Home » teknologi » PABX Dan Segala Informasinya

pabx, pabx alcatel, gambar pabx,

PABX Dan Segala Informasinya

Bergelut dibidang PABX memang menjadi sebuah ide bisnis yang sangat menguntungkan. Selain kompetitor atau saingannya masih sedikit, menggeluti bidang ini juga tidak memerlukan pengetahuan yang panjang lebar. Memang pada pabx tertentu memerlukan pengaturan yang rumit, tapi pada umumnya, kita hanya memerlukan pabx yang sederhana untuk kita gunakan di kantor.

Kali ini saya tidak mengatas namakan wirasejati.com, melainkan diri saya pribadi sebagai penulis. Semua yang saya ketahui dari sisi peluang bisnis, dari sisi kompetitor atau pesaing, dari cara setting, serta perjalanan bisnis pabx yang pernah saya geluti.

Pabx panasonic

Untuk yang pertama, kita akan membahas tentang PABX Panasonic. PABX Panasonic adalah salah satu PABX yang paling sering dipakai di kantor-kantor. Mengapa tidak? Karena PABX ini memiliki pengaturan yang mudah, dan harga yang murah.

Kembali lagi ke fungsi pabx, jika kita hanya ingin menghubungkan satu line telefon dengan line yang lain tanpa greeting atau pesan penjawab otomatis atau fitur yang wah lainnya, kita cukup menggunakan PABX ini. Inilah pengalaman yang pernah saya alami.

Pabx alcatel

Beberapa jenis PABX yang saya kategorikan super lengkap adalah PABX ALCATEL. Saya tidak tau bagaimana menggambarkan PABX ini. Sebuah PABX yang sangat lengkap dengan berbagai fitur istimewa. Saya menggunakan pabx ini untuk perusahaan-perusahaan besar, Bank misalnya. Dan saya pernah menggunakannya pada salah satu Bank Ternama di Indonesia. Karena menyangkut keamanan Bank disana, saya tidak bisa menyebutkan Bank mana yang memakai PABX ALCATEL saya.

Tentu saja dua PABX itu tidak mutlak seperti itu adanya. Ada juga PABX Panasonic yang seimbang dengan PABX ALCATEL yang sering saya pakai. Dan Ada pula PABX ALCATEL yang fiturnya kalah dari PABX Panasonic. Semua tergantung model, jenis, dan harga. Seperti halnya kita membeli komputer, Antara Intel atau AMD, maka akan ada rumor bahwa AMD bagus buat desain, dan Intel tidak cepat panas dan lain lain. Begitu pula pada pabx, semua tergantung selera, ada yang suka dengan panasonic, ada juga yang suka dengan alcatel.

Harga pabx panasonic

Selama saya memakai PABX Panasonic, saya merasakan ada yang istimewa dengan pabx ini. Harga yang terjangkau membuat saya sering memilih pabx ini. Rata-rata dari sebuah kantor yang hanya memiliki line telephone antara 4 – 10, saya pasti menggunakan pabx panasonic.

Saya sendiri tidak tahu, apa memang target pasar panasonic adalah Small Office atau bagaimana, yang pasti setiap saya datang ke kantor-kantor, saya sering menemui PABX ini. Dan kalian bisa lihat daftar harga pabx di Bhinneka atau Lazada. Dua toko ini yang saya berani share disini, soal toko online, saya tidak tau mana yang terpercaya mana yang tipu-tipu. Tapi untuk dua toko itu, saya yakin Toko Online Terpercaya.

Untuk di toko dunia nyata, hehe … ini adalah istilah anak-anak jaman sekarang, kalo online dunia maya, kalo dalam kehidupan sebenernya dunia nyata. Kalau di Dunia Nyata, untuk daerah Jakarta kita bisa ke Mangga 2 atau ke Roxy Mas. Tapi juga nggak harus kesana. Dimana aja sekarang banyak yang sudah jual pabx murah. Sekarang kita masuk ke Sisi Teknis.

PABX adalah sebuah alat kontrol otomatis pada pesawat telephone. Alat ini berfungsi untuk penjawab otomatis, auto customer service, atau sekedar mengalihkan line telefon. Sebagian besar orang yang bergelut di bidang pabx pasti sudah mengerti tentang pabx.

Pengertian PABX sendiri tidak bisa saya jelaskan secara detail, namun pada intinya sudah saya sebutkan diatas. Bahkan pabx adalah salah satu alat yang berfungsi untuk voip. Dan pabx ini biasanya disebut dengan istilah VOIP PABX.

Cara setting pabx

Saya akan memberikan gambaran secara global tentang setting pabx. Saya mulai dari Cara Setting PABX Panasonic. Untuk melakukan setting Pabx panasonic kita bisa melakukan pemrograman menggunakan pesawat telefon. Tapi ada juga yang menggunakan software khusus yang disebut dengan UPCMC.

Dengan software UPCMC kita bisa melakukan setting multi panasonic tda. Yang perlu diperhatikan adalah cara reset pabx itu sendiri, lalu mengerti apa itu trunk dan extension.

Dan Cara setting PABX ALCATEL saya lebih sering menggunakan metode telnet. Dan untuk upload file, saya lebih sering menggunakan ftp. Kita bisa menggunakan software ftp yang bisa kalian dapatkan secara gratis. Ada beberapa file penting yang harus kita ketahui jika kita menggunakan pabx alcatel. Diantaranya adalah File SWK, acc, cho-dat, mao, mao-acc, dan vg.

Cara mendapatkan pelanggan PABX

Kali ini saya akan share pengetahuan saya yang belum seberapa tentang bisnis pabx. Namun dengan sedikit ini, saya harap bisa memberikan sedikit motivasi bagi siapa saja yang membaca artikel ini. Untuk kita yang masih pemula atau baru saja ingin menjajal berbisnis di bidang pabx, selain kita harus mengetahui seluk beluk pabx, saya akan mencoba mencurahkan semua yang ada di pikiran saya tentang strategi bisnis.

Tenang saja, saya hanya orang biasa, saya pernah mengalami untung besar dan pernah juga rugi besar meskipun masih dalam kisaran ratusan juta. Tapi kerugian ini belum seberapa dari pada kerugian yang di tanggung oleh para pembisnis besar. Seperti contoh NOKIA. Perusahaan sebesar NOKIA saja bisa bangkrut dan akhirnya perusahaannya di jual ke Microsoft. Apalagi saya yang hanya seorang pembisnis muda yang masih terus belajar dari kegagalan untuk mencapai kesuksesan yang nyata.

Strategi Bisnis Pabx

1. Menawarkan dari Kantor ke Kantor yang Lain.

PABX hanya digunakan di kantor-kantor, jadi jangan pernah menawarkan pabx rumah ke rumah. Anda boleh menawarkan pabx dari rumah kerumah asalkan itu rumah pemilik perusahaan. Tapi jika kalian mencoba menawarkannya dari rumah ke rumah ya silakan saja. Karena itu strategi anda.

Tapi jika saran dari saya pribadi kita hanya buang-buang uang untuk hasil yang kurang maksimal. Datangilah kantor-kantor terdekat. Mulailah menawarkan kepada mereka jasa servis pabx yang anda geluti. Ini adalah cara untuk menciptakan Peluang Usaha yang pertama.

2. Pasang Target Pemasangan Baru. 

Jika kita memasang target pemasangan pabx baru, kita harus mempunyai banyak relasi bisnis. Dan yang paling penting adalah relasi dinas pemerintah setempat dimana mereka mengeluarkan Surat ijin usaha atau SIUP. Jika anda mempunyai relasi di dinas-dinas ini, mereka dapat memberikan informasi kepada anda siapa saja yang akan membuka kantor baru. Dan anda bisa menawarkan kepada orang yang akan membuka kantor baru tersebut tentang pelayanan pabx anda. Selain oknum dinas setempat, kita harus mempunyai relasi dari para kontraktor. Yaitu orang yang mengerjakan bangunan.

Jangan salah, kontraktor biasanya lebih dulu tau dari pada kita. Kontraktor sudah merencanakan bangunan sebelum bangunan berdiri, sedang kita hanya bisa tau saat bangunan itu sudah jadi bahwa ada kantor baru. Jika kita memiliki relasi seorang kontraktor, mereka dapat menginformasikan kepada anda jika ada kantor-kantor baru.

3. Tender.

Kiat sukses dalam berbisnis PABX salah satunya adalah kemampuan dalam tender. Banyak perusahaan besar ataupun perusahaan pemerintah yang melakukan sistem tender. Sama seperti saat saya beserta tim melayani pemasangan baru pabx seluruh Indonesia, karena pada saat itu ada bank swasta yang membuka cabang di seluruh Indonesia. Tim kami melakukan tender, dan Alhamdulillah kami lolos sebagai perusahaan pemenang Tender.

4. Internet Marketing.

Kita bisa menerapkan strategi online marketing untuk menawarkan usaha kita seperti memasang iklan di google adwords. Google Adwords adalah salah satu solusi terpercaya dalam urusan Pemasaran Online. Jika kita sanggup memasang iklan di Google Adwords, ini artinya kita harus mempunyai website perusahaan. Di dalam website tersebut bisa kita isi profil perusahaan kita dan juga kita bisa menjual produk-produk kita secara online.

5. Strategi Khusus.

Mohon maaf sebelumnya jika saya mencantumkan strategi khusus ini. Karena saya rasa ini perlu saya sampaikan. Karena sebagian pembisnis pemula tidak begitu mengerti tentang strategi ini. Meskipun bisa jadi anda lebih tau dari saya. Strategi khusus ini adalah strategi dimana anda sudah menguasai 3 poin diatas.

Bagaimana menawarkan barang dan jasa, bagaimana mencari relasi, bagaimana memenangkan tender. Jika kalian sudah menguasai, maka akan ada istilah menghemat keuangan perusahaan. Dengan lambatnya perkembangan ekonomi Indonesia, bisakah kita bayangkan berapa pengusaha baru per hari, nggak usah perhari deh per bulan saja. Belum tentu dalam satu bulan akan ada perusahaan baru yang dibuka. Ini artinya, peluang kita untuk mendapatkan job pemasangan pabx baru sangat kecil. Karena hanya perusahaan yang masih baru yang memasang pabx baru. Jika sudah lama biasanya kita hanya jasa perawatan saja.

Dengan minimnya peluang ini, kita tidak mungkin memperkerjakan banyak orang untuk pemasangan pabx. Kita perlu menerapkan strategi kontrak. Jika kita sudah memenangkan tender misalnya, kita tawarkan kontrak kerja kepada siapa saja yang bisa membantu memasang pabx. Karena pemasangan pabx tidak terlalu rumit, kita tidak perlu memperkerjakan orang-orang yang minta bayaran mahal atau sejenisnya. Orang awampun bisa kita ikut sertakan. Kita berikan pelatihan khusus, selepas itu biarkan mereka bekerja. Namun untuk tim koordinator, tetap pilih orang yang berkompeten.

Dengan strategi ini, kita tidak perlu membayar karyawan yang bergerak di lapangan perbulan. Kita hanya perlu membayar sesuai kontrak kerja yang kita tawarkan kepada mereka. Dan dari segi asuransi, jelas kita tidak beresiko. Adapun kecelakaan kerja atau sejenisnya yang mereka alami, mutlak menjadi tanggung jawab perusahaan yang kita kontrak.

Lalu apakah kita tidak perlu karyawan?. Jelas saja perlu. Namanya juga perusahaan, pasti ada bos ada bawahan. Kita hanya perlu memperkerjakan karyawan marketing dan sedikit karyawan lapangan. Marketing yang super power bisa mengalahkan seribu karyawan lapangan. Dan dengan menerapkan sistem ini, kita bisa menjaga kelangsungan perusahaan dan juga tetap bisa menyerap tenaga kerja untuk mengurangi jumlah pengangguran.

Pernahkah anda merasa bisnis yang anda jalani merasa berat dan sulit berkembang?. Mungkin perlu memperhatikan keseimbangan jumlah karyawan.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar