Home » kesehatan » Manfaat Istirahat Berkualitas

manfaat istirahat berkualitas

Manfaat Istirahat Berkualitas

Manfaat Istirahat Berkualitas – Apa yang dimaksud dengan istirahat yang berkualitas, tidur yang berkualitas, dan makanan yang berkualitas? Banyak manfaat dari pola hidup sehat ini. Untuk anda para Wirausahawan Sejati, mungkin aktivitas yang sibuk bisa membuat kondisi badan menjadi melemah, dan akibatnya akan mudah terserang penyakit.

Stres yang tinggi bisa menghantui kita dari waktu ke waktu. Bahkan saat kita istirahat, kita masih terbawa oleh beban pekerjaan, stres, dan akhirnya susah tidur.

Manfaat Istirahat Berkualitas Bagi Kesehatan

Apa yang dimaksud istirahat yang berkualitas?

Tidur dalam waktu yang panjang, atau tidur disiang hari bukanlah masuk dalam kategori tidur yang berkualitas. Istirahat yang berkualitas meliputi pola makan, pola hidup sehat, pola tidur, dan pola berfikir.

Pola makan sehat akan memberikan daya tahan tubuh lebih baik. Pola tidur yang benar bisa mengurangi kerja otak yang berlebih. Dan pola berfikir yang sehat dapat mengurangi gangguan stres akibat aktivitas sehari-hari. Baca manfaat istirahat berkualitas dari tim dokter luar negeri.

Apakah banyak makan adalah pola makan yang sehat?

Tidak, pola makan sehat bukanlah pola makan yang selalu banyak dan sesering mungkin. Pola makan yang sehat adalah pola makan yang teratur, bergizi, bervitamin dan menu yang sesuai dengan keadaan. Misalkan kita ingin berolah-raga, sangat disarankan makan setengah jam atau satu jam sebelum memulai olah raga tersebut.

Sangat disarankan makan makanan yang mudah dicerna seperti bubur. Karena zat yang terkandung dimakanan akan mudah diserap tubuh saat kita melakukan olah raga.

Mengkontrol pola tidur muntuk mendapat manfaat istirahat berkualitas. Pola tidur yang sehat bukanlah pola tidur yang terlalu sering atau terlalu lama. Ingat, tidur 5 menit tapi berkualitas itu lebih baik dari pada tidur 5 jam tapi tidak berkualitas. Tidur yang berkualitas dapat ditentukan oleh kerja otak, kerja otot, dan aliran darah. Orang yang masih memikirkan sesuatu di dalam tidurnya, biasanya akan sulit mendapatkan tidur yang berkualitas.

Karena dalam tidur, otak masih tetap bekerja keras, otot tubuh masih tetap tegang, dan aliran darahpun tidak stabil bahkan cenderung tekanan darah tinggi. Tidur yang tenang, tidur yang efektif meskipun hanya setengah jam, bisa membuat tubuh kita sehat bugar dan fit kembali. Banyak tips meningkatkan pola tidur sehat yang sudah pernah dibahas di wirasejati.com

Apa hubungannya pola berfikir dengan istirahat yang berkualitas?

Orang yang selalu berfikir positif cenderung lebih kebal terhadap gangguan berbagai macam penyakit. Karena otak yang positif akan lebih bersifat tenang. Jika otak tenang, maka seluruh badan akan ikut stabil.

Pola berfikir yang tidak sehat, yang sering was-was, mudah gugub, trauma, dan sejenisnya, bisa menghantui kita disaat tidur. Dan ini membuat tidur kita kurang berkualitas. Meskipun mata terpejam, namun sesungguhnya raga kita masih terus beraktifitas. Dan ini menyebabkan istirahat kita tidak berkualitas.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar