Home » traveling » Kodam Diponegoro Semarang

Kodam Diponegoro

Kodam Diponegoro Semarang

Hobi berpetualang tim wirasejati kali ini harus singgah di Kodam Diponegoro. Perjalanan kami dalam menjelajah Jenis-jenis usaha terhenti sejenak di sebuah jalan di Kota Semarang. Di samping kiri kami lihat sebuah bangunan yang cukup gagah. Dipenuhi dengan nuansa militer. Ya, ternyata kami berada di lokasi Kodam IV Diponegoro.

Kodam 4 Diponegoro merupakan sebuah induk Militer yang ada di Semarang. Dari sisi depan kami dapat membaca sebuah pagar berhias dengan tulisan “TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN DARAT – KOMANDO DAERAH MILITER IV – DIPONEGORO”.

Kodam Diponegoro

Tepat lurus di belakang tulisan tersebut kami dapat melihat sebuah patung. Tokoh dari salah satu Pahlawan Nasional yaitu, Pangeran Diponegoro. Dalam patung tersebut nampak gagah sambil menunggangi kuda dan membawa sebilah Keris.

Kami seperti mimpi bisa singgah di tempat ini. Hal ini kami rasakan karena kami bukanlah orang Semarang. Dan dari sini kami dapat membayangkan betapa gagahnya TNI AD milik bangsa Indonesia.

kodam diponegoro, gambar kodam diponegoro, kodam diponegoro semarang,

Kodam Diponegoro Semarang

Meskipun kami tidak begitu memahami sejarah tentang kodam diponegoro, kami tetap dapat mengambil beberapa poin penting saat kami singgah di tempat ini.

Satu poin penting yang kami dapatkan adalah, Rasa Nasionalisme kami tiba-tiba bergejolak. Seakan-akan kami sangat rindu dengan Indonesia. Rasa cinta tanah air kami semakin menebal. Sekuat baja dan semangat kami membara tak terhingga. Ya, ini mungkin seperti sebuah kalimat yang dilebih-lebihkan. Namun apapun itu, memang seperti itulah yang kami rasakan.

Kodam IV Diponegoro saat itu dalam keadaan mendung. Dari sisi timur kami lihat awan begitu hitam. Namun masih tampak cerah untuk kami mengabadikan moment ini. Gambar Kodam Diponegoro kami ambil beberapa saat setelah kami puas melihat-lihat. Tidak hanya satu Gambar, kami mengambil beberapa foto untuk kami jadikan kenangan. Coba kalian perhatikan gambar-gambar berikut, betapa gagahnya Kodam 4 Diponegoro.

kodam diponegoro, kodam 4 diponegoro,

TNI AD adalah salah satu kesatuan dari 3 Kesatuan Tentara Indonesia. Yaitu, TNI AL, TNI AU, dan TNI AD. Para Tentara Nasional Indonesia selalu siap sedia sepenuh jiwa raga mempertahankan keutuhan NKRI dari segala sektor. Sektor Darat, Sektor Laut, dan Udara.

Para Prajurit Angkatan Laut Indonesia siap mengamankan di sepanjang perairan Indonesia. Dari sisi yang terjauh, dari seberang lautan, Tentara Indonesia selalu gagah berani menjaga keamanan Indonesia. Karena luasnya perairan Indonesia, maka tidak salah jika Indonesia adalah Negara Maritim. Negara Kepulauan yang terpisahkan oleh laut-laut yang luas. Dan dari Udara Tentara Angkatan Udara siap menjaga keamanan Indonesia.

Hampir setiap sisi Indonesia selalu dijaga Oleh Pasukan Penjaga Indonesia. Dan Tentara Indonesia Angkatan Darat yang senantiasa gagah berani menjaga keamanan Indonesia di seluruh Daratan Indonesia. Perbatasan darat dengan Negara Tetangga akan selalu di jaga oleh Tentara Penjaga Perbatasan dari Angkatan Darat. Mereka selalu bekerja sepenuh hati menjalankan tugas dari Negara untuk senantiasa menjaga keutuhan NKRI.

Kodam Semarang yang kami singgahi disaat itu dalam keadaan sepi. Tak satupun penjaga yang kami lihat. Entah memang tidak ada penjaga, atau memang kami yang tidak melihat penjaga tersebut. Dulu kami sempat mendengar istilah tentang kodam 5, tapi ternyata setelah saya datang di tempat ini, hal itu salah. Yang teman-teman ceritakan tentang Kodam Diponegoro Semarang adalah Kodam 4 Semarang.

Kodam 4 Diponegoro

Dari sisi jauh kami dapat melihat Logo Kodam Diponegoro. Sayangnya kurang begitu jelas kami lihat. Sesaat setelah kami sampai dirumah, kami mencari logo Kodam Diponegoro. Dan seperti inilah logo Kodam Diponegoro saat diperjelas.

kodam diponegoro, logo kodam diponegoro,

Kodam Diponegoro Semarang Merupakan salah satu kodam yang tersebar di Seluruh Indonesia. Sayangnya kami tidak bisa masuk ke dalam area. Kami hanya bisa melihat dari sisi luar area saja. Tapi dari sini kami dapat melihat rumput yang hijau dan bangunan yang terawat yang nampak gagah dengan hiasan patung Pangeran Diponegoro. Ini merupakan markas Tentara Nasional AD. Setiap Daerah pasti mempunyai KODAM. KODAM berbeda dengan KODIM meskipun sama-sama ditempati oleh Tentara.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar