Home » google adsense » Istilah-Istilah Google Adsense

Istilah-istilah Google Adsense

Istilah-Istilah Google Adsense

Kali ini kita akan membahas Istilah-Istilah Google Adsense. Semua yang ada pada halaman google adsense beserta fungsinya. Agar kita tidak bingung memahami maksud dari tombol-tombol tersebut.

  1. Home tab
    Saat kita membuka akun google adsense kita di http://google.com/adsense, maka secara otomatis kita langsung mengarah ke home tab google adsense.

  2. My Ads Tab
    Saat kita membuka tombol My Ads, kita akan melihat unit iklan yang sudah pernah kita buat. Jika kita belum atau ingin membuat unit iklan, maka di tombol My Ads inilah kita bisa menambahkan atau membuat unit iklan tersebut.
  3. Allow & Block ads
    Saat kita membuka tombol allow & block ads, kita akan melihat jenis iklan apa saja yang kita blokir agar tidak tampil di website atau tempat kita menampilkan iklan lainnya seperti aplikasi android. Jika kita tidak pernah melakukan konfigurasi di tab ini, maka kita membolehkan semua iklan untuk tampil di halaman website kita.
  4. Performance reports.
    Tab performance reports memiliki fungsi untuk memantau kinerja dari akun google adsense kita.

Istilah-Istilah Google Adsense

Yang pertama, kita akan membahas pada tab overview. Yang mana tab ini otomatis terbuka saat kita login. Banyak sekali penjelasan didalamnya. Keterangan yang terkadang membuat kita bingung maksud dan tujuannya. Istilah-Istilah Google Adsense yang pertama adalah.

Earnings Overview :

  • Estimated Earnings.
    Fungsi Estimated earnings adalah untuk mengetahui perkiraan penghasilan yang kita dapatkan dari google adsense.

  • Finalized Earnings.
    Fungsi Finalized Earnings adalah untuk mengetahui berapa jumlah penghasilan kita termasuk yang belum terbayarkan dari google adsense.
  • Product.
    Fungsi product pada google adsense adalah untuk melakukan monitoring dari jenis google adsense kita.
  • Page Views.
    Fungsi page views di google adsense adalah untuk mengetahui berapa kali iklan dari google adsense kita tampil.
  • Clicks.
    Fungsi clicks pada google adsense adalah untuk mengetahui, berapa kali iklan kita di klik pengunjung.
  • Page Click Through Rate (CTR).
    Fungsi CTR pada google adsense adalah menghitung persentase kemungkinan iklan kita di klik dari jumlah halaman yang tampil.
  • Cost Per Click (CPC).
    Fungsi CPC ini adalah untuk menampilkan berapa besar pendapatan kita dalam sekali klik iklan yang tampil dari Google Adsense.
  • Page Revenue per Thousand Impressions (RPM).
    RPM sendiri berfungsi untuk mengetahui berapa penghasilan kita dalam 1.000x tampil. Jika di dalam bahasa Indonesia disebut PPS.
  • TOP CHANNELS.
    Jika kita mempunyai website yang lebih dari satu, kita bisa membuat channel tersendiri di setiap website untuk dapat memantau blog manakah yang lebih optimal. Dan Top Channels ini sendiri berfungsi untuk menunjukkan channel mana yang lebih banyak menghasilkan.

Istilah-Istilah Google Adsense yang kedua berkaitan dengan akun.

Account Settings.

  • Personal settings
    funsi personal setting di google adsense adalah untuk mengatur email yang kita gunakan. Bahasa yang kita gunakan, Dan juga jenis email yang akan di kirimkan kepada kita.

  • Account Information
    fungsi account information di google adsense adalah untuk mensetting Informasi ID kita. Seperti nama, alamat, nomor telephone, dan lain-lain.
  • Payment Settings
    Fungsi payment settings di google adsense adalah untuk menentukan metode dari pembayaran dari penghasilan google adsense kita. Kita juga bisa menentukan, berapa batas penghasilan yang bisa kita tarik. Misal, kita menentukan batas pembayaran $100. Maka sebelum mencapai $100, kita tidak akan pernah mendapatkan bayaran.
  • Default ad display prferences
    Funsinya untuk menentukan jenis iklan apa yang lebih kita sukai secara default. Text atau Gambar.
  • Access and authorization
    Fungsinya adalah untuk menentukan izin penempatan iklan. Termasuk di dalamnya adalah situs atau website yang kita ijinkan untuk menampilkan iklan. Pemberian ijin untuk melalukan crawl access, Third-party access, seperti youtube atau media lainnya. Kita juga bisa mengatur siapa saja yang bisa mengakses akun google adsense kita.
  • Message
    Fungsi message di google adsense adalah untuk membaca pesan yang di dapat dari google adsense. Biasanya berisikan informasi akun, dan saran pengoptimalan akun.
  • Payments
    Fungsi payments pada google adsense adalah untuk melihat earning report dari aktifitas google adsense kita. Lebih spesifiknya adalah untuk melihat berapa besar penghasilan dari google adsense kita.
  • Account Setting
    Fungsi Account Setting ini adalah untuk meng edit semua informasi tentang akun. Seperti email, nama, alamat, serta metode pembayaran yang di pakai.
  • Resources
    Fungsi resources pada google adsense adalah untuk melihat artikel-artikel yang di publikasinkan oleh tim google adsense. Seperti Youtube Channel, Blog Adsense, Twitter feed, dan lain sebagainya.

☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

7 komentar

  1. ada yang kurang mas.
    pps itu apa ya mas.

  2. Third party access ini bagian yang saya cari. 😀

  3. Mantap gan informasinya
    Sangat lengkap dan jelas. Kunjungi balik gan.

  4. Terima kasih informasinya mas 😀

    Salam blogger

  5. banyak istilah-istilah yang belum saya faham tentang google adsensei ini, terima kasih penjelasannya

  6. makasih mas, menambah pengetahuan saya tentang istilah-istilah bohoso londo… hehehee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar