Home » motivasi » Motivasi Bisnis Dalam Menghadapi Kegagalan

Motivasi Bisnis Dalam Menghadapi Kegagalan, kegagalan,

Motivasi Bisnis Dalam Menghadapi Kegagalan

Motivasi Bisnis Dalam Menghadapi Kegagalan- Salam Wirausahawan Sejati. Bagi pelaku bisnis, sebagian menganggap kegagalan adalah momok yang menakutkan. Lebih buruknya lagi, sebagian dari mereka bahkan sampai syok, trauma, depresi, stress bahkan sampai gila hanya karena sebuah kegagalan dalam berwirausaha. Hal ini biasanya dikarenakan adanya sebuah kesalahan dalam mendeskripsikan sebuah kegagalan. Kegagalan bukan hanya awal dari kesuksesan, bahkan jauh dari itu.

Jika kita bisa meluangkan waktu sejenak saja merenungkan makna kegagalan, kita akan mendapatkan sebuah pengalaman yang sangat luar biasa. Dan tim wirasejati akan mencoba menjabarkan makna dari sebuah kegagalan yang lebih luas.

Motivasi Bisnis Dalam Menghadapi Kegagalan

Pernahkah kita melihat seorang bayi yang baru belajar merangkak atau berjalan mendapati luka dilututnya?. Pasti pernah, jika sebagian dari kita sudah mempunyai anak, pasti anak kita pernah ada luka di kakinya. Seperti itulah kegagalan, dan anehnya, anak-anak kita tidak pernah takut mencoba kembali meskipun terkadang harus terjatuh lagi, dan akhirnya terluka lagi, menangis lagi, namun tetap segera melupakan rasa sakit yang ada hingga akhirnya bisa berjalan lalu berlari. Seperti yang pernah dialami oleh tim wirasejati, kami bukan sekedar mengutip kata-kata sukses dari para senior, kami juga pernah mengalami yang namanya kegagalan. Bukan hanya sekali atau dua kali. Bahkan para senior sempat mengatakan kepada kami, bahwa seorang pengusaha harus gagal lebih banyak lagi. Pada waktu itu kami heran, kenapa para senior mengatakan bahwa kita harus mengalami kegagalan lebih banyak lagi. Ternyata setelah kami terjun ke dunia wirausaha, pernyataan itu benar dan sesuai dengan realita.

Sebuah kegagalan hanya sakit yang sesaat, seperti halnya luka dikaki anak kita yang sedang belajar berjalan. Semakin cepat kita melupakan rasa sakit itu, semakin cepat kita mencapai tujuan kita. Ada sebuah kisah nyata tentang kegagalan dan kesuksesan. Beliau biasa dipanggil Andre, tapi bukan Andre Stinky. Cukup panggil dia Andre. Dia salah satu pelaku bisnis yang sempat berbagi cerita kepada tim Wirasejati. Saat usia 27 tahun sudah mandiri dengan penghasilan yang cukup lumayan untuk seseorang di usia itu. Tapi salah dalam bersikap. Sering meremehkan orang lain dan menganggap orang yang sering mengeluh tentang keuangan adalah pemalas. Bagi mas Andre, jika ada orang kesusahan dalam sisi keuangan, bisa jadi dia adalah seorang pemalas yang hanya mengandalkan rasa iba dari orang lain. Dan pada suatu ketika, menjelang di usia 30 tahun, Mas Andre mengalami kegagalan yang sangat dahsyat. Hampir semua usahanya bangkrut, semua tabungan habis, harta benda terjual. Mas Andre kembali lagi ke posisi nol, bahkan minus. Mas Andre gagal dalam berspekulasi sehingga membuat usahanya harus tombok ratusan juta.

Singkat cerita, mas Andre mulai tertekan dari segala sisi. Hutang disana-sini. Dari kegagalan tersebut mas Andre sempat merenung, dan mendapatkan sebuah pelajaran hidup. Andre merasa tak punya apa-apa. Merasakan bagaimana susahnya mencari makan untuk anak istrinya. Dari sinilah karakter mas Andre mulai terbentuk. Mas Andre berubah menjadi sesosok yang peduli dengan sesama. Hingga suatu saat jiwa bisnisnya kembali lagi pulih. Meskipun tertekan dari kanan kiri depan dan belakang, mas Andre mulai menggeluti sebuah bisnis yang sebenarnya tidak menghasilkan di waktu itu. Tapi bagi prinsip mas Andre, manusia yang penting adalah berusaha, soal hasil itu sudah urusan yang diatas (Tuhan). Selama proses ini, mas Andre sering di cemooh dianggap pengangguran yang tidak mau melakukan apa-apa. Termasuk dari keluarganya sendiri, Mas Andre dianggap tidak mau bekerja bahkan di cap sebagai seorang pemalas. Dari kegagalan ini, mental mas Andre benar-benar diuji. Mas Andre tidak menghiraukan hinaan atau cemoohan orang lain. Mas Andre terus fokus ke bidang bisnis yang di jalaninya yang belum menghasilkan tersebut. Butuh waktu lebih dari satu tahun usaha mas Andre baru menampakkan hasil positif. Ini artinya, selama itulah mas Andre tertekan lahir dan batinnya.

Karakter mas Andre semakin kuat, semakin tak mudah goyah. Semakin mengetahui sifat dasar manusia yang hanya mau enaknya saja. Mas Andre tidak menggubris apa yang dilakukan orang lain terhadapnya. Dia tetap fokus dalam kesibukannya. Dan akhirnya mas Andre berhasil bangkit dari keterpurukan. Namun mas Andre tidak lupa dengan rasa sakit yang dialaminya selama jatuh dalam kegagalan. Kini mas Andre lebih memilih berbuat baik kepada orang lain dari pada memusuhi mereka sekalipun sebagian dari mereka adalah orang yang ikut mengolok-olok mas Andre dikala jatuh.

Ternyata kegagalan itu di berikan Tuhan untuk mas Andre agar hati mas Andre bisa lebih tertata. Lain halnya jika mas Andre menyikapi kegagalan dari sudut pandang negatif. Mungkin mas Andre sudah kabur, atau bisa jadi dia gila. Setelah mengalami kegagalan yang lumanyan besar ini, perlu bertahun-tahun untuk bisa pulih. Tapi ada satu hikmah yang mas Andre sempat katakan, “Kegagalan bukan berarti kita salah dalam melangkah, bisa jadi itu adalah cara Tuhan menyayangi kita”. Begitu singkatnya pesan dari Mas Andre, tapi cukup membuat kami terdiam beberapa saat untuk merenungi betapa dalamnya makna dalam kalimat tersebut. Disaat orang lain putus asa, mencari kambing hitam, frustasi, bahkan sampai gila, mas Andre justru bersyukur karena sempat mengalami kegagalan. Karena bagi mas Andre, jika beliau tidak pernah mengalami kegagalan, mungkin karakter pribadinya tidak akan terbentuk sekuat ini. Bagaimana mas Andre mencoba mensyukuri setiap pundi-pundi uang yang ia dapat walau hanya cukup buat beli permen peribahasanya. Tapi seperti inilah kegagalan, selalu ada cerita sukses di balik kepahitannya.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar