Semakin banyak produk hardware yang telah Cisco rilis. Selain itu, Cisco juga membuat sebuah software yang diberi nama Cisco Internetwork Operating System atau biasa disebut IOS.

IOS menyediakan segala fitur yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan pengoperasian jaringan.

Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE)

ccie, cisco certified internetwork expert, sejarah singkat cisco, sejarah cisco

CCIE merupakan program Cisco yang dirancang untuk membekali seseorang secara profesional untuk mengoperasikan perangkat Cisco. Memiliki alat yang rumit untuk memenuhi kebutuhan yang komplex akan membutuhkan seseorang yang dapat menginstall, mengatasi permasalahan, dan mengoperasikan hardware. Untuk itu CCIE dibuat agar selalu ada tenaga ahli yang dapat mengoperasionalkan seluruh produk-produk Cisco.

Sertifikat Cisco ini dapat sebagai pegangan bahwa kita adalah tenaga IT yang profesional. Siapapun yang memiliki sertifikas Cisco mereka pasti sangat terpercaya dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam dunia networking atau jaringan.

Cisco Certified Network Associate (CCNA)

CCNA adalah sertifikat yang diberikan oleh Cisco kepada seseorang hyang telah mampu dan mahir dalam bidang Networking. Tentu saja untuk mendapatkan sertifikat ini, kita harus mengeluarkan budget atau biaya. Biaya tersebut akan di gunakan sebagai biaya ujian untuk mendapatkan sertifikat CCNA.

Bagi beberapa orang, mereka mendapatkan sertifikat Cisco tanpa harus mengeluarkan biaya. Terlebih mereka orang-orang yang berprestasi dan mengabdikan hidupnya untuk kepentingan orang banyak. Seperti halnya seseorang yang bekerja di perusahaan negara, mereka bisa mendapatkan sertifikat Cisco tersebut tanpa mengeluarkan biaya pribadi.

Cisco Certified Network Professional (CCNP)

Bagi kita yang sudah mendapatkan Sertifikat CCIE, dapat melanjutkan langkah untuk mendapatkan sertifikat CCNP. CCNP adalah sertifikat yang diberikan Cisco kepada tenaga profesional dalam dunia networking. Tentu saja untuk mendapatkan CCNP kita harus lulus dari ujian CCIE terlebih dahulu.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar