Home » kecantikan » Diet sehat alami tanpa meninggalkan makanan

diet sehat, cara melakukan diet,

Diet sehat alami tanpa meninggalkan makanan

Diet sehat tidak harus tanpa makan. Kita hanya perlu mengatur porsi dan pola makan yang baik. Diet sehat bukan berarti harus tidak makan. Diet yang sering diartikan bahwa diet adalah tidak makan merupakan pemahaman salah tentang pola diet itu sendiri. Bahkan banyak orang yang menghindari cemilan untuk diet. Diet sendiri tidak harus tidak makan cemilan, namun tergantung dari jenis cemilan itu sendiri.

Kebanyakan orang-orang yang berdiet akan menghindari makan-makanan yang berminyak. Menjauhkan diri dari minum susu. Mengurangi ngemil di malam hari. Bahkan yang paling populer adalah tinggalkan makan kalau tidak benar-benar teramat sangat lapar sekali. Berbeda halnya jika melakukan diet sehat yang disarankan.

Menghindari sarapan apakah diet sehat?

Secara medis, seseorang yang tengah melakukan diet dan meninggalkan sarapan pagi boleh-boleh saja dilakukan jika memang konsisi tubuh memungkinkan. Jika tubuh lemas, lapar, dan butuh tenaga maka ia wajib untuk sarapan. Tapi jika tidak lapar dengan kondisi tubuh yang sehat, maka meninggalkan sarapan boleh-boleh saja. Namun tidak ada saran dalam diet sehat untuk meninggalkan makan.

Pada intinya, diet sehat bukan harus meninggalkan sarapan. Lalu makan sedikit disiang hari, setelah itu meninggalkan makan malam. Diet tidak harus menyiksa diri. Yang diperlukan dari diet adalah mengatur pola dan menu diet itu sendiri.

Porsi yang baik selama diet sehat

Dalam bahasa kesehatan kita mungkin pernah mendengar dengan porsi diet 4,3,2,1. Itulah porsi diet sehat. Angka tersebut mudah diingat agar bisa menjadi patokan dalam mengambil porsi diet.

Yang dimaksud dengan 4321 adalah 4 buah 3 sayur 2 lauk 1 karbohidrat.Jadi, dalam satu hari kita harus memperbanyak buah-buahan. Setelah itu memperbanyak sayur-sayuran. Dan sedikit mengkonsumsi lauk seperti daging dan telur. Dan yang terakhir adalah meminimalkan konsumsi karbohidrat seperti nasi.

Dalam menu diet sehat, ada karbohidrat alternatif. Untuk memenuhi asupan karbohidrat menggantikan nasi putih kita bisa menggunakan oat atau gandum. Bisa juga menggantinya dengan mengkonsumsi roti dan keju. Dan yang lebih di sarankan adalah dengan mengkonsumsi beras merah.

Salah satu menu diet sehat yang disarankan dari salah satu dokter ahli adalah :

  1. Sarapan.
    Untuk sarapan kita bisa menyiapkan menu selembar keju, roti, dan satu butir telur. Jika tidak terlalu suka dengan roti dan keju bisa menggantinya dengan setengah porsi nasi.
  2. Makan siang.
    Porsi diet yang sehat pada saat makan siang salah satunya adalah dengan mengkonsumsi seporsi nasi, satu butir telur, satu ayam goreng, dan yang penting adalah memperbanyak sayur. 
  3. Makan Malam.
    Untuk makan malam sendiri kita bisa menyiapkan makanan diet berupa satu piring sayur-sayuran dan menambahkan satu butir telur.

Tidak ada masalah dalam hal cemilan. Tetap boleh makan cemilah selama diet sehat. Cemilan yang sehat adalah cemilan yang berbahan dasar dari buah atau sayur-sayuran. Cemilan itu sendiri bertujuan sebagai pengganjal perut jika dimalam hari masih terasa lapar.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar