Home » peluang usaha » Peluang Usaha Di Bulan Ramadhan

Peluang Usaha Di Bulan Ramadhan

Peluang Usaha Di Bulan Ramadhan

Peluang usaha di bulan Ramadhan adalah salah satu peluang yang sangat menjanjikan. Karena, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Sudah barang tentu, akan sangat banyak keberkahan yang kita rasakan di bulan tersebut. Salah satunya adalah dengan banyaknya bermunculan peluang-peluang usaha yang bisa kita manfaatkan selama bulan suci ini.

Indonesia sebagai umat muslim terbesar di dunia tentu saja menjadi salah satu tempat yang sangat strategis untuk menjalankan bisnis selama bulan Ramadhan.

Diantara ide bisnis atau peluang usaha di bulan Ramadhan adalah :

  1. Peluang Usaha Makanan untuk berbuka.
  2. Peluang Usaha berjualan pakaian untuk anak-anak dan dewasa.
  3. Mengadakan pasar murah dan taman bermain.

Mari kita bahas satu persatu.

Berjualan makanan untuk berbuka.

Saat bulan puasa tiba, kita bisa memanfaatkannya untuk tetap beribadah dengan berjualan makanan untuk berbuka puasa. Seperti berjualan Es Buah, Jus, Makanan ringan sebagai pembuka hidangan berbuka, dll.

Berjualan pakaian anak dan dewasa.

Sebagian besar umat Islam mempersiapkan bulan Syawal atau lebaran jauh-jauh hari sebelumnya. Termasuk masalah pakaian. Dimana di negara kita ada tradisi lama yang tergolong unik untuk menyambut bulan Syawal adalah dengan baju baru. Maka tak jarang jika kita berjualan pakaian di bulan ramadhan, maka pakaian yang kita jual akan laris manis. Sebab di bulan Ramadhan, kebutuhan masyarakat tentang sandang akan semakin meningkat.

Mengadakan pasar murah dan taman bermain.

Jika berjualan makanan dan pakaian sudah sangat biasa terdengar di telinga kita, pengadaan pasar murah dan taman bermain masih agak asing bagi kita. Bagaimana cara mengadakan pasar murah atau bazar dan bagaimana bisa mendapatkan keuntungan dari dalamnya?.

Tempat Untuk Mengadakan Pasar Murah.

Pilihlah tempat yang terbuka dan bersifat umum sehingga siapa saja bisa datang seperti lapangan atau gedung olah raga atau gedung serba guna untuk mengantisipasi hujan.

Setelah kita mendapatkan tempat yang cocok dan pas, kita bisa menawarkan kepada masyarakat yang ingin ikut andil didalamnya. Semua lapisan masyarakat mempunyai hak untuk berjualan dipasar tersebut dengan ketentuan harga yang harus disepakati. Jangan sampai kita mengadakan pasar murah, tapi harga produk yang dijual bahkan lebih mahal dari harga di Mall.

Setelah mendapatkan jumlah pasti orang-orang yang mau ikut berjualan, kita bisa membuat stan atau tempat-tempat untuk berjualan. Sebut saja lapak dagangan. Kita bisa membatasi atau membuat petak-petak menggunakan tali atau menandainya dengan cat. Hal ini untuk mencegah masuknya area dagangan dari pedagang yang satu dengan yang lain.

Untuk mendapatkan keuntungan, kita bisa mengenakan tarif selama berdagang. Misal saja, kita menerapkan tarif 50 ribu sebulan untuk setiap pedagang. Maka, jika ada 100 orang yang berdagang didalamnya, paling tidak kita mendapatkan uang sebesar 5 Juta. Semakin banyak masyarakat yang datang, maka semakin tinggi pula tarif yang bisa kita kenakan kepada setiap pedagang.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan pemasukan uang dari lahan parkir. Sebagai penghasilan tambahan, kita bisa membuat sebuah tempat khusus untuk bermain dan menghabiskan waktu sambil menunggu adzan maghrib dikumandangkan. Tentu saja untuk area bermain, kita bisa mendatangkan atau membuat sendiri peralatan-peralatannya seperti Mandi bola, odong-odong, ayunan, prosotan untuk anak-anak. Dan untuk remaja kita bisa membuat tempat bersepeda santai, skateboard, atau sepatu roda.

Dengan mengadakan even seperti ini, maka nuansa Ramadhan akan terasa lebih ramai dan menyenangkan. Semoga peluang usaha ini bisa kita terapkan di lingkungan tempat tinggal kita. Bisa sebagai bentuk usaha individu, atau usaha bersama yang mana keuntungannya akan masuk ke Kas Desa.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar