Home » SEO » Google Panda Dan Dampak Yang Ditimbulkan

google panda

Google Panda Dan Dampak Yang Ditimbulkan

Ada yang pernah dengar istilah Google Panda? Bagi anda yang belum tahu apa itu google panda? Apakah traffic anda tiba-tiba menurun drastis? Page visitor mengalami penurunan? Apakah anda sudah mengikuti google update Google panda 4.1? Jika anda ingin tetap mempertahankan eksistensi, meningkatkan traffic, dan menjaga page visitor yang sudah ada, kalian harus tahu bagaimana google panda bekerja.

Apa itu Google Panda?

Kriteria website atau blog yang menjadi target google panda. Pada 25 September, Google resmi meluncurkan google panda 4.1. Adapun target dari google panda 4.1 adalah web dengan kriteria :

  1. Web yang miskin konten dan kurang bermanfaat.

  2. Duplikat konten, Yaitu konten yang mengambil dari Copy paste dari web lain.

  3. Web yang dibuat oleh bot atau mesin. Jadi bukan web yang isinya asli tulisan manusia. Web yang kontentnya dibuat oleh mesin akan terkena imbas google panda 4.1.

Banyak dari blogger Indonesia yang belum mengetahui arti pentingnya konten yang positif. Konten yang tidak bermanfaat, konten yang isinya menipu, memaksa seseorang untuk mengklik tombol download, atau konten yang terlalu banyak berisikan link afiliasi juga akan terkena hukuman google panda.

Untuk lebih jelas Google Panda bisa di baca halaman Wikipedia.

Disamping itu, google juga telah melakukan update pada google pinguin 3.0 yang siap memberikan hukuman kepada para pelaku SEO yang tidak lazim.

Google panda dan Google Pinguin sangatlah bermanfaat bagi para pelaku bisnis kecil dan menengah. Mereka yang sangat fokus kepada konten dan senantiasa memperbaiki kualitas website mereka. Kami rasa Google mulai meningkatkan kualitas search engine-nya, agar semua yang tampil di search engine benar-benar bermanfaat.

Kini para pakar SEO dan Perusahaan IT mulai menggodok dan mulai mencari celah strategi pemasaran mereka. Namun kesimpulan yang paling dini adalah, untuk mempertahankan traffic, kita harus fokus pada konten. Strategi konten, strategi SEO ON Page adalah solusi paling tepat untuk menjaga dan meningkatkan traffic website.

Teknik SEO agar terhindar dari ancaman google panda

SEO atau Search Engine Optimization sudah tidak lagi relevan untuk bisnis. Namun, jika anda rasa traffic website sangatlah penting, maka kalian bisa memfokuskan pada hal-hal berikut :

  1. Lakukan pengecekan kembali terhadap konten website. Yakinkan bahwa website anda mempunyai konten yang cocok dengan tema website atau blog, dan pastikan bahwa konten anda informatif, bermanfaat dan unik.

  2. Cek kembali internal link pada website anda. Yakinkan tidak ada broken link atau sejenisnya.

  3. Hindari menempatkan gambar di awal artikel. Dan hindari pula, adanya link afiliasi atau link terkait di awal artikel.

  4. Hindari penggunaan banyak gambar, karena google panda 4.1 akan menyerang pada website yang didalamnya terdapat banyak gambar, namun sedikit tulisan. Selain miskin fungsi atau kurang bermanfaat, website dengan banyak gambar akan membuat page load menjadi berat. Dan ini sangat tidak bagus bagi para pengguna mobile.

  5. Setelah anda yakin semua langkah untuk membuat artikel yang kuat, bermanfaat, dan unik telah anda lakukan, gunakan google analytics untuk melihat perubahan traffic website anda. Apakah sudah efektif atau belum.

Jika anda baru saja mengganti template atau merubah nama domain, biasanya anda akan mengalami penurunan jumlah pengunjung. Untuk itu, anda harus bisa mengatasi jumlah visitor tersebut. Selain itu, jangan berlebihan dalam share website. Karena bisa di anggap sebagai web spam.

Kita harus tahu, bagaimana cara menghindari dampak dari google pinguin. Dengan kita mengetahui bagaimana cara search engine bekerja, kita bisa memaksimalkan website kita di mesin pencarian. Inilah ulasan tentang google panda 4.1, Terima kasih atas comment dan subscribenya.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar