Home » motivasi » Kata-kata Minta Maaf
kata-kata minta maaf

Kata-kata Minta Maaf

Kata-kata minta maaf terkadang sulit sekali keluar dari mulut kita. Mengapa seseorang begitu sulit untuk minta maaf?. Tidak semua orang sulit untuk minta maaf. Namun sering terjadi adalah, seseorang akan sangat sulit untuk meminta maaf. Padahal minta maaf sangat dianjurkan. Terlebih dalam agama Islam, Rosulullah sering menganjurkan untuk meminta maaf jika terjadi perselisihan tanpa mempedulikan diri kita benar atau salah. Dalam pandangan Islam, seseorang yang mau meminta maaf terlebih dahulu derajatnya lebih tinggi dimata Allah. Dan kali ini kami akan membahas bagaimana cara meminta maaf yang baik dan benar beserta pembahasan yang lebih detail tentang dibalik kata maaf.

Rangkuman Kata-kata Minta Maaf

Penyebab sulit minta maaf

  1. Merasa benar.

    Sifat merasa benar memang bagian dari sifat dasar manusia. Hanya orang yang memahami sisi kehidupan yang memahami siapa sejatinya. Manusia adalah makhluk yang lemah. Manusia tidak lepas dari kesalahan. Saat hati sudah dekat dengan sang pencipta, maka akan banyak tersingkap segala kesalahan dan dosa-dosanya.

    Saat orang sudah merasa penuh dosa, maka hatinya akan diliputi rasa malu kepada Tuhan. Dan orang tersebut akan merasa kotor dan banyak salah. Jika terjadi perselisihan, maka ia tidak enggan untuk meminta maaf karena ia sadar bisa saja dia yang salah. Lalu dengan bijaksana ia akan meminta maaf dengan penuh keikhlasan di dalam hatinya.

  2. Ego yang tinggi.

    Terkadang seseorang memiliki rasa ego yang tinggi sehingga sulit untuk meminta maaf. Saat berselisih, ia merasa orang yang berselisih tersebut tidak penting. Bahkan ia terus merasa tanpa dia hidup akan terus berjalan. Padahal sifat seperti ini termasuk sifat yang buruk. Jika memang salah, kita harus meminta maaf apapun resikonya. Tidak mementingkan diri sendiri mengabaikan perasaan orang lain.

  3. Rasa Gengsi yang berlebihan.

    Gengsi terkadang diperlukan. Karena rasa gengsi bagian dari rasa malu. Bagi orang beriman, malu adalah bagian dari iman. Saat seseorang sudah kehilangan rasa malu, maka hilanglah bagian dari iman seseorang tersebut. Namun gengsi yang berlebihan bisa membuat diri seseorang menjadi sombong. Termasuk dalam hal meminta maaf.

    Seseorang yang memiliki gengsi yang tinggi akan enggan meminta maaf sekalipun ia salah. Ia akan merasa martabatnya jatuh jika ia meminta maaf. Malu jika harus minta maaf. Dan sikap ini harus dihindari untuk bisa hidup yang berselaras dalam kedamaian.

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

kata-kata minta maaf

Kesalahan dalam merangkai Kata-kata Minta Maaf

Meminta maaf adalah tindakan yang mulia. Dalam kata maaf ada sebuah niatan untuk menyambung kembali silaturahmi yang sempat terputus. Namun terkadang seseorang yang sudah meminta maaf melupakan inti dari tujuan maaf tersebut. Dan hal yang paling sering terjadi adalah, mereka menunggu lebaran untuk meminta maaf.

Padahal disaat lebaran itu tiba, belum tentu hati ikut mengakui kesalahan. Sebagian besar dari mereka hanya lahirnya saja yang saling berjabat tangan. Hati tidak ikut mengucapkan kata maaf. Padahal, jika kita memang benar-benar mengakui kesalahan, kita harus meminta maaf sesegera mungkin. Karena belum tentu usia kita bisa sampai ke lebaran berikutnya.

Memang tidak salah jika memanfaatkan moment lebaran untuk meminta maaf. Namun, jika meminta maaf di waktu lebaran hanya disandarkan pada tradisi salam-salaman saja, hal ini tidak sesuai dengan kaidah saling memaafkan pada tradisi lebaran. Rasa Gengsi dan Ego belum bisa luntur sekalipun kita sudah menjabat tangan orang yang berselisih dengan kita.

Namun sekali lagi, menjabat tangan menunggu lebaran itu lebih baik dari pada kita tidak mau minta maaf, tidak mau menjabat tangan, tidak mau menyapa orang yang kita salahi. Namun lebih baik lagi jika kita melakukan kesalahan kita segera meminta maaf tanpa harus menunggu lebaran itu datang.

Contoh Kata-kata Minta Maaf

  1. Tiada gading yang tak retak. Tiada manusia yang tak luput dari kesalahan. Maafkan segala kekhilafan yang telah ku lakukan, karena aku hanya insan biasa.
  2. Aku minta maaf atas kesalahan yang telah aku lakukan selama ini.
  3. Entah benar atau salah, aku bukanlah yang sempurna, maafkan aku atas ketidak sempurnaanku.
  4. Aku tau kamu selalu benar dan aku selalu salah. Perselisihan yang terjadi diantara kita bukanlah sesuatu yang aku pinta. Mulai sekarang, aku tak akan menyalahkanmu lagi. Karena benar atau salah, akulah orang yang seharusnya disalahkan. Jika kamu benar, maka sudah sewajibnya aku meminta maaf. Jika aku yang benarpun, aku tetap salah, karena aku belum bisa mengajarimu tentang merendahkan hati untuk mengakui kesalahan. Semoga dengan ucapan maaf ini, keadaan kita bisa kembali seperti semula seperti sedia kala.
  5. Apapun penilaianmu tentangku, aku ingin meminta maaf atas semua yang pernah ku perbuat kepadamu. Semua kesalahan yang pernah aku lakukan semua terjadi karena tidak sempurnanya diriku. Dan engkau datang melengkapi segala kekuranganku. Semoga dengan ucapan maaf ini, engkau mau membuka kembali hatimu yang sempat tertutup untukku.

Cara Meminta maaf

  1. Renungkan dengan baik segala kesalahan yang pernah dilakukan entah sengaja atau tidak sengaja yang membuat orang lain kecewa, tersinggung, atau marah. 
  2. Rendahkan hati, pandang hanya Allah dzat yang maha sempurna. Allah maha pengampun, maka kita juga harus bisa memaafkan orang lain. Dan kita harus mau meminta maaf karena manusi tempat salah dan lupa.
  3. Susun kata-kata yang tepat agar tidak menyinggung perasaan orang yang kita mintai maaf.
  4. Cari waktu yang tepat untuk mengungkapkan permohonan maaf.
  5. Kenali siapa orang yang akan kita mintai maaf. Jika ia adalah saudara, maka datangi mereka dengan rasa saling menyayangi. Jika ia adalah istri atau suami kita, datangi mereka sambil membawakan sesuatu yang mereka sukai. Jika orang itu adalah pacar kita, maka datangi dia dengan mencari moment yang romantis dan lain sebagainya.
  6. Ucapkan permohonan maaf dengan tulus jangan mengungkit-ungkit masalah yang sudah berlalu.
  7. Berjanjilah untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Referensi Umum

Referensi Umum

☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar