Home » wirausaha » Hamster Budidaya Serta Perawatannya

hamster

Hamster Budidaya Serta Perawatannya

Hamster adalah jenis hewan yang lucu. Berikut ini kami akan mencoba untuk membagi wawasan tentang makhluk kecil yang super mungil ini. Beberapa tips seputar hamster akan kita bahas secara mendetail hingga peluang usaha dari ternak hamster. Jangan khawatir, website wirasejati.com memang selalu membahas semua hal tentang berwirausaha.

Jadi apapun yang kami bahas akan selalu tentang peluang usaha, ide bisnis, pokoknya kami akan selalu berupaya agar bisa menyalurkan pengalaman kami kepada siapa saja yang ingin berwirausaha. Bukannya kami tidak memikirkan karyawan, tapi kami berharap, jumlah pengusaha di Indonesia seimbang dengan jumlah pelamar kerja.

Karena saat ini, sangat berbanding terbalik, satu pengusaha, bisa sejuta pelamar kerja. Dan ini sangat ironis. Sebelum kita membahas tentang Hamster lebih dalam, semoga kutipan ini bisa membangkitkan gairah kita dalam berbisnis, berwirausaha, wiraswasta, mandiri dan kini saatnya kita menjadi bos. Sampai kapan anak cucu kita jadi bawahan?

Budidaya Hamster Sebagai Hobi

Banyak orang yang tidak suka dengan hamster. Namun tidak sedikit yang gemar memelihara hewan yang satu ini. Bentuknya yang lucu terkadang membuat seseorang senang dengan hewan yang satu ini.

Namun bagi kita yang ingin memelihara hamster terkadang terbentur dengan pengalaman. Kita belum begitu memahami bagaimana cara memelihara yang baik apa lagi budidaya hamster.

Melalui halaman ini, kita akan membahas lebih jelas lagi tentang dunia hamster.

Cara Merawat Hamster

Untuk merawat hamster tidaklah sulit. Yang perlu kita lakukan hanyalah membuat kandang dan usahakan tidak terlalu sesak. Jika perlu satu kandang hanya dua ekor didalamnya. Lebih baik lagi jika jantan dan betina. Soal kandang akan kita bahas pada paragraf berikutnya.

Pada intinya kali ini adalah bagaimana pola memberi makan hamster. Binatang mungil ini termasuk binatang yang doyan makan. Setiap saat giginya selalu bekerja. Tapi untung saja tubuhnya kecil, jadi makannya juga nggak terlalu boros buat di kantong.

Makanan Hamster

Jenis-jenis makanan hamster rata-rata adalah sayuran. Diantaranya adalah :

  1. Sawi putih.
  2. Toge.
  3. Biji Kwaci.
  4. Kol.
  5. Biji-bijian yang lainnya.

Sedangkan pola memberi makan, jangan terlalu banyak menaruh makanan didalam kandang. Jika makanan itu jatuh, maka bisa terinjak-injak dan cepat membusuk. Dan ada beberapa cara yang digunakan seperti menggantung makanan pada kandang atau meletakkannya pada tempat tersendiri.

Namun jika hanya diletakkan begitu saja, rata-rata akan jatuh juga saat di tarik. Dan makanan yang jatuh mudah terkena kotoran seperti air kencing dan kotoran lainnya. Makanan yang sudah terkena kotoran pada akhirnya cepat membusuk. Dan hamster sendiri mudah terkena penyakit.

Segera ganti makanan yang sudah tidak baik. Selain tidak baik buat kesehatan hamster, makanan yang membusuk akan menyebabkan bau yang tidak sedap yang akan menyebar ke seluruh area ruangan. Jika ternak besar, maka bau itu bisa saja menyebar ke pemukiman sekitar.

Jenis Hamster

Secara global, setelah tim kami menemui beberapa orang peternak hamster, kami bisa mengkategorikan menjadi 3 jenis. Jenis-jenis hamster tersebut diantaranya adalah :

  1. Hamster Lokal.
  2. Hamster Super.
  3. Hamster Albino.

Hamster lokal biasanya berbadan agak besar, warna kulit kurang cerah. Dan bulu lokal kurang mengkilap atau terlihat kusam.

Sedang Hamster Super, memiliki postur yang lumayan ramping, bulu halus, dan tidak berbau apek. Namun ada juga jenis super yang rata-rata hamster luar negeri. Memiliki postur tubuh yang besar. Hampir menyerupai tupai. Namun sayangnya, kami jarang menemui peminat untuk jenis ini.

Sedang Albino adalah hamster yang memiliki mata merah. Bodi atau posturnya standard, ada yang kecil ada juga yang besar. Untuk jenis albino hanya memiliki perbedaan di mata.

Jika hamster yang lain berwarna hitam, maka albino berwarna merah. 3 Jenis inilah yang kami dapat dari sumbernya secara langsung. Mungkin jika diantara kalian ada yang tau jenis hamster yang lain bisa kalian tambahkan di kolom komentar.

hamster, hamster albino

Kandang Hamster

Untuk membuat kandang tidak sulit. Kita bisa menggunakan apa saja yang bisa menampung. Kita bisa menggunakan toples, ember, atau tempat lainnya yang penting hamster tidak bisa keluar. Dan yang paling tepat adalah kita menggunakan kandang khusus. Struktur kandang yang baik adalah :

  1. Kandang memiliki ruang yang cukup.
  2. Kandang memiliki rang sirkulasi udara yang baik.
  3. Kandang mempunyai roda putar.
  4. Tempat makanan yang tidak mudah jatuh.
  5. Tempat minuman yang tidak mudah tumpah.
  6. Pasir yang selalu bersih.
  7. Pintu yang mudah dibuka dan di tutup.

hamster, kandang hamster

Penjelasan Kandang Hamster

1. Kandang harus memiliki ruang gerak yang cukup. Kandang yang terlalu sempit akan membuat hamster tersiksa. Dan bagi kami pribadi, perlakuan yang kurang baik terhadap binatang adalah tanda-tanda matinya hati nurani kita.

Jika didalam kandang terdapat beberapa hamster, jangan sampai berdesak-desakan. Usahakan memiliki ruang untuk bergerak bebas. Meskipun jangan terlalu besar. Karena akan terlalu makan banyak tempat.

2. Kandang yang baik selalu memiliki sirkulasi udara yang baik pula. Jika kita menggunakan toples besar sebagai kandang, lubangilah sisi samping dan atas toples. Lubang itu tidak terlalu besar, tapi banyak dan beraturan.

Kondisi udara yang buruk akan berpengaruh buruk pula terhadap kesehatan. Jika kita seorang peternak, bukankah ini sebuah kerugian jika ada hamster kita yang sakit atau bahkan mati?.

3. Hamster adalah hewan peliharaan yang berasal dari alam bebas. Hamster mempuyai hobi yaitu berlari. Maka untuk menjaga agar naluri berlarinya tetap terjaga, letakkan roda putar didalam kandang.

4. Untuk tempat makanan, jangan sampai meletakkan makanan dekat dengan pasir. Karena sekali makanan itu jatuh ke pasir akan mudah terkena kotoran. Dan jangan pula meletakkan tempat makanan yang terlalu mudah di naiki. Jika hamster bisa naik ke tempat makanan tersebut, bisa jadi hamster tersebut kencing dan buang kotoran di tempat makanannya. Silakan berkreasi sendiri bagaimana yang tepat dalam meletakkan tempat pakan hamster.

5. Hindari meletakkan tempat minum hamster dalam keadaan terbuka. Upayakan tempat minum ini memiliki sebuah selang yang mana di ujungnya ada sebuah peluru atau gotri. Hamster cukup menjilatkan atau menekan bagian minuman tersebut air akan keluar. tapi jika tidak, air akan berhenti mengalir. Hal ini agar air tidak membasahi kandan dan pasir.

6. Usahakan mempunyai pasir cadangan. Ganti pasir secara berkala. Letakkan busa yang mudah menyerap air didasar kandang. Agar air kencing yang terlalu banyak bisa terserap oleh busa. Namun pastikan membersihkan busa secara berkala. Agar bau tidak sedap bisa kita hindari.

Jemur kembali pasir yang sudah kotor, lalu bisa di pakai lagi. Asal pasir itu tidak sampai berubah warna (Kebanyakan peternak hamster menggunakan pasir putih) asal tidak berubah warna, masih bisa digunakan lagi. Jika sudah dekil dan kotor, bersihkan dengan pembersih khusus.

7. Setiap kandang mempunyai pintu keluar masuk. Begitu pula kandang hamster ini, usahakan mempunyai pintu yang mudah dibuka. Sesekali, buka tutup hamster, biarkan hamster keluar dari kandang dan melihat-lihat pemandangan sekitar. Tapi usahakan tetap di dalam ruangan. Agar hamster kita tidak hilang.

Harga Hamster

Bagi seorang pembisnis, mempunyai wawasan tentang harga hamster menjadi harga mutlak. Begitu pula bagi para pecinta hamster, jangan sampai kita tertipu oleh penjual hamster. Harga Hamster Terbaru yang kami dapatkan pada saat ini berkisar antara 20 ribu sampai 50 ribu per pasang. Beda lagi jika Hamster tersebut siap lomba, tangkas, gesit, dan sehat. Harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Harga yang kami tampilkan tadi adalah harga yang kami dapat dari produsen atau peternak langsung. Mungkin jika dari penjual di pasar, harganya bisa dua kali lipat atau mungkin lebih mahal lagi. Mereka para penjual di pasar juga pengen dapat untung. Dan harga yang kami sampaikan diatas dapat berubah seiring perubahan ekonomi.

Cara Mendapatkan Uang Dari Hamster

Banyak cara mendapatkan uang dari seekor hamster. Seperti informasi yang kami dapat dari salah satu peternak hamster, ada sebuah komptisi yang rutin di selenggarakan. Kompetisi ini meliputi beberapa hal, salah satunya adalah lomba lari hamster.

Bagi kalangan pecinta hamster, mengikutkan hamster kesayangan ke sebuah lomba adalah menjadi hukum wajib. Karena dari kegiatan ini mereka bisa berkumpul dengan para pecinta hamster yang lainnya. Komunitas Pecinta Hamster banyak sekali tersebar di seluruh Indonesia. Sebenarnya bukan uang yang menjadi tujuan utama mereka.

Mereka para pecinta hamster hanya ingin menyalurkan hobi dan bisa menambah teman. Soal uang, mereka pikir belakang. Namun ada pula yang hanya sekedar mencari uang, soal teman atau persahabatan itu nomor sekian. Pernahkah anda ikut dalam lomba atau kompetisi hamster? Akan ada info lebih dari sebuah informasi. Dan kini saatnya kalian untuk berbagi.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

One comment

  1. masih jual hamsternya mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar