Home » peluang usaha » Peluang Usaha Untuk Pelajar dan Mahasiswa

peluang usaha untuk pelajar dan mahasiswa

Peluang Usaha Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Peluang usaha untuk pelajar dan mahasiswa ini kami tulis dengan tujuan memberikan sedikit gambaran bahwa seorang pelajar atau mahasiswa masih tetap bisa menghasilkan meskipun status kita masih sekolah atau kuliah. Syarat utama yang harus di penuhi untuk memulai bisnis ini adalah harus mampu membuang jauh-jauh rasa malas dan gengsi. Karena, pada umumnya seorang pelajar masih merasa bebas karena masih di biayai oleh orang tua. Dan malu untuk memulai usaha karena takut dicibir oleh teman sekelas atau teman sekampus.

Namun, untuk anda para pelajar atau mahasiswa yang ingin sekali berbisnis, kami telah merangkum beberapa contoh jenis usaha yang dapat anda lakukan tanpa harus banyak menyita waktu belajar anda.

Peluang Usaha Untuk Pelajar yang mudah dilakukan

1. Bisnis Pulsa Elektrik.

Bagi anda seorang pelajar atau mahasiswa, anda bisa memanfaatkan peluang berjualan pulsa elektrik untuk melatih jiwa entrepreneur kita. Mengingat bisnis ini sangat mudah dilakukan, tidak memerlukan modal besar, dan tidak menyita waktu, maka siapapun anda pasti bisa melakukannya. Memanfaatkan jumlah teman yang tidak sedikit, tentu saja ini akan semakin memperlancar anda dalam melakukan transaksi.

2. Beternak kecil-kecilan dirumah.

Mengingat waktu luang yang lumayan besar, kita bisa mengisi waktu luang tersebut dengan beternak kecil-kecilan dirumah. Seperti halnya beternak ayam atau beternak kelinci. Jika kita mempunyai dukungan dari keluarga, kita bisa saja beternak yang lainnya seperti ternak lele, kambing, atau sapi sekalipun. Tentu saja setiap hasil dari beternak bisa kita bagi dengan orang tua dan bisa membantu orang tua untuk memenuhi biaya pendidikan kita.

3. Berjualan Produk secara Online.

Memanfaatkan sosial media, kita bisa menjadikannya sebagai tempat kita berjualan. Seperti facebook atau twitter, kita bisa menawarkan produk yang bisa kita jual di akun sosial media kita. Dengan jumlah teman yang banyak, kita sangat berpeluang mendapatkan seorang pembeli. Kita bisa saja berjualan seputar kebutuhan sekolah, berjualan pakaian, atau bahkan berjualan produk elektronik yang lainnya. Mengingat seorang pelajar rata-rata memiliki keterbatasan dalam soal uang, kita harus menjual produk yang menyesuaikan daya beli teman-teman kita.

4. Berjualan makanan kecil di sekolahan.

Bagi anda seorang mahasiswa, mungkin agak risi jika melakukan bisnis yang satu ini. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa anda juga bisa melakukannya. Untuk itu, jenis usaha yang satu ini lebih kami tekankan bagi mereka yang masih duduk di bangku Sekolah umum seperti SD, SMP, atau SMA. Kita bisa berjualan kue, snack, atau pernak-pernik asesoris di sekolah.

Dengan meminta ijin kepada pihak sekolah, kita menawarkan kepada teman-teman kita semua produk yang kita bawa. Dan dari setiap hasil penjualan kita bisa mendapatkan tambahan uang saku. Sedikit catatan, usahakan anda tidak melayani teman yang membeli dengan cara dihutang. Karena ini sangat tidak baik bagi mental kita sebagai seorang pelajar.

Gambar Ilustrasi Peluang Usaha Untuk Pelajar

Gambar Ilustrasi Peluang Usaha Untuk Pelajar

peluang usaha untuk pelajar dan mahasiswa

5. Mengajar les private atau bimbel.

Jika poin 4 lebih kami utamakan untuk para pelajar di sekolah umum, untuk poin kali ini lebih kami utamakan untuk anda para mahasiswa. Namun bagi pelajar umum yang berprestasi tidak menutup kemungkinan untuk melakukan hal yang sama.

Bagi anda yang memiliki tingkat kecerdasan lebih, anda bisa saja menjadi guru pengajar di sebuah bimbel atau les private. Dari upah yang di bayarkan, anda bisa mendapatkan uang untuk tambahan uang saku atau sekedar untuk membantu orang tua.

6. Penulis Blog.

Bagi anda seorang pelajar atau mahasiswa yang ingin berbisnis di bidang bisnis online, anda bisa mencoba salah satu bisnis yang bisa anda jadikan sebagai ladang penghasilan. Salah satu bisnis tersebut adalah dengan menulis blog pribadi.

Semakin banyak tulisan yang kita posting, kita bisa berpeluang untuk mendapatkan uang jika kita sudah memenuhi syarat untuk ikut dalam bisnis online seperti Publisher misalnya. Banyak orang yang telah sukses menjadi seorang publisher, maka bisa jadi anda salah satu dari orang sukses tersebut.

Sedikit catatan bagi kalian para pelajar atau mahasiswa yang ingin melakukan bisnis sampingan, perlu kita catat bahwa fokus utama kita tetap di belajar. Jangan sampai bisnis yang kita jalankan mengalahkan prioritas kita dalam belajar. Kita harus berprinsip bisnis yang kita lakukan adalah sebuah latihan dalam mencapai sebuah kemandirian. Bukan terfokus pada uang yang kita peroleh.

Dan kita harus menjauhi budaya hutang sekalipun kepada teman terdekat. Siapapun mereka, untuk melakukan pembelian dari produk yang kita jual, kita harus berani mengatakan harus dibayar cash. Tidak menerima hutang. Karena, jika budaya hutang mulai kita tanamkan, maka hal ini akan berpotensi negatif kepada diri kita atau teman-teman kita yang lainnya.

Selain bisa berpengaruh negatif, kita akan lebih mudah terpecah belah jika hutang piutang sudah mulai kita lakukan. Untuk itu kita harus berani memulai dengan cara yang baik.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar