Home » peluang usaha » Peluang Usaha Pameran dan Bazar

peluang usaha pameran dan bazar

Peluang Usaha Pameran dan Bazar

Peluang usaha pameran dan bazar merupakan salah satu peluang bisnis yang membutuhkan profesionalitas yang tinggi. Bagaimana tidak?. Kita harus bisa mengkoordinis ratusan stan pameran yang bisa datang dari mana saja, dari mulai menyiapkan tempat, sampai menyiapkan segala bentuk acara yang bisa kita tampilkan selama pameran.

Setiap orang yang ingin mengadakan pameran atau bazar harus memiliki pengalaman yang luas, pengetahuan yang diatas rata-rata, selain itu, harus mempunyai mitra kerja atau partner yang banyak.

Persiapan dalam Memanfaatkan Peluang Usaha Pameran dan Bazar :

  1. Biaya.
  2. Tempat.
  3. Koneksi.

Cara mendapatkan biaya dalam mengadakan pameran dan bazar

Salah satu yang paling sering orang lakukan untuk melakukan pameran atau bazar adalah dengan mencari sponsor. Sponsor ini akan membiayai segala sesuatu yang dibutuhkan selama pameran. Untuk itu, dalam peluang usaha ini, kemampuan kita dalam menarik minat sponsor akan sangat kita perlukan demi kelancaran pameran dan bazar yang akan kita adakan. Jasa EO atau Event Organizer bisa kita manfaatkan untuk membantu kelancaran acara.

Ilustrasi Peluang Usaha Pameran dan Bazar

Ilustrasi Peluang Usaha Pameran dan Bazar

peluang usaha pameran dan bazar

Cara mendapatkan tempat untuk pameran dan bazar.

Untuk mendapatkan tempat, kita bisa melakukan survey ke berbagai tempat seperti bangunan serba guna, Mall, Gedung Olahraga, sampai hotel sekalipun bisa kita jadikan tempat untuk mengadakan pameran. Yang perlu kita perhatikan adalah menyesuaikan antara jenis pameran dengan tempat untuk pameran.

Jika kita ingin melakukan pameran elektronik, kita bisa memilih tempat-tempat yang dekat dengan pusat kota, sehingga bisa dijangkau oleh orang-orang dari berbagai penjuru daerah.

Jika kita ingin mengadakan pameran otomotif, kita bisa memilih tempat yang agak bonafit dan berkelas, karena rata-rata peminat yang datang terdiri dari para eksekutif muda dan bos-bos dari berbagai perusahaan.

Sedemikian rincinya dalam hal pemilihan tempat akan membuat pameran atau bazar yang akan kita adakan, akan membuat segala sesuatunya menjadi lebih lancar dan target yang kita inginkan bisa tercapai. Peluang Usaha Pameran dan Bazar dapat berjalan lancar jika kita mau menerapkan dan melaksanakan seluruh perencanaan dengan cermat dan akurat.

Relasi atau Mitra Kerja

Untuk bisa sukses dalam mengadakan pameran dan bazar, kita pasti memerlukan orang lain. Seperti EO, Marketing, Pengisi Acara Hiburan, dan lain-lain. Seperti contoh, jika kita akan mengadakaan pameran dengan target pasar Menengah kebawah, kita bisa mengundang orkes dangdut untuk mengisi acara selama pameran berlangsung. Atau, kita bisa mendatangkan band-band lokal untuk semakin menghemat biaya.

Selain itu, pengurusan ijin pelaksanaan, hingga jaminan keamanan menjadi PR tersendiri yang tidak bisa kita kerjakan sendiri. Untuk itulah, pengadaan pameran atau bazar akan sangat rentan dan diperlukan profesionalitas yang tinggi.

Kemampuan kita dalam menarik minat orang untuk ikut dalam pameran menjadi masalah utama. Karena tak jarang pameran yang pernah diadakan ternyata sepi peminat. Banyak stan pameran yang kosong. Hal ini biasanya terjadi disebabkan oleh berbagai faktor seperti :

  1. Mahalnya biaya sewa stan.
  2. Buruknya pelayanan dan tempat.
  3. Waktu pelaksanaan yang kurang tepat seperti mengadakan pameran yang mana pernah ada pameran sejenis dengan tempo yang relatif dekat.

☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar