Home » peluang usaha » Peluang Usaha Di Desa

peluang usaha di desa

Peluang Usaha Di Desa

Peluang usaha di desa sangat dibutuhkan bagi masyarakat. Dari Mahasiswa hingga yang tak berpendidikan sangat membutuhkan adanya peluang usaha. Lambatnya perkembangan ekonomi membuat desa semakin minim peluang usaha. Tingkat populasi juga mempengaruhi perkembangan perekonomian sebuah desa. Semakin bertambah populasi, maka semakin bertambah pula daya beli masyarakat. Dan hal ini dapat menciptakan sebuah peluang baru yang dapat dimanfaatkan kedalam sebuah bentuk usaha nyata.

Peluang Usaha Di Desa

Salah satu faktor pembeda antara penduduk desa dengan penduduk kota adalah tentang makanan. Jika dikota besar, segala sesuatu yang akan kita makan bisa dipastikan kita harus membelinya. Namun berbeda dengan di desa. Mulai dari beras, sayur, hingga bumbu dapur, semua ditanam sendiri. Hampir setiap pekarangan di desa pasti menanam pohon cabai. Namun apapun yang mereka tanam tidak menutup kebutuhan dalam hidup. Mereka tetap membutuhkan bumbu ekstra seperti bawang, pala, dan semua tanaman yang hanya bisa tumbuh di daerah pegunungan. Untuk karena itu, kami akan memberikan beberapa contoh peluang usaha yang dapat kita manfaatkan di desa.

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

peluang usaha di desa

  1. Peluang usaha jual sayur keliling.

  2. Peluang Usaha Ternak.

  3. Peluang usaha bercocok tanam.

  4. Peluang usaha makanan kecil.

  5. Peluang usaha toko kelontong.

Semua yang berkaitan dengan pangan, cukup mempunyai peluang sukses jika dijalankan. Seperti halnya sayur keliling, banyak masyarakat desa yang harus pergi ke pasar untuk membeli bumbu-bumbu dapur. Dengan kita mengantarkan apapun yang mereka butuhkan, kita punya peluang untuk tetap menghasilkan darinya. Demikian dengan usaha ternak, bercocok tanam, dan bisnis makanan kecil. Kebutuhan masyarakat akan jenis-jenis pangan tetap memicu pertumbuhan daya konsumtif. Maka, apapun yang kita ternak, apapun yang kita tanam, pasti akan menghasilkan. Namun berbeda dengan sebuah toko kelontong, usaha ini termasuk bagus jika kita mau membangunnya di kampung. Tapi kita harus sabar, karena modal yang kita keluarkan tidak berbanding lurus dengan perputaran uang yang ada. Tapi tetap saja, toko kelontong mempunyai masa depan yang cerah sekalipun itu dibangun di sebuah pedesaan.

Peluang Usaha Di Desa Untuk kebutuhan sekunder

Siapapun mereka entah mereka orang desa ataupun orang kota, mempunyai satu sifat yang lazim dan pasti melekat. Sifat itu adalah adanya rasa gengsi. Bagi penduduk desa, mungkin masalah ini tidak begitu diperhatikan. Berbeda dengan masyarakat kota. Namun seiring perkembangan zaman dan kemajuan tentang teknologi, rasa gengsi dan hedonisme mulai melekat kepada masyarakat. Khususnya bagi mereka kaum berada.

  1. Peluang usaha dealer sepeda motor.

    Bagi anda yang ingin usaha tidak main-main, peluang usaha yang satu ini bisa kita manfaatkan. Masyarakat banyak membutuhkan kendaraan untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Terlebih disaat musim panen tiba, terlalu berat jika harus membawa hasil panen dari sawah ke rumah tanpa kendaraan. Untuk itu, kebutuhan akan kendaraan masih sangat tinggi di pedesaan.

  2. Peluang Usaha Pengepul Barang Bekas.

    Mengingat masih minimnya pemahaman tentang sampah bagi beberapa pihak, kita bisa memanfaatkan peluang usaha ini untuk mendirikan sebuah usaha dimana tujuan kita adalah mengumpulkan barang bekas yang dapat di daur ulang dari masyarakat. Terlebih di pedesaan, uang seribu rupiah saja sangat berharga. Jika ada orang yang mau membeli sampah mereka pasti mereka akan sangat senang karena ada pemasukan tambahan. Dan faktor pendukung lainnya adalah belum padatnya perumahan penduduk, sehingga bau dari sampah yang belum dibersihkan tidak akan mengganggu lingkungan sekitar.

  3. Distro pakaian.

    Anda dapat membuat sebuah usaha distro di tempat anda tinggal. Buat atau jual kaos yang menunjukkan sebuah fans. Misal slanker, kamtis, sera mania, atau yang lainnya. Semakin anda bisa menjaring komunitas, semakin besar pula peluang anda mencapai kesuksesan besar.

  4. Peluang Usaha Pelatihan Tenaga Kerja Keluar Negeri.

    Salah satu minat kerja dari orang-orang desa adalah ingin bekerja ke luar negeri. Jika anda mempunyai pengalaman dan relasi, anda dapat membuat sejenis badan usaha PJTKI. Tujuan usaha anda adalah memberikan pelatihan khusus atau bekal jika ingin bekerja ke luar negeri seperti Korea, Taiwan, atau Jepang. Semakin anda berhasil memberangkatkan tenaga kerja, semakin besar pula usaha yang anda dirikan.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

7 komentar

  1. alhamdulillah bermanfaat sekali artikelnya

    • Semoga artikel yang kami tulis dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih gan dan mampir.

  2. Nambah ilmu lagi. Thank you udah sharing mas Joko. Sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar