Home » peluang usaha » Pengertian Peluang Usaha Beserta Contoh Sukses

pengertian peluang usaha, peluang usaha, wirausaha

Pengertian Peluang Usaha Beserta Contoh Sukses

Pengertian Peluang Usaha. Secara tata bahasa, peluang usaha terdiri dari dua kata yaitu peluang dan usaha. Peluang sendiri memiliki arti sebuah kesempatan. Sedangkan Usaha secara bahasa adalah daya dan upaya. Namun dalam kamus kewirausahaan, peluang usaha memiliki makna sebuah kesempatan yang dapat di manfaatkan oleh seorang untuk menjalankan sebuah bisnis atau usaha.

Penjabaran Pengertian Peluang Usaha

Mungkin anda pernah membaca sebuah cerita yang pernah kami sampaikan di dalam blog wirasejati.com ini, yaitu tentang seseorang yang tidak mempunyai modal apa-apa namun mampu melawan keadaan hingga yang muncul adalah sebuah keberanian untuk memulai sebuah usaha.

Kali ini kami akan sedikit mengulas tentang kisah yang pernah kami tulis tersebut. Tentu saja ini berkaitan dengan tema kita yaitu memahami apa itu peluang usaha dan apa pentingnya pengertian peluang usaha.

Kisah ini adalah nyata, namun kami akan menyamarkan nama yang bersangkutan. Karena tim kami belum memiliki ijin secara tertulis untuk mengangkat kisah beliau. Sebut saja dia Andre. Seorang lulusan SMP yang berjuang hidup di Jakarta. Dengan keterbatasan SDM, tentu membuat dia sulit untuk mencari pekerjaan yang boleh di bilang layak.

Singkat cerita, sebuah peluang muncul. Andre mencoba ikut temannya yang sudah berdagang Roti (Donat dan Brownies) di Jakarta. Pertama Andre hanya sebagai tukang pembuat Roti. Dengan gaji yang jauh dari UMR. Tapi pekerjaan tersebut tetap dijalani. Mengingat kebutuhan hidup yang harus ia penuhi.

Tak lama dari ketekukannya dalam membuat Roti Donut dan Brownies, ia berani mengkredit sebuah sepeda motor. Ternyata ia ingin mengembangkan ilmu tentang Donut dan Brownies dengan menjadi sales atau pedagang Donut eceran. Sekarang Andre bukan lagi tukang pembuat donut, melainkan seorang sales donut yang cukup tekun dan jujur.

Hari berganti tahun berlalu, usia mulai beranjak dewasa. Kebutuhan biologis mulai membisiki relung hatinya. Dari pengalaman menjadi pembuat donut dan pedagang donut, Andre akhirnya memutuskan untuk mencari pasangan hidup. Ia berkenalan dengan seorang gadis yang akhirnya dinikahinya dengan biaya pernikahan di dapat dari tabungan selama bekerja di Roti donut dan Brownies.

Dari sinilah cerita ini dimulai. Beberapa minggu setelah menikah, Andre mengalami kecelakaan sepeda motor. Hingga kakinya patah. Andre terpaksa harus menjalani perawatan berbulan-bulan.

Dengan kebutuhan hidup yang terus menuntut, tapi fisik memaksa Andre untuk terbaring tak berdaya. Tapi Allah berkehendak lain. Disaat tak berdaya tersebutlah jiwa Wirausaha Andre mulai terbentuk. Dalam benaknya, Andre hanya ingin bagaimana bisa menghasilkan demi memenuhi tanggung jawabnya sebagai seorang Kepala Rumah tangga.

pengertian peluang usaha, peluang usaha, wirausaha

Di Kampung Andre menjalani perawatan. Dan pada suatu hari, luka di kaki sudah mulai mengering. Tampak masih jelas bekas jahitan di kakinya. Andre merenung sejenak tentang jalan keluar dari permasalahan ekonomi yang tengah di hadapinya.

Suatu ketika, muncul ide Andre untuk membuka sebuah usaha Roti Donut dan Brownies yang pernah ia tekuni. Tapi sayang, itu hanya sebuah ide. Bagaimana tidak hanya sebuah ide?, modal untuk membuka usaha saja tidak punya.

Dan Allah sedang merestui keinginannya tersebut. Sehingga muncul sebuah niatan untuk menggadaikan atau menjual motor yang ia punya. Dari situlah Andre mulai berdiskusi dengan keluarga. Termasuk dengan keluarga sang istri. Dan Allah sedang memberikan jalan keluar. Keluarga memberikan dukungan penuh kepadanya untuk membuka sebuah usaha Roti Donut dan Brownies.

Mengingat modal yang cukup besar, pertama Andre memulai usaha dengan membuat Roti Brownies. Karena untuk membuat Roti Brownies biaya produksi dan peralatan yang dibutuhkan lebih sedikit. Dan setelah usaha Brownies sudah berjalan normal, baru Andre mulai mencoba membuat kue Donut.

Dari pengalaman yang didapatkannya saat menjadi pembuat donut dan brownies, Andre dapat meracik kue Donut dan Brownies yang lezat dengan harga yang terjangkau untuk kalangan pedesaan.

Inilah yang dimaksud dengan pengertian peluang usaha. Dimana saat Andre tergeletak tak berdaya setelah kecelakaan, Andre dapat membaca bahwa di Desa belum ada jenis usaha yang bergerak di bidang pembuatan Donut dan Brownies. Sekalipun ada pasti perusahaan-perusahaan besar.

Dari usaha produksi kue donut dan brownies tersebut Andre mampu memenuhi kebutuhan hidup dan sekarang mampu mengurangi pengangguran di lingkungan sekitar. Dan usaha tersebut benar-benar membawa berkah bagi diri sendiri dan orang lain.

Peluang usaha kue atau Roti Donut dan Brownies memang masih cukup jarang untuk di daerah pedesaan. Mungkin anda dapat mencoba peluang usaha yang satu ini.

Semoga dengan gambaran diatas kita dapat memahami apa pengertian peluang usaha yang kita bahas saat ini. Salam sukses, salam wirausahawan sejati.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar