Home » peluang usaha » Peluang Usaha Makanan Kecil yang menguntungkan

Peluang Usaha Makanan Kecil

Peluang Usaha Makanan Kecil yang menguntungkan

Wirausaha tak lepas dari kerja keras. Peluang usaha makanan kecil. Atau kesempatan bisnis yang lain bisa tersebar dimana saja. Semua bergantung pada kita sendiri. Setiap jalan adalah bisnis dan setiap bisnis ada jalannya. Setiap jalan adalah ikhtiar, dan setiap ikhtiar pasti ada hasilnya. Yang dimaksud adalah jalan kehidupan.

Peluang Usaha Makanan Kecil

Sebagian dari kita pasti punya angan-angan untuk bisa menjadi orang yang sukses. Banyak cara yang dapat di lakukan dari usaha yang halal, sampai usaha yang haram. Pengalaman membuktikan, banyak orang yang dari lulus sekolah lalu melamar pekerjaan. Sudah kesana kemari dan hasilnya pun tetep nol kecil bahkan minus.

Sampai akhirnya banyak yang ingin merubah haluan yang semula sebagai karyawan berubah menjadi seorang pengusaha. Meskipun usaha yang dilakukan adalah usaha tingkat paling bawah atau yang biasa di sebut dengan usaha kecil. Tetap saja mereka mempunyai tujuan yaitu “Sukses”.

Sebelum memulai bisnis makanan, banyak hal yang harus di perhatikan, dan salah satunya adalah minat beli masyarakat. Seperti kata orang bijak, “Jika mau jualan, jangan menjual Es Batu ke orang Eskimo (Orang yang tinggal di daerah kutub yang udaranya sangat dingin yang airpun di sana bisa membeku).”

Dari kata-kata bijak ini, kita dapat menyimpulkan bahwa sebelum kita memulai usaha kecil di bidang kuliner atau makanan, kita harus menentukan minat beli masyarakat. Dan salah satu yang paling di minati di Indonesia adalah Usaha kecil pedagang bakso, mie ayam, cireng, siomay, warteg, warung soto, dll.

Tapi kebanyakan dari usaha ini terbentur oleh modal dan cepatnya makanan yang di jual itu basi. Seperti bakso jika sehari tidak laku esok harinya berlendir dan tidak layak untuk dimakan. Maka dalam artikel ini ingin sekali saya gambarkan jenis usaha apa saja yang bergerak di bidang makanan dengan modal kecil tapi tidak terlalu beresiko.

Usaha kecil di bidang makanan yang menguntungkan pertama adalah Membuat dan Memasarkan kue kering (Brownies misalnya). Mengapa usaha ini termasuk dalam usaha kecil tapi menguntungkan? Karena di satu sisi, makanan yang kita jual tahan lama, disamping itu resiko kerugiannya sangat kecil sekali.

Dan jenis peluang usaha makanan kecil lainnya misalnya adalah membuat home industri kerupuk. Ada juga usaha kecil bukan di bidang kuliner. Usaha pengepul barang bekas tapi bukan menjadi pemulungnya lho. Tapi menjadi orang yang menerima barang dari pemulung. Kalo di tempat saya biasa disebut dengan Juragan Rosok.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

2 komentar

  1. Menarik sekali topiknya, mungkin anda bisa menemukan korelasinya dengan http://blog.duniamasak.com/6-trend-bisnis-makanan-dan-minuman-dengan-modal-paling-kecil-di-tahun-2016/ Sukses selalu untuk Anda.

  2. idmhdsdk

    bisnis rumahan yang ini nih yang harus ane coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar