Home » peluang usaha » Contoh Usaha Musiman Menjelang Ramadhan

ramadhan, usaha musiman menjelang ramadhan,

Contoh Usaha Musiman Menjelang Ramadhan

Contoh usaha musiman menjelang ramadhan yang menguntungkan. Hampir setiap muslim seluruh dunia akan menyambut kedatangan Bulan Ramadhan dengan gembira. Namun sayangnya, rasa gembira itu hanya di rasakan bagi mereka yang beriman dan bertaqwa. Tak jarang orang yang gelisah jika Ramadhan sudah tiba. Anggapan mereka, Ramadhan dan Lebaran adalah bulan-bulan boros. Untuk itu, kita harus tetap menjalankan ibadah dengan ikhlash. Karena Ramadhan adalah bulan penuh berkah.

Contoh Usaha Musiman Menjelang Ramadhan

Dalam hal usaha, ada beberapa usaha musiman yang dapat anda jalankan saat menjelang bulan Ramadhan. Salah satu ibadah umat Islam khususnya di Indonesia menjelang Ramadhan adalah dengan berziarah ke makam leluhur sebelum masuk bulan Ramadhan. Selain datang untuk mendo’akan kerabat yang sudah meninggal, salah satu manfaat dari berziarah itu sendiri adalah untuk memperkenalkan silsilah keturunan kepada anak cucu mereka. Sehingga kedekatan serta keharmonisan dalam keluarga akan semakin mengental. Rasa menghormati kepada orang tua akan semakin tumbuh jika kita mau menghargai yang lebih tua terlebih menghargai leluhur yang sudah tiada.

Jenis usaha musiman menjelang Ramadhan

1. Berjualan Bunga atau Kembang di area TPU.

Khusus bagi anda yang tinggal dekat dengan TPU atau Taman Pemakaman Umum, anda dapat memanfaatkan moment ini dengan berjualan bunga atau kembang di dekat area makam. Jika dihari biasa jumlah penziarah di tempat anda sangat sedikit, maka biasanya akan melonjak saat mendekati Ramadhan. Oleh karena itu, berjualan kembang musiman saat mendekati Ramadhan sangat membawa kemudahan tersendiri bagi para penziarah. Dan anda yang berjualan juga bisa mendapatkan berkah dari para penziarah yang datang untuk mengunjungi leluhur-leluhur mereka.Baca juga artikel tentang Peluang Usaha di Bulan Ramadhan.

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

ramadhan, usaha musiman menjelang ramadhan,

2. Menjadi Pemandu Do’a.

Bagi anda yang mempunyai ilmu agama lebih, anda dapat mengambil kesempatan ini. Saat para penziarah mulai berdatangan mendekati bulan ramadhan, salah satu hal yang paling sering di butuhkan adalah adanya para pemandu do’a. Terlebih bagi mereka para mualaf (Orang yang baru saja masuk islam), bisa jadi mereka belum tau apa yang harus dilakukan saat berada di makam kerabat mereka. Untuk itu, jasa para pembimbing do’a akan sangat membantu meluruskan niat dan tujuan mereka saat datang ke makam untuk berziarah tersebut.

Kami sangat menyarankan untuk anda yang ingin menjadi pemandu do’a bagi para penziarah, jangan pernah memasang tarif. Lakukanlah dengan niat ibadah. Jika para penziarah memberikan imbalan entah banyak atau sedikit itulah rejeki anda. Jika kita memasang tarif, takutnya kita akan terindikasi menjual agama. Karena kita harus menghidupkan agama bukan hidup diatas agama. Artinya, kita harus menyebarkan agama, menyebarkan ilmu yang bermanfaat, tapi tidak boleh menjadikan agama sebagai ladang untuk mengeruk uang.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

2 komentar

  1. Penjual gorengan dan takjil juga meningkat di setiap bulan ramadhan. Fenomena menarik di bulan ramdhan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar