Home » peluang usaha » Peluang usaha memanfaatkan atau menciptakan?

Peluang usaha memanfaatkan atau menciptakan

Peluang usaha memanfaatkan atau menciptakan?

Peluang usaha memanfaatkan atau menciptakan?. Peluang Usaha adalah salah satu hal yang paling dicari bagi seorang wirausaha atau wiraswasta yang biasa disebut dengan istilah wirausahawan. Wirausahawan juga biasa disebut dengan istilah pengusaha.

Mereka adalah orang-orang yang berani mengambil resiko dari segala peluang usaha yang ada. Ada dua kemungkinan dalam berwirausaha, 1 sukses, dan 2 gagal. Dan para wirausahawan atau pengusaha adalah orang-orang yang berjiwa tangguh untuk mengambil resiko tersebut.

Peluang usaha memanfaatkan atau menciptakan?

Apakah para wirausahawan atau para pengusaha hanya nekat?

Untuk para wirausahawan sejati, kali ini kami akan sedikit menjelaskan tentang peluang usaha dan bagaimana para pelaku bisnis menciptakan lalu memilih peluang usaha tersebut. Seorang wirausahawan tidak hanya modal nekat saja.

Sebelum memilih sebuah jenis usaha, maka para pelaku bisnis akan melalukan riset terlebih dahulu. Menganalisa apakah peluang usaha ini bisa mengantarkan kepada kesuksesan. Karena tujuan utama dari berwirausaha adalah mandiri dan sukses.

Apa yang perlu kita siapkan dalam berwira usaha?

Banyak langkah sukses yang harus kita terapkan dalam berwira usaha. Namun ada step awal dalam menganalisa atau menciptakan peluang usaha. Ada 4 hal yang harus diketahui dalam menciptakan peluang usaha, yaitu :

  1. Kebutuhan masyarakat.
  2. Apa saja yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
  3. Cara untuk memenuhi kebutuhan.
  4. Cara atau metode dalam mendapatkan keuntungan.

Mari kita bahas satu persatu.

1. Kebutuhan Masyarakat.

Dalam menganalisa sebuah peluang usaha atau ide bisnis, kita harus menentukan apa kira-kira yang masyarakat butuhkan. Dengan demikian, kita bisa melihat pangsa pasar yang ada. Seorang wirausahawan sejati harus mampu menganalisa kebutuhan masyarakat.

Misal kita hidup di kota besar yang minim area pertanian, tapi setiap orang pasti butuh makan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka yang perlu kita lakukan adalah mendatangkan barang dari tempat lain untuk kita jual kembali di kota besar tersebut. Hal ini kita lakukan karena melihat sisi kebutuhan masyarakat.

Anda bisa menentukan sendiri apa yang dibutuhkan oleh orang-orang disekitar anda. Kebutuhan ini ada banyak sekali jenisnya. Kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian, tempat tinggal (Sandang Pangan Papan). Ada pula kebutuhan extra, seperti hiburan.

2. Sarana yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan.

Jika seseorang butuh makanan, kira-kira apa yang diperlukan untuk mendapatkan makanan tersebut?. Untuk makan kita harus bekerja. Untuk Bekerja kita harus sehat. Untuk sehat kita harus olah raga. Untuk olah raga kita harus punya alat olah raga dan seterusnya.

Dengan mempelajari hal ini, maka kita dapat menemukan kira-kira apa yang orang butuh tapi sarana pendukungnya belum ada. Maka kita bisa menciptakan peluang usaha. Misal, seseorang perlu menempuh perjalanan beberapa kilometer untuk bisa sampai di pasar. Tapi tidak ada angkutan yang dapat mempermudah akses ke pasar tersebut.

Maka kita dapat menemukan ide bisnis atau peluang usaha di bidan angkutan umum untuk memenuhi sarana dan prasarana masyarakat yang ingin ke pasar. Angkutan umum tidak harus yang mahal dengan menjadi juragan angkot atau juragan metromini. Kita bisa memulai dari yang kecil, seperti ojek atau jasa antar jemput.

3. Cara memenuhi kebutuhan.

Seperti yang telah kita singgung diatas. Orang butuh makan, untuk makan harus bekerja, untuk bekerja harus sehat dan seterusnya. Ini adalah cara untuk memenuhi kebutuhan. Kita butuh makan harus bekerja. Orang butuh sehat maka harus rajin olah raga.

Dengan kita memahami konsep ini. Orang harus bekerja, kita dapat menciptakan peluang usaha untuk mendukung kemudahan mereka dalam bekerja. Orang harus sehat, kita dapat mengambil paluang usaha dibidang kesehatan, orang harus olah raga, kita dapat mengambil atau menciptakan peluang usaha di bidang olah raga. Dan seterusnya.

4. Metode dalam mendapatkan keuntungan.

Kunci utama dalam memilih atau menciptakan peluang usaha adalah bagaimana kita dapat untung. Sebuah usaha tanpa keuntungan bukanlah hal yang dicari oleh siapa saja. Maka semua wirausahawan harus tahu bagaimana mereka dapat untung. Jika untuk memenuhi kebutuhan seseorang untuk olah raga, kita dapat menjual alat-alat olah raga.

Dengan menjual alat olahraga ini, kita bisa mendapatkan pemasukan. Jika pemasukan lebih besar dari modal yang kita keluarkan. Maka kita telah mendapatkan keuntungan. Lalu bagaimana Peluang usaha memanfaatkan atau menciptakan?

Jika kebutuhan masyarakat adalah hiburan, maka kita bisa menciptakan sarana hiburan. Kita buat stasiun televisi lokal, atau hanya sekedar membuat reltal playstation. Dengan menyewakan playstation tersebut kita bisa mendapatkan keuntungan.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

One comment

  1. Kalo menrt saya peluang itu diciptakan mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar