Home » motivasi » Kata Bijak Hidup Yang Bermanfaat Bagi Kehidupan
kata bijak hidup, kata bijak, kata bijak kehidupan

Kata Bijak Hidup Yang Bermanfaat Bagi Kehidupan

Kata bijak hidup dapat menjadi sebuah motivasi dalam kehidupan. Banyak orang belum mengerti arti sebuah kebijaksanaan. Padahal, hal ini sangat penting untuk membangun jiwa yang mulia. Hati akan selalu penuh dengan kedamaian jika diselimuti oleh cahaya kebijaksanaan. Bijak sendiri tidak diperoleh dengan cara instant. Membutuhkan proses untuk bisa menemukan arti dari sebuah kebijaksanaan. Pengalaman hidup dapat menjadi salah satu sumber kebijaksanaan. Saat sebuah permasalahan mulai datang, jalan keluar harus ditemukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Namun tidak semua jalan keluar itu baik. Dalam bahasa lain, tidak semua jalan keluar itu bijak. Jika hanya jalan keluar yang kita inginkan, apa gunanya jika kita keluar dari kandang macan, tapi masuk ke dalam kandang buaya. Ini sama artinya kita bisa keluar dari masalah yang satu, tapi menimbulkan masalah yang lainnya dimana masalah itu sama besarnya atau bahkan lebih besar dari permasalahan yang kita hadapi sebelumnya.

Kata Bijak Hidup Makna di dalam kehidupan

3 permasalahan yang sering salah dalam mengambil jalan keluar :

  1. Masalah Hutang Piutang.

    Sering orang menyelesaikan masalah hutang dengan cara mencari hutang yang lain. Lebih parahnya, hutang yang diambil untuk membayar hutang jauh lebih besar dari hutang itu sendiri. Sebagai gambaran, seseorang mempunyai hutang 100 ribu, lalu mencari pinjaman 500 ribu untuk bisa membayar hutang 100 ribu tersebut. Hal ini terjadi karena mereka sudah terbiasa dalam hal hutang. Sehingga, solusi yang ada di dalam benak mereka adalah hutang.

    Padahal, solusi yang lebih tepat adalah dengan cara berhenti berhutang. Saat kita tidak dapat membayar hutang karena belum punya uang, kita harus berusaha untuk tegar dalam menghadapi orang yang menagih. Sekalipun dalam menagih, terkadang ada orang yang menggunakan kata-kata kasar, tapi mau tidak mau kita harus hadapi. Saat hati sudah bisa merasakan pahitnya buah dari hutang saat belum bisa mengembalikan, maka diri kita akan berusaha untuk berhenti berhutang.

    Pikiran dan hati kita akan selalu terfokus pada hasil. Mau tidak mau kita harus menghasilkan. Dan saat kita sudah fokus tentang bagaimana cara menghasilkan uang, kita akan terhindar dari niat hutang kembali. Dan solusi-solusi pekerjaan akan datang menghampiri. Bahkan lebih dari itu, jiwa kewirausahaan seseorang bisa muncul bersamaan dengan kepahitan saat menghadapi hutang tersebut. Dan solusi yang bijak akan selalu menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan permasalahan yang serupa dan lebih besar dari sebelumnya.

    Gambar Ilustrasi

    Gambar Ilustrasi

    kata bijak hidup, kata bijak, kata bijak kehidupan

  2. Masalah Percintaan.

    Cinta mempunyai cerita tersendiri dalam penyelesaiannya. Berapa banyak orang yang menyelesaikan masalah percintaan dengan cara menyiksa diri. Mereka mengurung diri mereka sendiri disuatu tempat yang sepi. Menghindarkan diri dari kehidupan luar. Menjaga jarak dengan status sosial. Padahal, seharusnya kita harus semakin bergaul dengan dunia luar. Agar dapat melupakan kepedihan yang ada dan segera menemukan pengganti yang telah membuat diri kita menderita.

  3. Masalah Jodoh.

    Menikah adalah kebutuhan setiap manusia yang sudah berumur. Namun, terkadang menikah juga menjadi suatu masalah yang tidak ada solusinya. Terlebih bagi seorang pemuda yang sudah menginjak usia 25 Tahun, menikah menjadi target utama dalam hidupnya. Dan kenyataan terkadang berjalan tidak seperti yang kita rencanakan. Hingga usia 30 Tahun, kita belum juga menikah.

    Bagi beberapa orang, jika sudah menginjak usia 30 tahun namun belum menikah, sudah menjadi sebuah masalah serius. Bahkan sebagian dari mereka yang belum menikah akan menjadi gunjingan dalam masyarakat. Hal-hal seperti ini menjadikan seseorang menjadi asal-asalan dalam memilih jodoh. Dalam benak mereka yang penting bisa nikah.

    Namun banyak kenyataan yang akhirnya mereka harus berakhir pada perceraian dan anak menjadi korban. Karena sesungguhnya, seseorang yang belum bisa menikah padahal umur sudah waktunya untuk membina rumah tangga. Dan biaya juga sudah siap, namun belum juga menemukan jodoh, bisa jadi Allah sedang menginginkan seseuatu dari kita.

    Mungkin saja kita belum dianggap mampu oleh Allah dalam hal menjadi imam. Sehingga kita harus belajar lebih dalam lagi tentang ilmu agama, setelah kita belajar ilmu agama dan mempelajari tentang kehidupan berumah tangga, maka Allah akan mengijinkan kita untuk menikah. Untuk itu, jangan salah langkah, sekalipun umur sudah waktunya menikah, tetap harus pilih pasangan yang berbobot. Jangan asal nikah. Karena menikah itu didasarkan ibadah, bukan di dasarkan status sosial belaka.

☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

2 komentar

  1. Iya bener ms , kebanyakan orang nyari utang buat nutup utang yang lain..Menurut q sh jangan,lebih baik kerja ngumpulin duit lalu bayar hutang dh.. Thanks ya infonya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar