Home » peluang usaha » Peluang Usaha Penyedia Jasa Cleaning Servis

Peluang Usaha Penyedia Jasa Cleaning Servis

Peluang Usaha Penyedia Jasa Cleaning Servis

Peluang usaha penyedia jasa cleaning servis akan sangat dibutuhkan semakin meningkatnya UMR karyawan. Misal saja sebuah kantor membutuhkan paling tidak 2 Karyawan Cleaning servis, Jika UMR adalah 2 Juta, maka paling tidak dalam sebulan, perusahaan harus mengeluarkan 4 juta rupiah untuk membayar karyawan cleaning servis.

Jika perusahaan melakukan kontrak kerja dengan perusahaan penyedia jasa cleaning servis dengan kontrak kerja 3 juta perbulan, maka perusahaan tersebut bisa menghemat paling tidak 1 juta perbulan. Belum biaya-biaya yang lain jika mereka memperkerjakan karyawan di dalam kantornya. Seperti biaya asuransi karyawan, biaya pembelian alat kebersihan, tunjugan-tunjangan lainnya.

Untuk itu, setiap perusahaan yang sedang berkembang akan cenderung lebih suka bekerja sama dengan perusahaan penyedia jasa cleaning servis dibandingkan memperkerjakan karyawan.

Modal yang diperlukan untuk memulai Peluang usaha penyedia jasa cleaning servis

  1. Tempat.
  2. Alat Pokok.
  3. Ijin Usaha.
  4. Transportasi.

Jika anda sudah memiliki tempat sendiri, tentu saja ini akan memangkas modal usaha yang akan anda jalankan. Namun jika anda tidak mempunyai tempat usaha sendiri, kita harus melakukan sewa tempat. Sebut saja untuk pertahunnya kita harus menyewa tempat sebesar 10 Juta.

Untuk pembelian alat seperti sapu, lap, vacum cleaner, dll, kita anggar sebesar 15 juta rupiah. Bahkan modal ini bisa kita perkecil lagi di sesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk pembuatan ijin usaha sendiri sangat relatif, untuk di kota besar sebut saja untuk mengurus ijin usaha akan berkisar antara 1 – 5 Juta rupiah.

Untuk modal transportasi, jika kita mampu, kita bisa membeli motor atau mobil bekas untuk memangkas modal. Namun ada cara yang lebih efektif, yaitu untuk transportasi, kita serahkan kepada karyawan itu sendiri. Kita hanya perlu memberikan uang bensin kepada mereka.

Dari kalkulasi diatas, kita akan membutuhkan modal awal sebesar 30 Juta. Masih dapat kita pangkas disesuaikan dengan kebutuhan. Dan Peluang usaha penyedia jasa cleaning servis yang kita ambil sudah dapat berjalan.

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

Peluang Usaha Penyedia Jasa Cleaning Servis

Pengeluaran Pokok

Untuk kelancaran usaha kita, kita akan memerlukan paling tidak 2 – 5 karyawan. Jika 1 karyawan 2 juta, maka paling kita akan mengeluarkan uang antara 4 – 10 juta.

Biaya Air dan Listrik 500 ribu perbulan. Dan biaya operasional seperti perawatan alat dan transportasi sebesar 1,5 juta rupiah. Maka total pengeluaran kita perbulannya adalah 12 Juta rupiah dengan jumlah karyawan 5 orang.

Perhitungan Laba

Jika kita berhasil mendapat client sebanyak 10 perusahaan dengan nilai kontrak sebesar 3 Juta perbulan, ini artinya kita akan mendapatkan pemasukan sebesar 3 Juta x 10 = 30 Juta perbulan. Setelah dipangkas dengan pengeluaran sebesar 12 Juta rupiah, maka kita akan mendapatkan keuntungan sebesar 18 Juta perbulannya.

Semakin banyak client atau mitra kerja kita, semakin besar pula keuntungan yang bisa kita dapat. Untuk itu, usaha cleaning servis akan sangat berpeluang sukses dan sangat dibutuhkan hingga di kemudian hari.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar