Home » peluang usaha » Memanfaatkan Peluang Usaha Dengan Baik

Memanfaatkan Peluang Usaha

Memanfaatkan Peluang Usaha Dengan Baik

Memanfaatkan peluang usaha dengan baik menjadi modal utama seorang pengusaha. Dalam berwirausaha, setiap keahlian dan kesempatan sangat menentukan sebuah kesuksesan seseorang. Tanpa adanya pengalaman dan kemampuan memanfaatkan peluang, mungkin sebuah usaha tidak akan berjalan dengan baik. Ilmu pengetahuan tentang bisnis menjadi point tambahan sebelum melangkahkan kaki ke lingkup wirausahawan. Meskipun segala sesuatunya tidak akan terjadi secara instant, namun dengan ketekunan akan mengantarkan kita ke jenjang sukses yang nyata.

Peluang Usaha senantiasa terbentang luas dan akan selalu ada dimanapun kita berada. Hanya saja, peluang yang ada mempunyai prospek masing-masing. Seperti halnya peluang usaha modal kecil, pasti akan sangat banyak sekali kompetitor atau saingan di sekitar kita. Sedangkan peluang usaha bermodal besar akan mempunyai saingan yang sedikit namun mempunyai tantangan yang sangat berat untuk dapat memulainya. Kami akan membantu anda untuk menguraikan bagaimana cara memanfaatkan peluang usaha yang baik tanpa mengabaikan antara keahlian, kesempatan, modal, dan persaingan.

3 Aspek dalam Memanfaatkan Peluang Usaha

  1. Kenali potensi diri.
  2. Hitung daya maksimal modal.
  3. Pelajari pangsa pasar dan saingan.

Mengenali diri sendiri dalam Memanfaatkan Peluang Usaha

Untuk bisa mengenali keahlian atau kemampuan pada diri sendiri, hanya diri kita yang memahami secara detailnya. Mungkin orang lain akan menilai diri kita mampu dan ahli melakukan ini dan itu, namun diri kitalah yang tau kebenarannya. Kecuali bagi beberapa orang yang memiliki kecenderungan sifat pesimis, biasanya mereka tidak menyadari potensi yang ada pada diri mereka, namun orang lain mengetahui potensi yang dipunya, sehingga terkadang seseorang baru menyadari bahwa diri mereka memiliki kemampuan setelah orang lain mengatakan potensi diri mereka.

Potensi diri dapat kita pelajari dengan hobi yang kita punya, seperti halnya seseorang yang hobi bermain game, belum tentu ia berpotensi untuk menjadi seseorang programer yang dapat menciptakan sebuah permainan komputer maupun hp. Namun seorang gamer mempunyai sifat dasar yaitu menyukai tantangan. Dan sifat dasar ini dapat terus di kembangkan agar dapat menjadi seorang pengusaha yang berani menghadapi tantangan.

Contoh lain, seseorang yang mempunyai hobi bongkar-bongkar barang elektronik, mereka secara kasat mata mempunyai potensi di seputar elektronik. Jika di pupuk dan terus di tempa, maka keahlian dalam hal elektronik bisa menjadi modal utama untuk menjadi wirausahawan.

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

Memanfaatkan Peluang Usaha

Cara Menghitung Modal Maksimal

Bagi sebagian orang, modal dalam bentuk materi mungkin menjadi alasan utama mengapa seseorang enggan untuk segera memulai sebuah usaha. Padahal, banyak sekali jalan untuk kita mendapatkan modal usaha. Dan hampir semua orang tau caranya. Hanya saja, rasa takut gagallah yang biasanya menjadi pemicu utama seseorang takut untuk segera memulai usaha.

Modal dapat kita hitung dengan mengakumulasikan antara tabungan yang kita punya, aset yang kita punya, dan relasi yang kita punya. Misal, kita membutuhkan modal sebesar 50 juta untuk memulai sebuah usaha. Kita mempunyai tabungan sebesar 15 juta. Ini artinya kita mempunyai kekurangan modal sebesar 35 Juta. Cara yang paling sering di tempuh adalah dengan menjadikan rumah sebagai agunan pinjaman. Misal dari Bank kita mendapat pinjaman sebesar 25 Juta, ini artinya modal sudah terkumpul 40 Juta. Sehingga ada kekurangan sebesar 10 Juta.

Jangan tergesa-gesa untuk segera meminjam kepada saudara jika memang tidak ada komitmen kuat. Karena, saat uang sudah kita pinjam dan usaha tidak berjalan, persaudaraan biasanya bisa retak dari sini. Caranya adalah, dengan modal yang kita punya, kita jalankan usaha yang kita punya dengan modal yang ada. 40 Juta kita gunakan untuk memulai usaha. Setelah uang benar-benar habis, baru kita datang kepada teman atau saudara dan yang paling baik jika punya adalah orang tua atau mertua. Datangi mereka katakan bahwa usaha sudah di tengah jalan namun mengalami jalan buntu untuk menyelesaikannya. Dalam mencari pinjaman ke teman atau family, jangan hitung 10 juta, namun lebihkan untuk sisi safe, sebagai angsuran kita pada awal-awal bulan sebelum usaha benar-benar berjalan.

Cara diatas adalah cara instant dalam mencari modal, dan cara yang lebih baik adalah dengan memanfaatkan uang yang ada untuk memulai usaha yang hanya membutuhkan modal sesuai dengan yang kita punya. Kita harus memutar otak bagaimana dengan modal yang kita punya, bahkan tanpa modal sekalipun, kita masih bisa tetap menghasilkan dan tetap berpeluang sukses.

Cara Tepat Dalam Memanfaatkan Peluang Usaha

Setelah kita mengenali potensi diri dan menghitung maksimal modal yang bisa kita upayakan, baru kita bisa menentukan peluang mana yang akan kita ambil. Untuk usaha modal kecil, kita bisa mengambil alternatif usaha yang berkaitan dengan segala sesuatu yang di butuhkan oleh masyarakat sekitar. Dengan demikian, kita akan mudah dalam melakukan transaksi bisnis. Untuk kalian yang memiliki modal besar, banyak peluang tambang yang tersebar di seluruh nusantara.

Kita bisa melakukan riset dan memulai usaha tambang. Namun sayangnya, belum banyak orang yang memahami tentang bisnis yang satu ini. Oleh sebab itu, hampir seluruh tambang di Indonesia di kuasai oleh pihak asing. Jika anda mempunyai kemampuan, maka proyek tambang adalah salah satu peluang yang bisa kita manfaatkan.

Perlu menjadi catatan adalah, untuk menekuni sebuah usaha, kita tidak boleh mengabaikan proses yang akan kita jalani. Sebagian orang sangat tergesa-gesa dalam melakukan usaha, ingin segera kaya lalu lupa bahwa tidak akan ada kesuksesan tanpa proses yang panjang. Segala sesuatunya pasti ada proses yang harus kita jalani. Dan proses inilah yang menentukan sukses atau tidaknya diri kita.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

One comment

  1. Artikel ini memberikan pengetahuan baru untuk saya. Terima kasih atas informasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar