Home » wirausaha » Cara pengolahan limbah plastik yang ramah lingkungan

Cara pengolahan limbah plastik

Cara pengolahan limbah plastik yang ramah lingkungan

Cara pengolahan limbah plastik masih menjadi pembahasan hangat dalam setiap pertemuan tentang lingkungan hidup. Dimana limbah plastik merupakan sampah yang tidak bisa diurai oleh tanah. Sehingga akan selalu memiliki ancaman terhadap pencemaran lingkungan. Banyak seminar-seminar yang membahasa tentang betapa seriusnya kekhawatiran tentang limbah plastik ini. Dan harapan kami, generasi yang sekarang dan yang akan datang dapat lebih memahami tentang pengolahan limbah plastik ini.

Cara pengolahan limbah plastik Modern

Ada beberapa ide untuk menangani limbah plastik, yaitu diantaranya :

  1. Melakukan daur ulang sampah plastik dengan cara memisahkan partikel-partikel plastik hingga terciptanya produk baru. Plastik daur ulang biasanya akan dirubah bentuk menjadi biji plastik, botol minuman, dan produk baru dengan bentuk baru yang lainnya. Hampir disetiap negara selalu berupaya melakukan proyek besar dalam melakukan daur ulang sampah plastik.

  2. Dengan menggunakan mesin incinerators untuk mendaur ulang limbah plastik. Sebagian negara menggunakan mesin ini untuk mengolah sampah plastik yang tidak teruarai. Semua limbah plastik dibakar menggunakan incinerators. Namun ada dampak buruk jika menggunakan metode ini. Yaitu, timbulnya pencemaran atau polusi udara. Namun seiring berjalannya waktu, para developer telah bekerja keras untuk mengurangi dampak pulusi udara yang ditimbulkan.

  3. Untuk mengurangi dampak dari limbah plastik, sebagian besar negara di dunia telah melarang penggunaan produk plastik tertentu. Hal ini untuk mengurangi rasa ketergantungan terhadap produk palstik. Dan menggantikannya dengan produk yang lebih ramah lingkungan.

  4. Menggunakan tas dari bahan kertas atau dari bahan lainnya untuk berbelanja. Sehingga dapat mengurangi pemakaian plastik di dalam kehidupan sehari-hari.

  5. Untuk mengurangi dampak limbah plastik, dari pihak pemerintah dan diri pribadi perorangan harus saling menyadari. Pemerintah harus membuat tempat sampah di setiap sisi kota. Dan setiap individu juga harus mempunyai kesadaran tentang membuang sampah. Jangan campur sampah plastik dengan sampah yang bisa di daur ulang. Tempatkan sampah plastik pada tempat sampah yang telah ditentukan. Dan jangan membuang sampah plastik di tempat umum seperti di jalan, di sungai, di selokan, di parit, dan dimana sampah itu akan sangat berpotensi  buruk bagi lingkungan.

  6. Meningkatkan kegiatan seminar atau pertemuan yang membahas tentang daur ulang sampah plastik. Tentang metode cara pengolahan limbah plastik yang terbaru. Dan harapan kami, pemerintah ikut terlibat dalam sosialisasi daur ulang limbah plastik. Dan lembaga-lembaga negara atau swasta kami harap juga semakin gencar dalam membahas ancaman limbah plastik terhadap lingkungan hidup.

Mesin daur ulang limbah plastik :

Cara pengolahan limbah plastik, Mesin daur ulang limbah plastik,

Cara pengolahan limbah plastik dengam memanfaatkannya menjadi produk baru yang bermanfaat. Salah satunya dalah dengan membuat kerajinan tangan dari plastik bekas.

kerajinan dari botol bekas, tempat perhiasan dari botol bekas,Sumber Gambar : EBLOT


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

17 komentar

  1. Memang perlu kesadaran dalam membuang sampah. Dan pemerintah harus ikut andil dalam kegiatan pengolahan sampah ini. Semoga Jakarta semakin bebas dari orang-orang yang buang sampah sembarangan. Khususnya sampah plastik.

  2. Gan, tau informasi breapa harga Mesin buat daur ulang plastik? Kisaran berapa?

    • Kalo harga alat daur ulang plastik saya kurang tau, tapi kalo kisarannya sih ada yang ratusan juta. Yang murah mungkin ada tapi saya belum pernah nemuin.

  3. Wisnu

    Semua kembali ke diri kita mas. Kalo diri kita peduli lingkungan masalah plastik bisa kita atasi. Tidak harus selalu pemerintah. Pemerintah juga sudah menyiapkan anggaran untuk program pengolahan limbah. bahkan banyak pelatihan tentang cara daur ulang sampah. tapi apakah ada yang minat itu intinya.

    • Pasti ada mas. Setiap warga negara mana saja pasti ada yang nyimpang dan pasti ada juga yang bener. :)

  4. Sy kurang tau tntang pengolahan limbah mas, tp sy harap semua warga Indonesia punya kesadaran tentang pentingnya membuang sampah pd tmpatnya.

  5. Sip buat infonya

  6. Koko

    Sy mau tanya, apa kalo plastik dicairkan bisa bercampur dengan tanahliat gak?

    • Mohon maaf sekali. Untuk hal tersebut kami belum berani menjawab. Sebab harus dilakukan uji laborat terlebih dahulu. Secara unsur kimia sih tetep nggak bakal nyampur.

  7. thanks thor infonya, semoga bermanfaat buat yg lain juga ya

  8. keren, min. ijin share yak…
    😀

  9. Lengkap kali, Min. Infonya sangat membantu, saya jadi lebih tahu cara daur ulang sampah plastik.

  10. Thanks atas infonya, Thor. Sangat membantu sekali. Ijin repost ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar