Home » kesehatan » Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

bibir kering, cara mengatasi bibir kering,

Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah secara tradisional, medis, dan mudah dilakukan dirumah. Khususnya bagi kita yang mempunyai masalah dengan sariawan atau panas dalam, kita akan mengalami bibir terasa kering. Dan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana mengatasi permasalahan yang satu ini. Jika kita mengalami bibir kering hingga pecah-pecah, tentu saja akan sangat terasa sakit. Terlebih jika sampai berdarah, akan sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Mari kita bahas penyebab dan solusi paling tepat jika kita mengalami bibir kering.

Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Penyebab terjadinya bibir kering dan pecah-pecah

Bibir kering biasanya terjadi bukan karena faktor bawaan dari lahir. Melainkan di karenakan adanya faktor dari dalam dan dari luar tubuh kita. Termasuk di dalamnya adalah kebiasaan hidup kurang sehat. Di bawah ini kami berikan beberapa penyebab bibir kering yang sering terjadi di sekitar kita.

  1. Kurang Minum.
  2. Kurang Vitamin.
  3. Panas Dalam.
  4. Berada di tempat yang terlalu dingin seperti ruangan ber AC.
  5. Cuaca yang terlalu panas.
  6. Kebiasaan menjilati bibir.
  7. Penggunaan kosmetik yang tidak tepat.

Permukaan lapisan bibir sangatlah tipis, bahkan 10x lebih tipis dari permukaan kulit yang lain. Sehingga, kita harus waspada dalam menggunakan segala sesuatu yang akan kita gunakan di permukaan bibir. Karena bibir sangat sensitif dan lapisan pada bibir sangat mudah terkoyak.

Jika lapisan bibir terkoyak, maka akan terasa sangat perih dan jika tidak segera teratasi bisa terjadi pendarahan. Seperti yang terjadi pada beberapa orang, permukaan bibir yang terkoyak hingga berdarah akan sangat berpengaruh pada sistem pertahanan tubuh. Di tambah lagi kesulitan untuk mengkonsumsi makanan akan menambah resiko tubuh menjadi lemas dan akhirnya jatuh sakit.

Di sisi lain, penggunaan lip Gloss juga bisa berpengaruh pada bibir. Khususnya bagi perempuan, mereka terkadang mempunyai kebiasaan yaitu menarik permukaan bibir yang mengering. Sehingga permukaan bibir tidak terkelupas secara alami melainkan terkelupas karena kita tarik. Jika tidak hati-hati, bibir bisa mengalami pendarahan dan akan terasa sakit.

Penggunaan lipstik atau lip gloss harus di sesuaikan dengan kulit bibir. Jika memang tidak cocok, seperti menyebabkan bibir kering, mudah pecah, maka gantilah produk yang anda gunakan dengan produk yang lain.

Gambar Ilustrasi Bibir Kering

Gambar Ilustrasi Bibir Kering

bibir kering, cara mengatasi bibir kering,

Solusi Penanganan Bibir Kering

Dari beberapa penyebab dari bibir kering di atas, kita dapat menghindari dan mewaspadai apa yang menyebabkan bibir kita menjadi kering. Dan beberapa hal yang baik kita lakukan untuk menjaga agar bibir tetap lembab dan tidak kering atau pecah-pecah adalah :

  1. Menggunakan Lip Balm.
  2. Lips Balm sangat baik di gunakan khususnya bagi wanita yang sering menggunakan lipstik atau lip gloss. Lip balm dapat menjadi pelembab yang aman untuk bibir. Baik digunakan 2x sampai 3x dalam sehari.
  3. Menggunakan obat scrub bibir.
  4. Menggunakan scrub bibir dapat membantu meregenerasi kulit bibir. Sehingga kulit bibir akan selalu sehat, lembab, dan tidak mudah kering. Gunakan secara rutin seperti saat mau tidur atau sehari 3x. Untuk racikan scrub bibir secara tradisional, akan kita bahas di bawah nanti.
  5. Mengurangi Kebiasaan Menjilati Bibir.Meskipun tidak harus, namun jika kita ingin terhindar dari bibir kering, ada baiknya jika kita meninggalkan kebiasaan kita menjilati bibir. Agar kulit bibir tidak rusak oleh lapisan asam pada air liur.

Obat tradisional mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Bahan-bahan yang perlu di persiapkan :

  1. Madu.
  2. Jika tidak ada madu, bisa menggunakan Minyak Kelapa/Minyak Zaitun.
  3. Gula.

Cara Membuat racikan obat alami bibir kering :

  1. Ambil satu sendok teh madu atau satu sendok teh minyak zaitun.
  2. Tambahkan satu sendok teh Gula dan campur dengan madu atau minyak tersebut.
  3. Setelah madu atau minyak tercampur dengan gula, maka oleskan pada bibir.
  4. Tunggu beberapa saat, maka campuran madu dan gula tadi akan meresap ke bibir.
  5. Lebih baik lagi jika di gunakan menjelang tidur.

Campuran antara madu dan gula diatas hanya boleh digunakan saat bibir kita pada keadaan sehat. Racikan diatas akan menjaga kelembaban bibir. Jika bibir sedang pecah-pecah atau sakit, racikan ini lebih baik tidak di gunakan. Sebab, racikan ini bersifat mencegah bukan mengobati. Jika bibir sudah kembali normal, maka barulah kita boleh menggunakan ramuan ini untuk menjaga kesehatan bibir.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar