Home » wirausaha » Penyebab Utama Rasa Takut Dalam Memulai Usaha

Penyebab Utama Rasa Takut Dalam Memulai Usaha, rasa takut

Penyebab Utama Rasa Takut Dalam Memulai Usaha

Penyebab utama rasa takut dalam memulai usaha harus kita kenali sejak dini. Hal ini sangat penting agar kita mempunyai jiwa pengusaha yang sejati. Setiap pelaku bisnis tentu harus mempunyai mental petarung. Namun sayangnya, tidak setiap individu memiliki mental yang satu ini. Rasa takut gagal, rasa takut untuk memulai lebih sering melekat pada diri kita dibandingkan sifat optimis yang seharusnya kita bina pada diri kita sendiri. Kali ini kami akan membahas beberapa faktor yang biasanya menyebabkan diri kita merasa takut untuk memulai sebuah usaha.

Penyebab Utama Rasa Takut Dalam Memulai Usaha

1. Terlalu asik berada di zona nyaman

Faktor yang satu ini biasanya adalah hal yang paling sering melekat pada diri seseorang. Merasa sudah nyaman, merasa sudah cukup, tidak perlu berusaha lebih baik lagi, merasa sudah bahagia dengan penghasilan yang sudah ada, dan lain sebagainya, membuat diri kita enggan berkreasi lebih.

Terlebih jika diri kita adalah seorang karyawan, kebanyakan dari mereka enggan memikirkan bagaimana berdiri diatas kaki sendiri, mereka terlalu asik menikmati setiap gaji yang mereka dapatkan setiap bulannya. Untuk itu, siapapun diri kita yang menginginkan hasil lebih, kita harus bisa keluar dari zona nyaman itu sendiri. Kita harus terus mengoptimalkan potensi pada diri kita, terus berjuang melakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan. Kita harus memupus habis Penyebab Utama Rasa Takut Dalam Memulai Usaha itu sendiri.

2. Takut Gagal

Penyebab Utama Rasa Takut Dalam Memulai Usaha berikutnya adalah tentang rasa takut. Rasa takut gagal sering menghantui diri kita yang akan memulai sebuah usaha. Padahal, jika kita tidak segera memulainya, ini artinya kita sudah gagal sejak awal. Apapun nanti yang akan terjadi, asalkan kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk mental baja, kita tidak perlu takut untuk memulai. Sebab akan selalu ada dua kemungkinan yang belum terjadi. Yaitu, Berhasil atau gagal.

Jika kita tidak segera memulai, maka kita tidak akan pernah bisa merasakan sebuah keberhasilan. Karena itulah, rasa takut gagal harus kita buang jauh-jauh jika kita ingin menjadi seorang wirausahawan sejati.

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

Penyebab Utama Rasa Takut Dalam Memulai Usaha, rasa takut

3. Pesimis, Kurang percaya diri

Faktor berikutnya yang menyebabkan diri kita takut memulai sebuah usaha adalah kurangnya rasa percaya diri. Kita merasa bahwa diri kita tidak mampu, tidak mempunyai bakat untuk menjadi seorang boss. Untuk menjadi seorang pengusaha, kita harus bisa berfikir positif. Membuang jauh-jauh rasa pesimis dan kurang percaya diri.

Apapun yang terjadi pada perusahaan kita, kita harus tetap percaya bahwa dengan bekerja keras dalam mencari solusi, kita akan menemukan keberhasilan yang sesungguhnya. Dengan mengantisipasi Penyebab Utama Rasa Takut Dalam Memulai Usaha kita akan tetap memacu diri untuk menjadi yang terbaik baik itu di dunia maupun di akherat.

4. Takut kehilangan modal

Modal ada berbagai macam. Bisa modal keterampilan, modal pengalaman, atau modal berupa uang. Dan rasa yang paling melekat adalah rasa takut kehilangan uang yang pernah kita miliki

Jika kita menggunakan uang sebagai modal, kita takut Misal, kita sudah mengumpulkan modal bertahun-tahun hingga terkumpul dalam jumlah tertentu. Saat kita ingin memulai sebuah usaha, kita takut kalau uang yang kita kumpulkan dengan susah payah selama ini hilang begitu saja. Kita memang tidak bisa memastikan bahwa setiap yang kita lakukan pasti berhasil, tapi paling tidak kita bisa memastikan bahwa persiapan kita sudah mencukupi. Dari segi modal hingga mental.

Dan yang paling penting dari sebuah usaha adalah mental yang berani mengambil resiko. Kita harus membuang jauh-jauh rasa takut pada diri kita. Dan yang paling penting adalah, jangan pernah takut kehilangan yang paling kita sukai. Karena suatu saat nanti, kita pasti akan kehilangan sesuatu yang kita sukai tersebut. Jika saat ini kita takut kehilangan uang yang sudah kita kumpulkan sejak lama, toh kita akan tetap kehilangan semuanya itu suatu saat nanti.

Maka tidak ada alasan untuk menunda. Manfaatkan sekarang untuk kehidupan yang lebih maju atau berhenti sampai disini sambil menunggu Tuhan memanggil kita untuk meninggalkan semua yang kita punya.

5. Takut dihina orang jika nanti gagal.

Yang tak kalah menarik dari pembahasan penyebab tertundanya sebuah usaha adalah adanya rasa takut jika nanti dihina orang. Jelas ini adalah masalah umum, hampir semua orang takut jika kita terperosok dalam jurang kemiskinan. Misal, hari ini kita punya uang lumayan banyak, lalu kita takut jika nanti kita gagal dalam berbisnis, nanti kita akan kehilangan uang yang sudah kita punya. Hingga akhirnya jatuh miskin. Kita takut kita akan dihina orang jika kita gagal dan jatuh miskin nanti. Ini sama artinya kita akan disanjung jika kita berhasil. Padahal belum tentu.

Saat berhasilpun, anggapan miring dari orang lain pasti akan selalu ada. Dan jika kita gagal, belum tentu semua orang beranggapan buruk. Bisa saja mereka justru menghargai perjuangan anda yang sangat hebat demi mensejahterakan keluarga dan orang-orang sekitar anda. Karena segala sesuatunya belum terbukti, yang paling penting adalah, kita harus melakukan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya. Jika kita sudah melakukan sesuatu yang baik, kita tidak perlu lagi menghiraukan bagaimana orang menilai apa. Baik atau buruk pandangan orang lain, semua tak lepas dari kodrati manusia yang mana tempatnya salah dan lupa. Berserah diri pada sang pencipta, lakukan yang terbaik, mulai dari diri sendiri temukan kebahagiaan yang sejati.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar