Home » peluang usaha » Peluang Usaha Laundry Modal Kecil dan Menengah

peluang usaha laundry

Peluang Usaha Laundry Modal Kecil dan Menengah

Peluang usaha laundry modal kecil dan menengah menjadi salah satu jenis usaha yang menjanjikan. Kebutuhan instant di era modern menjadi alasan utama orang memilih jasa laundry sebagai salah satu kebutuhan. Kesibukan dalam bekerja, dan keinginan yang ingin lebih praktis menjadi salah satu alasan mengapa jasa laundry sangat dibutuhkan di masyarakat.

Keuntungan Peluang Usaha Laundry

Kita akan membaginya menjadi beberapa bagian diantaranya adalah :

  1. Modal Usaha.
  2. Peralatan yang dibutuhkan.
  3. Tempat.
  4. Tenaga Kerja.

Modal Yang Diperlukan dalam Memanfaatkan Peluang Usaha Laundry

Untuk memulai sebuah usaha laundry, modal yang dibutuhkan adalah berkisar antara 5 – 50 Juta. Untuk inilah, jasa Laundry kami golongkan sebagai modal kecil dan menengah. Modal yang kita butuhkan disesuaikan dengan besar kecilnya usaha yang ingin kita jalankan.

Peralatan Yang Dibutuhkan

1. Mesin Cuci.

Jika anda ingin menggunakan mesin cuci dalam menjalankan usaha Laundry, paling tidak anda harus mempunyai satu mesin cuci dengan harga yang bervariasi. Harga mesin cuci standard berkisar antara 1 – 3 Juta. Jika anda ingin menghemat modal usaha, anda bisa memulai usaha laundry tanpa mesin cuci. Anda harus melalukan pencucian secara manual.

2. Mesin Pengering Pakaian.

Jika ingin mempercepat proses pengeringan pakaian yang tidak memakan banyak tempat, salah satu yang harus kita siapkan adalah mesin pengering pakaian. Mesin yang satu ini harganya cukup relatif. Berkisar antara 1 – 10 Jutaan.

3. Setrika.

Untuk memastikan pakaian yang dititipkan kepada kita tetap rapi, kita harus menggunakan setrika. Setrika ini sendiri sangat bervariatif. Ada yang setrika listrik biasa ataupun setrika uap. Harga relatif murah, antara 100 ribu – 500 ribuan.

4. Air bersih.

Air bersih menjadi salah satu syarat utama dalam usaha laundry ini. Untuk modal yang harus disediakan sangat relatif. Jika anda tinggal di perkotaan, biasanya anda harus menyediakan air bersih dari PAM. Dan besar modal yang harus disediakan tergantung besaran biaya pemasangan air PAM dan akan dikenakan pajak perbulannya. Namun jika kita sudah punya sumur sendiri tentunya akan sangat menghemat biaya.

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

peluang usaha laundry

Memilih Tempat Usaha Laundry

Jika anda sudah mempunyai tempat pribadi, dalam artian rumah anda cukup strategis seperti di pinggir jalan, dekat dengan keramaian, maka anda dapat menggunakan rumah anda sebagai tempat untuk menjalankan bisnis Laundry ini. Namun, jika anda tidak memiliki tempat sendiri yang strategis, anda dapat melakukan pencarian tempat usaha yang strategis. Dan yang pastinya, ada dua hal yang perlu anda perhatikan. Untuk mendapatkan tempat tersebut, anda dapat membelinya, dan dapat pula menyewanya.

Sedikit catatan untuk mendapatkan tempat yang strategis. Setelah anda yakin mendapatkan tempat yang cocok, jika memang ingin menyewa, anda harus membuat sebuah surat perjanjian yang berisi bahwa tempat tersebut tidak akan dijual selama usaha anda masih berjalan. Atau tempat tersebut tidak akan di pindah tangankan selama usaha laundry anda tetap beroperasi. Permasalahan yang sering orang alami adalah, saat usaha mulai berjalan, pemilik tempat ingin mendirikan usaha yang sama di tempat usaha yang pernah disewakan tersebut.

Tenaga Kerja

Demi menghemat biaya dan modal, kita bisa memulai usaha tanpa memperkerjakan tenaga kerja tambahan. Kita cukup melakukan segala pekerjaan sendiri. Jika usaha yang kita jalankan sudah berjalan dengan normal, baru kita boleh mencari alternatif tenaga tambahan. Agar kita bisa mencari celah untuk mengembangkan usaha dengan membuka cabang yang baru.

Referensi Umum

Referensi Umum

 


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar