Home » peluang usaha » Mengidentifikasi Peluang Usaha dan Analisa Sumber

mengidentifikasi peluang usaha

Mengidentifikasi Peluang Usaha dan Analisa Sumber

Mengidentifikasi peluang usaha dan analisa sumber sebelum menentukan menjalankan bisnis adalah syarat wajib bagi setiap pengusaha. Identifikasi peluang usaha adalah mempelajari sektor bisnis apa saja yang dapat dimanfaatkan dan dibutuhkan masyarakat. Seperti contoh, seseorang ingin mendirikan sebuah usaha mandiri. Ia belum tau apa usaha yang ingin didirikan. Ia ingin menjalankan usaha yang tidak jauh dari tempat tinggalnya. Lalu ia mempelajari perputaran uang di daerah tersebut. Kemudian ia mengetahui bahwa di tempat tinggalnya banyak para petani yang kesulitan mencari pupuk. Setelah mempelajari tingkat persaingan yang ada, maka ia memutuskan untuk mendirikan usaha toko pupuk pertanian.

Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha

Persiapan sebelum mengidentifikasi peluang usaha

  1. Sebelum anda melakukan identifikasi, pastikan anda sudah matang ingin menjalankan usaha mandiri. Agar identifikasi yang akan anda lakukan tidak sia-sia.
  2. Pelajari dan temukan produk yang paling dicari. Sebagai contoh, ditempat anda sudah ada pengusaha roti, mereka harus pergi ke pusat kota untuk membeli bahan pokok pembuat roti yang mana jaraknya lumayan jauh. Maka anda menemukan sebuah peluang yaitu berjualan bahan pokok pembuat roti.
  3. Analisa kemungkinan perputaran jual beli perbulannya.
  4. Hitung jumlah modal untuk mendirikan usaha.
  5. Perhitungkan jumlah saingan atau kompetitor.
  6. Analisa apakah peluang tersebut dapat anda lakukan sendiri atau membutuhkan partner bisnis.
  7. Bicarakan peluang usaha yang ada dengan orang terdekat. Mintalah saran yang membangun. Jika kalian mendapatkan saran agar kita tidak maju, maka tinggalkan carilah orang lain.

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

mengidentifikasi peluang usaha

Analisa Sumber Informasi

Jika anda mendapatkan informasi tentang peluang usaha dari orang lain. Anda harus menganalisa seberapa valid sumber tersebut. Banyak faktor mengapa kita harus menganalisa sumber informasi. Diantaranya adalah :

  1. Mencegah terjadinya penipuan.Banyak orang mengatakan bahwa ada peluang sukses dari bisnis A atau bisnis B. Mereka mengatakan sesuatu yang menggiurkan. Memang sudah menjadi hukum wajib mempunyai sifat peka terhadap peluang bagi seorang pembisnis sejati. Namun, kita tidak diperkenankan terlalu tergiur oleh untung besar dengan cara instant.

    Kita harus kembali pada hukum usaha. Yaitu, tidak ada kesuksesan tanpa proses. Untuk itu, kita harus mencari kevalidan peluang tersebut. Terlebih bagi beberapa usaha yang mewajibkan seseorang untuk membayar sekian juta  diawal. Ini adalah tanda-tanda awal akan terjadinya penipuan meskipun belum tentu itu adalah penipuan. Kita harus tetap waspada.

  2. Menghindari salah langkah dan penyesalan.Kejadian yang sering dialami oleh beberapa pembisnis pemula adalah terjadinya penyesalan setelah usaha yang dijalani ternyata gagal. Penyesalan sendiri disebabkan oleh banyak hal. Tidak harus berupa kegagalan. Seseorang yang mengabaikan sebuah peluang usaha, lantas ada orang lain yang sukses setelah mengambil peluang tersebut, maka orang yang mengabaikan peluang tersebut bisa juga mengalami penyesalan.

    Seperti yang terjadi beberapa tahun yang lalu dimana pernah terjadi sebuah informasi bisnis dimana setiap orang harus menyetorkan uang dalam jumlah yang lumayan besar. Lalu pada akhirnya, setelah lama tidak mendapatkan uang atau keuntungan yang dijanjikan, usut boleh usut ternyata uang yang telah disetorkan telah raib dibawa kabur. Sering terjadi pula seorang pengusaha kecil, yang sudah menekuni usaha bertahun-tahun, lantas mendapatkan informasi sebuah peluang usaha yang menggiurkan.

    Pengusaha tersebut memilih untuk meninggalkan usaha kecilnya mencoba berkonsentrasi pada usaha yang dirasanya cukup menjanjikan tersebut. Lambat laun, bukan untung besar yang didapat melainkan modal yang ia punya ternyata malah habis sebelum menikmati keuntungan yang diimpikan. Ternyata ia telah salah langkah. Usaha yang dijalani saat ini ternyata tidak sesuai dengan dirinya yang menyebabkan hilangnya modal usaha yang selama ini telah ia kumpulkan hasil dari usaha kecil yang ia tinggalkan.

Menganalisa sumber peluang usaha adalah wajib. Dan harus dilakukan sesegera mungkin agar peluang itu sendiri tidak hilang jika kita terlalu lama menundanya.

Menyimpulkan Peluang Usaha Yang Dipilih

Setelah melakukan beberapa langkah dan mempelajari semua kriteria yang ada, maka akan tercatat beberapa jenis peluang yang ada. Misal ada beberapa peluang di sebuah daerah :

  1. Peluang Usaha Kuliner Bakso dan Mie Ayam.
  2. Peluang Usaha Pengecer Pupuk Organik.
  3. Peluang Usaha Konveksi.
  4. Peluang Usaha Ternak Lele.
  5. Peluang Usaha Foto Kopi.
  6. Peluang Usaha Makanan Ringan.
  7. Peluang Usaha Kue Brownies dan Donat.

Setelah terkumpul data, maka yang perlu kita perhatikan adalah kemampuan diri kita sendiri. Kami gambarkan adalah seseorang yang mempunyai pengalaman di bidang Teknologi. Ia akan memanfaatkan sebuah peluang yang sesuai dengan jadi dirinya yang suka dengan teknologi. Yaitu dengan mengambil peluang Foto Kopi atau Bisnis Online. Dan seseorang yang tidak mempunyai pengalaman sama sekali lebih cenderung memilih peluang usaha yang sesuai dengan modal yang ia punya. Sekalipun orang tersebut tidak mempunyai modal dalam artian materi, mereka akan tetap mengambil peluang usaha yang paling mudah dilakukan, tanpa harus keluar modal besar.

Setelah dianalisa dan didapatkan peluang yang cocok dengan kepribadian, belum tentu ini adalah yang terbaik. Namun, paling tidak kita sudah berupaya menyesuaikan diri dengan pekerjaan yang akan kita jalani. Dan aspek terpentingnya adalah, minat masyarakat dengan usaha yang akan kita jalankan. Jika kita rasa kita cocok dengan peluang yang akan kita ambil, prospek di masyarakat juga oke, baru kita tentukan hari dimana kita akan mulai menjalankan bisnis yang telah kita analisa tersebut.

Referensi Umum

Referensi Umum


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar