Home » kesehatan » Penyebab Mudah Lapar

lapar, penyebab mudah lapar,

Penyebab Mudah Lapar

Penyebab Mudah Lapar – Sangat manusiawi jika seseorang merasa lapar. Namun ada kalanya kita merasa sangat cepat merasa lapar. Baru saja kita makan, lalu 10 menit kemudian lapar lagi. Ada beberapa penyebab mengapa kita lebih mudah lapar.

Penyebab Mudah Lapar

Rasa lapar dipengaruhi oleh beberapa hal yang memicu :

  1. Panca Indera.

    Panca indera khususnya Mata dan Hidung dapat mempengaruhi rasa lapar. Saat mata melihat makanan atau hidung yang mencium aroma masakan, maka indera akan mengirimkan sinyal ke otak, lalu usus akan bereaksi sehingga akan timbul rasa lapar. Bahkan kita pasti sering mengalami dimana kita sudah makan, namun saat melihat atau mencium aroma masakan yang lezat, perut kita seakan-akan keroncongan.

    Gambar Ilustrasi

    Gambar Ilustrasi

    lapar, penyebab mudah lapar,

  2. Makanan yang dikonsumsi rendah serat.

    Buah dan sayur adalah makanan yang mengandung banyak serat. Dan makanan yang banyak mengandung serat akan lebih lama tersimpan di dalam usus sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama. Berbeda halnya dengan seseorang yang hanya makan berupa karbohidrat tanpa serat seperti roti, maka akan lebih mudah kenyang tapi juga akan lebih cepat lapar.

  3. Minuman bersoda dan makanan kaleng.

    Kadar soda dan beberapa zat yang terkandung pada makanan kaleng akan cepat membuat perut kita merasa kenyang, tapi juga cepat menyebabkan rasa lapar. Sinyal yang dikirim ke otak saat kita minum minuman bersoda adalah sinyal palsu. Dimana kenyang yang kita rasakan bukanlah kenyang karena suatu makanan, tapi karena reaksi dari soda pada lambung dan usus. Untuk itulah saat reaksi soda yang hanya sesaat itu hilang, maka rasa lapar akan kembali lagi datang.

  4. Makanan yang terlalu manis, banyak penyedap, serta mengandung pengawet.

    Makanan yang banyak mengandung bahan pengawet juga akan lebih mudah membuat kita merasa lapar. Demikian pula dengan makanan yang terlalu manis. Karena rasa manis yang terkandung pada makanan akan memicu usus untuk terus bekerja. Sehingga rasa lapar akan mudah datang.

  5. Faktor Kesehatan.

    Salah satu faktor yang menyebabkan cepatnya rasa lapar adalah faktor kesehatan. Seperti halnya seseorang yang mengidap cacingan, biasanya orang tersebut tetap makan banyak, namun seperti tidak mendapatkan manfaat dari makanan yang dimakan. Hal ini dikarenakan, makanan yang masuk ke perut tidak terserap oleh tubuh, melainkan di serap oleh cacing. Oleh sebab itu, orang yang menderita cacingan lebih sering merasa lapar.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar