Home » peluang usaha » Peluang Usaha Terbaru Yang Minim Persaingan

peluang usaha terbaru

Peluang Usaha Terbaru Yang Minim Persaingan

Peluang usaha terbaru yang minim persaingan patut kita coba. Terlebih bagi kita yang ingin memulai sebuah usaha, kita harus berani memulai sesuatu yang baru, unik, dan yang pasti menghasilkan. Kali ini kami akan menguraikan beberapa peluang usaha yang masih sangat minim persaingan yang namun sangat berpotensi untuk sukses. Beberapa peluang usaha baru tersebut adalah :

Contoh Peluang Usaha Terbaru

Peluang Usaha Daur Ulang

Jika anda mempunyai keinginan besar dalam berbisnis tanpa tebang pilih, maka peluang satu ini dapat anda manfaatkan untuk sebagai ladang uang. Dalam usaha ini terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu :

  • Pencari Barang Bekas.
  • Pengepul Barang Bekas.
  • Pendaur Ulang Barang Bekas.

Gambar Ilustrasi Peluang Usaha Terbaru

Gambar Ilustrasi Peluang Usaha Terbaru

peluang usaha terbaru

A. PENCARI BARANG BEKAS

Tidak semua orang mau melakukan pekerjaan ini, yaitu mengumpulkan barang-barang bekas dari segala penjuru. “Pemulung” bahasa yang sering kita kaitkan dengan mereka pencari barang bekas ini. Mereka selama seharian mencari dan mengumpulkan barang bekas yang dapat didaur ulang untuk mendapatkan pundi-pundi uang.

Dan inilah langkah pertama yang harus kita ketahui jika kita ingin berbisnis barang bekas. Paling tidak, kita harus bisa menghargai jerih payah orang-orang yang bekerja berpanas-panasan mengumpulkan barang bekas membantu demi kelancaran bisnis kita. Peluang Usaha Terbaru ini sebaiknya dijalankan dengan memperhatikan lingkungan sekitar.

B. PENGEPUL BARANG BEKAS

Pengepul barang bekas bertugas untuk menampung barang-barang yang didapatkan oleh para pemulung. Pengepul barang bekas adalah orang yang akan membayar setiap barang bekas yang diantarkan oleh para pemulung. Jika kita berfokus dalam melakukan proses daur ulang, kita harus mengetahui proses yang satu ini, agar kita dapat menerapkan standar harga demi kelangsungan hidup dan kesejahteraan diri kita dan orang-orang yang membantu kita.

C. PROSES SORTIR DAN PEMILAHAN

Setelah barang terkumpul dan tersortir antara yang masih kotor dan yang masih bersih, baru kita bisa melakukan proses daur ulang.

Yang kita perlukan jika membuat usaha daur ulang adalah mesin daur ulang yang dapat kita beli melalui dinas pemerintah atau melalui pasar bebas.

PELUANG USAHA AIR BERSIH MANDIRI.

Jika beberapa tahun yang lalu di kalangan pembisnis marak dengan para pengusaha depot air isi ulang, kali ini demi menjawab kebutuhan air bersih, beberapa perusahaan swasta dan pemerintah menggalakkan program air bersih seperti PAM, PDAM, atau PAMSIMAS.

Untuk memulai usaha yang satu ini, kita harus melakukan survey terlebih dahulu.

1. Survey Lokasi Yang Kesulitan Air Bersih.

Yang perlu kita lakukan adalah melakukan survey daerah-daerah yang sering kesulitan air bersih terlebih di musim kemarau. Kita bisa melakukan pendekatan melalui masyarakat secara langsung atau menggali informasi dari instansi pemerintahan setempat untuk mendapatkan informasi yang kita perlukan.

2. Survey Lokasi Sumber Air Terdekat.

Setelah kita mendapatkan informasi bahwa ada suatu daerah yang sering kesulitan air, kita harus mencari sumber mata air terdekat yang dapat kita salurkan ke daerah tersebut. Ada 2 Cara yang paling sering dilakukan untuk mencari sumber air.

  • Mencari dataran yang lebih tinggi yang memiliki sumber air yang akan kita salurkan ke tempat yang kesulitan air.
  • Mencari sumber air yang akan kita lalukan pengeboran untuk mendapatkan air bersih.

Jika kita melakukan langkah pertama, kita harus melalukan survey lokasi dan debit mata air yang ada. Jika jarak terjangkau dan debit air mencukupi kebutuhan masyarakat, kita bisa melakukan negosiasi untuk pembelian lahan yang akan kita kelola sebagai sumber air bersih.

Jika kita memilih jalur kedua, kita harus melakukan pengecekan sonar untuk dapat memastikan bahwa setelah pengeboran, kita akan mendapatkan sumber mata air yang melimpah.

Tentunya untuk melakukan kedua hal tersebut kita tidak bisa sendiri. Kita harus bekerja sama dengan dinas setempat seperti instansi kelurahan yang akan kita ajak untuk bekerja sama demi memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

Untuk mendapatkan modal, kita bisa menawarkan kepada masyarakat yang ingin menjadi pemakai air bersih yang akan kita salurkan. Jika kita mendapat pelanggan dalam jumlah besar, kita bisa membagi antara uang yang kita butuhkan untuk memulai pengeboran atau pembelian lahan. Setiap calon pelanggan harus menyetorkan sejumlah uang sebagai DP.

Hal ini perlu kita lakukan untuk menghindari resiko kehilangan pelanggan saat perusahaan air bersih yang kita kelola sudah selesai kita buat.

Jika kita kekurangan modal, kita bisa mendapatkan suntikan dana dengan cara bekerja sama dengan pihak ketiga seperti bank atau koperasi. Namun jika ingin lebih mudah, kita bisa berkerja sama dengan instansi pemerintahan setempat, dengan hitungan bagi hasil. Sebagian hasil dari pajak pemakaian air dari pelanggan masuk ke kas daerah, sebagian lagi masuk ke rekening perusahaan.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar