Home » kesehatan » Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

manfaat tertawa, manfaat tertawa bagi kesehatan

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

Manfaat tertawa sangat besar bagi kesehatan. Tapi bukan sembarang tertawa. Tertawa yang sehat adalah tertawa yang cukup disertai dengan hati yang riang. Terlalu banyak tertawa juga tidak terlalu baik. Terutama bagi psikis. Untuk itu kami akan membahas manfaat tertawa bagi kesehatan dan bagaimana cara tertawa yang baik. Sebagian besar orang terlalu serius dengan hidup mereka, sehingga mereka lupa akan hal humor. Padahal humor dapat menurunkan tingkat stress pada manusia.

Manusia yang tidak memiliki selera humor akan cenderung spaneng atau kaku dalam hidupnya. Bagi sebagian besar orang, stress akan mudah menghampiri mereka yang tidak mempunyai waktu untuk menikmati humor. Dan humor sendiri akan membuahkan sebuah aktifitas yang disebut tertawa. Untuk itu, mari kita bahas lebih detail lagi tentang tertawa yang sehat.

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

Diantara manfaat tertawa, kami telah merangkumnya menjadi beberapa point. Diantaranya adalah:

Manfaat tertawa

  1. Menurunkan tingkat stress.
    Bagi sebagian orang, tekanan dalam pekerjaan, himpitan ekonomi dapat memicu stress meningkat. Untuk mensiasati stress yang terlalu tinggi, kita bisa mencari teman atau menciptakan humor di lingkungan kita seperti becanda sesaat bersama teman-teman sekantor, atau becanda dengan anak istri. Semakin kita bisa menikmati waktu untuk tertawa, semakin kita terhindar dari stress.

    Namun perlu diperhatikan, tertawa yang berlebihan juga bisa menyebabkan kurang seriusnya konsentrasi kita terhadap tanggung jawab. Sehingga, orang yang terlalu banyak tertawa akan lebih cenderung ceroboh. Untuk itu, tertawalah sewajarnya saja. Tertawakan yang pantas ditertawakan jangan berlebihan.

  2. Mengurangi resiko penyakit jantung dan darah tinggi.
    Tertawa yang sehat dapat mencairkan suasana hati. Seseorang yang sedang emosi atau marah, tekanan darahnya akan meningkat drastis. Hal ini dapat memicu penyakit darah tinggi dan lebih parahnya lagi akan mendapat serangan jantung. Untuk itu, orang yang mudah marah yang disebabkan oleh berbagai alasan, akan lebih mudah mengkontrol emosinya jika ia sudah bisa menikmati humor yang akan menimbulkan rasa ingin tertawa.

    Saat tawa sudah bisa dilakukan, maka tekanan darah pada tubuh akan kembali normal. Sekali lagi, bagi yang memiliki penyakit jantung, jangan terlalu berlebihan dalam tertawa. Karena tertawa yang berlebihan akan sangat menguras tenaga dan bisa memicu kambuhnya penyakit jantung tersebut. Tertawa yang sewajarnya saja.

  3. Menghangatkan suasana.
    Seseorang yang humoris akan berbeda dengan orang yang otoriter. Orang yang otoriter akan sangat sulit bersikap santai. Hal tersebut akan berimbas pada orang-orang disekitar. Seseorang yang berada di dekat dengan orang yang otoriter akan dihantui rasa tidak nyaman serta was-was. Terlebih jika orang yang otoriter tersebut adalah atasannya. Maka akan selalu ada rasa serba salah saat berada di dekat orang tersebut.

    Berbeda dengan seseorang yang humoris, ia akan disukai banyak orang. Tertawa bersama sambil menikmati suasana yang ada. Baik di lingkup pekerjaan atau di rumah. Seseorang yang mempunyai selera humor tinggi akan lebih mudah mencari teman dibandingkan orang yang kaku. Saat seseorang bisa tertawa bersama, saat itulah kebersamaan mulai terjalin diantara mereka.

    Sehingga silaturahmi akan semakin mudah terbentuk. Namun hati-hati jika anda tertawa tanpa sebab, orang lain bisa saja tersinggung beranggapan anda mentertawakan dirinya. Tertawa yang wajar dengan sebab yang jelaslah yang dapat bermanfaat positif. Mentertawakan orang lain, atau tertawa sinis justru akan menghancurkan silaturahmi.

  4. Menghindarkan diri dari berbagai penyakit.

    Seseorang yang bisa tertawa, tubuhnya lebih kebal dari serangan penyakit dibandingkan dengan orang yang sulit tertawa. Karena pada proses tertawa tersebut, akan membutuhkan banyak energi. Saat energi keluar dari tubuh, metabolisme tubuh akan bekerja optimal. Oleh sebab itu, tak jarang kita lihat seseorang yang tertawa mereka akan berkeringat lalu nafasnya terlihat ngos-ngosan.

    Hal ini disebabkan karena orang yang tertawa tersebut membutuhkan energi yang besar saat tertawa. Dengan keluarnya energi tersebut, kekebalan tubuh akan meningkat, aliran darah akan semakin lancar. Otot-otot yang tegang akan mengendur. Syaraf yang kaku akan menjadi normal bersamaan dengan proses tertawa tersebut.

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

manfaat tertawa, manfaat tertawa bagi kesehatan

Sedemikian besarnya manfaat tertawa bagi kesehatan, maka tak jarang jika banyak acara Televisi yang menyajikan acara humor. Karena acara tersebut akan bisa membuat orang tertawa. Sehingga orang-orang yang tidak ingin terpusingkan oleh hidup, memilih menonton acara tersebut agar tidak spaneng.

Manfaat tertawa yang baik bagi kesehatan

Tidak semua tertawa menyehatkan dan bermanfaat. Seperti yang telah kami sebutkan diatas, tertawa yang berlebihan, tertawa tanpa sebab akan berpengaruh negatif. Oleh karena itu, ada beberapa cara tertawa yang sangat dianjurkan. 

  1. Tertawalah jika ada yang patut untuk ditertawakan.
  2. Tahanlah tertawa jika tertawa anda dapat menyinggung perasaan orang lain atau berakibat negatif yang lainnya.
  3. Jangan terlalu sering tertawa agar kita tidak kehilangan fokus dan keseriusan dalam hidup.
  4. Tutuplah dengan tangan atau apapun yang bisa menutupinya jika mulut anda terbuka sangat lebar sehingga mengeluarkan suara yang tidak nyaman didengar. Selain tidak sopan, mulut yang terbuka lebar akan mudah termasuki virus. Bahkan lebih dari itu, setan akan mudah masuk.
  5. Tertawalah tapi tidak sampai terlihat giginya. Cara ini sangat dianjurkan seperti yang Rosulullah Muhammad lakukan, beliau jika tertawa tidak sampai terlihat giginya.

Cara Agar Mudah Tertawa (Humoris)

Bagi sebagian orang, ada kalanya seseorang tersebut sangat sulit untuk bisa tertawa. Mereka sudah berusaha agar bisa tertawa, namun begitu sulit untuk melakukannya. Biasanya hal ini terjadi pada orang-orang yang terlalu serius dan lebih sering pada orang-orang yang mempunyai sifat mudah tersinggung. Mereka akan merasa sulit untuk tertawa. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa solusi bagi kalian yang sulit untuk tertawa.

  1. Temukan humor yang sehat.
    Untuk menemukan humor, kita bisa berkumpul dengan teman-teman yang asik. Membicarakan sesuatu yang tidak terlalu serius tapi tidak juga membicarakan keburukan orang lain. Sambil becanda dengan teman, menciptakan humor, jauhi sifat mudah tersinggung, temukan rasa nyaman, maka anda akan lebih mudah tertawa.
     
  2. Tontonlah acara tv yang lucu.
    Dengan menonton acara Televisi yang lucu, anda dapat tertawa sendiri atau bersama orang lain. Jika anda sulit menemukan acara yang lucu, tanyakan kepada teman atau saudara anda tentang acara televisi yang lucu. Lalu tontonlah acara tersebut untuk bisa menemukan momen tertawa yang sehat.
     
  3. Tonton video lucu.
    Video lucu banyak tersebar di internet. Jika anda tidak mempunyai internet, tanyakan pada teman atau siapa saja yang mungkin mempunyai video-video lucu. Dengan menonton video lucu, kita bisa tertawa yang akan bermanfaat bagi diri kita.
     
  4. Kurangi menonton berita.
    Seperti yang kita ketahui, news atau acara berita adalah salah satu acara yang sangat formal. Berita-berita yang ditayangkan lebih sering membuat dahi kita mengkerut. Seperti berita tentang kenaikan harga bbm, berita tentang pembunuhan, berita tentang korupsi, semua akan memicu emosi kita meningkat. Bukan tawa yang kita dapat tapi bisa jadi kita malah marah-marah tidak jelas pada diri sendiri.
     
  5. Jangan malu tertawa.
    Terkadang bagi beberapa orang yang pemalu, mereka takut ditertawakan atau entah alasan apa sehingga membuat mereka malu untuk tertawa. Bagi anda yang ingin mendapatkan manfaat positif dari tertawa, maka jauhilah malu tertawa. Sekalipun tertawa anda sangat jelek, tetap tertawalah, namun rubahlah kebiasaan tertawa yang akan membuat anda malu tersebut. Jika suara dari tertawa anda sangat jelek, maka tertawalah tanpa mengeluarkan suara. Tahan jika suara akan keluar dari mulut anda. Tapi jangan tahan diri anda dari rasa ingin tertawa jika memang tertawa tersebut tidak mempunyai efek negatif seperti tertawa disaat pemakaman jenazah.

Referensi Umum

Referensi Umum


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar