Home » peluang usaha » 25 Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Paling OK

peluang usaha untuk mahasiswa, peluang usaha, wirausaha, motivasi sukses, kiat sukses

25 Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Paling OK

Peluang Usaha Untuk Mahasiswa – Bisnis tak mengenal usia. Bisnis tak memandang derajat, pangkat ataupun latar pendidikan. Yang lulusan Sarjana bisa saja sukses, yang tidak sekolah juga bisa jadi lebih sukses. Yang bermodal tebel bisa saja gagal, yang nggak bermodal justru bisa jadi lebih berhasil. Ya, seperti itulah bisnis merata tak pilih kasih. Termasuk bagi yang masih menuntut ilmu, seperti mahasiswa misalnya, mereka tetap bisa berbisnis meskipun masih di bangku kuliah.

Rahasia Motivasi Peluang Usaha Untuk Mahasiswa

Perlu diingat bagi anda para mahasiswa yang ingin menggeluti dunia bisnis. Entah itu sekedar usaha sampingan atau memang ingin menjadi wirausaha usia dini. Yang perlu diingat adalah, kalian harus tetap ingat bahwa pendidikan lebih utama. Jangan sampai karena tergoda manisnya hasil usaha lantas meninggalkan pendidikan yang tengah di jalani.

Jika sudah yakin tidak akan tergoda oleh manisnya hasil usaha, kami akan memberikan beberapa peluang usaha untuk mahasiswa. Semoga bisa menjadi referensi dalam menentukan bisnis yang akan dijalani.

Jenis-Jenis Peluang Usaha Untuk Mahasiswa :

1. Peluang Usaha Jasa Servis Laptop dan Komputer

Hampir semua mahasiswa pasti mengenal yang namanya komputer. Dan kebanyakan dari mereka telah memiliki laptop pribadi. Kurangnya pemahaman atau kecerobohan dalam penggunaan aplikasi sering kali membuat laptop atau komputer menjadi lambat, atau bahkan rusak. Sebagai mahasiswa, kita memiliki peluang untuk menawarkan jasa servis komputer dan laptop kepada mereka. Sedangkan Jasa Servis Laptop dan Komputer merupakan peluang usaha untuk mahasiswa yang bonafit, dan sedikit persaingan.

2. Peluang Usaha Desain Grafis

Anda mungkin termasuk dalam kategori mahasiswa yang kreatif serta penuh imajinasi. Akan sangat bijak jika kita memanfaatkan peluang usaha untuk mahasiswa yang satu ini, yaitu desain grafis. Kita perlu tau bahwa desain merupakan pekerjaan yang memerlukan daya kreatifitas tinggi. Sehingga, biasanya desain memiliki nilai jual yang tinggi. Karena sangat jarang orang-orang yang imajinatif yang akan dibutuhkan saat melakukan desain.

Beberapa aplikasi yang biasanya harus dikuasai saat ingin bergelut di dunia desain grafis biasanya adalah Corel Draw dan Photoshop. Jika kita menguasai dua aplikasi tersebut, maka kita sudah sangat siap tempur dalam desain mendisain.

3. Peluang Usaha Jasa Penulis

Setiap mahasiswa pasti punya sisi negatif. Apakah anda punya teman kampus yang malas?. Atau punya tetangga kost yang gaptek. Melihat situasi seperti ini, akan terbuka sebuah peluang usaha untuk mahasiswa yang sangat menjanjikan. Peluang usaha tersebut adalah jasa Penulis. Anda bisa menawarkan jasa anda seperti jasa penulisan makalah. Jasa penulisan Skripsi, atau jasa penulisan surat menyurat yang lainnya. Tapi perlu diingat, kita hanya menawarkan jasa penulis. Jika mendapatkan job menuliskan makalah atau skripsi. Pastikan seluruh materi telah disiapkan oleh sang pemesan. Sehingga kita hanya menuliskan alias mengetikkan saja.

4. Peluang Usaha Edit Foto dan Video

Setiap orang pengen tampil cantik, setiap orang pengen tampil menawan. Apalagi dalam sebuah foto atau video, tentu saja seseorang ingin terlihat sempurna. Tapi sayangnya, terkadang sebuah foto memiliki cacat saat proses pengambilannya. Jika kita memiliki ketrampilan dalam hal edit foto, maka kita bisa menawarkan jasa edit foto. Sehingga foto yang kurang sempurna tersebut bisa kita perbaiki agar bisa menjadi lebih sempurna.

Demikian pula dengan video, terkadang video hasil record ingin di buat agar lebih memukau. Seperti penambahan frame, back sound, dan juga efek. Hal tersebut bisa mempengaruhi kualitas sebuah video. Dengan penataan suara, gambar, dan pencahayaan yang tepat, maka isi dari video akan lebih mudah dipahami bagi para penontonnya. Untuk itu, Edit foto dan Video bisa menjadi alternatif peluang usaha untuk mahasiswa.

5. Peluang Usaha Menjadi Guru Les Private

Anda bisa jadi sangat bangga. Karena dimanapun anda berada, mahasiswa pasti akan selalu dianggap sebagai orang yang pinter. Melihat situasi seperti ini, tak heran jika banyak orang tua mempercayakan anak-anak mereka belajar bersama dengan para mahasiswa. Karena orang tua yakin bahwa yang ngajarin orangnya pinter-pinter.

Jika anda ingin memanfaatkan peluang yang satu ini, anda bisa membuka sebuah tempat belajar bersama (Bimbel). Atau bisa juga sekedar menjadi tenaga pengajar di sebuah bimbel.

6. Pelaung Usaha Musisi Professional

Muda dan berbakat, seperti inilah para mahasiswa. Jika anda memiliki kemampuan lebih dalam hal musik, akan ada sebuah pekerjaan yang sangat bonafit. Menjadi penyanyi cafe misalnya. Atau menjadi pengiring musik di sebuah restoran atau yang lainnya.

Untuk anda yang pandai dalam hal musik klasik seperti solo gitar, anda bisa menawarkan diri menjadi pemain musik klasik di restoran atau cafe-cafe ternama. Musik klasik adalah musik yang mempunyai nilai jual tinggi. Tentu akan banyak restoran atau cafe yang membutuhkan kemampuan kita.

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

peluang usaha untuk mahasiswa, peluang usaha, wirausaha, motivasi sukses, kiat sukses

7. Peluang Usaha Pembuatan Kaos dan Atribut

Banyaknya komunitas dalam lingkup kampus membawa keuntungan tersendiri. Salah satu peluang usaha untuk mahasiswa yang cocok adalah pembuatan kaos dan atribut.

Jika kita memilih peluang usaha yang satu ini, maka hal yang harus kita lakukan adalah menjalin relasi dengan mahasiswa yang lain. Terlebih mereka yang aktif dalam berbagai kegiatan seperti Pecinta Alam, Aktivis, Grup Sepak Bola atau Futsal, dan lain sebagainya. Mereka tidak akan sendiri, mereka selalu berkelompok. Dan tentunya mereka memerlukan seragam agar terlihat kompak.

8. Peluang Usaha Jasa Pembuatan Website atau Blog

Tidak semua orang tau IT. Tidak semua orang mahir dalam bidang komputer. Kita bisa memanfaatkan peluang tersebut dan menawarkan kepada mereka yang ingin membuat sebuah blog atau website.

Sebagian besar para mahasiswa ingin sekali memiliki sebuah blog atau website pribadi. Sayangnya, tidak semua dapat melakukannya. Karena keterbatasan pengetahuan atau keterbatasan waktu yang mereka miliki. Mereka lebih memilih jasa seseorang untuk membuatkan blog atau website pribadi. Sehingga, dengan keterbatasan yang ada, mereka tetap dapat memiliki blog atau website pribadi.

9. Peluang Usaha Menjadi Agen Pulsa

Hampir semua orang memiliki ponsel. Hampir semua mahasiswa memiliki smartphone. Dengan kampus yang besar yang dapat menampung ratusan mahasiswa misalnya, jika kita mampu mencari teman sebanyak-banyaknya maka kita bisa menjadi agen pulsa yang sukses. Kita bukan hanya menjual pulsa, tapi kita juga bisa memberikan peluang kepada mahasiswa lain yang ingin menjadi penjual pulsa. Sehingga kita bisa mendapat keuntungan, dan bisa menguntungkan bagi orang lain pula.

10. Peluang Usaha Software dan Aplikasi

Peluang usaha bagi mahasiswa berikutnya adalah pembuatan software atau aplikasi. Mengapa usaha ini begitu menguntungkan?. Karena untuk membuat sebuah software atau aplikasi di perlukan kemampuan yang lebih. Terutama di bidang IT. Sehingga, akan sangat jarang orang yang mampu atau mau membuat software atau aplikasi.

Misal, seorang mahasiswa yang ahli dalam bidang blogger, mereka memiliki blog tapi tidak memiliki aplikasi android yang dapat menunjang kinerja blog mereka. Kita dapat menawarkan kepada mahasiswa blogger tersebut bahwa kita bisa membuatkan aplikasi android atau yang lainnya yang dapat meningkatkan visitor untuk blog yang mereka miliki.

Contoh yang lain adalah, semakin menjamurnya usaha mini market. Untuk usaha baru, biasanya mereka tidak disertai dengan pembayaran sistem kasir. Maka kita bisa menawarkan kepada mereka bahwa kita memiliki software atau aplikasi untuk mempermudah proses pembayaran pelanggan.

Bagaimana?, Merupakan Peluang usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa bukan?.

Contoh Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Lainnya :

  1. Peluang Usaha Berjualan Ebook.
  2. Peluang Usaha Penitipan Barang dan Hewan.
  3. Peluang Usaha Toko Online.
  4. Peluang Usaha Pembuatan Toko Online.
  5. Peluang Usaha Jasa Pengiriman.
  6. Peluang Usaha Tenaga IT Paruh Waktu.
  7. Peluang Usaha Pengetikan dan Printing.
  8. Peluang Usaha Menjadi Penterjemah.
  9. Peluang Usaha Pemandu Wisata.
  10. Peluang Usaha Produser Short Movie.
  11. Peluang Usaha Menjadi Youtuber (VLOG).
  12. Peluang Usaha Internet Marketing.
  13. Peluang Usaha Event Organizer.
  14. Peluang Usaha Guru Mengaji.
  15. Peluang Usaha Makelar atau Perantara.

☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

2 komentar

  1. Jaman sekarang kita tidak bisa hanya mengandalkan gaji bulanan sebagai karyawan. Makin lama, tuntutan akan biaya hidup semakin tinggi. Kita juga harus memulai bisnis, paling tidak dimulai dari yang kecil-kecilan.
    Menarik banget…disana disediakan semua tools yg kita butuhkan untuk berjualan. Bukan cuma toolsnya, sampe BARANG JUALANNYA juga disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar