Home » motivasi » Cara Menjadi Pribadi Muda yang Kuat dan Mandiri
Cara menjadi pribadi muda yang kuat dan mandiri

Cara Menjadi Pribadi Muda yang Kuat dan Mandiri

Cara menjadi pribadi muda yang kuat dan mandiri ini kami harapkan dapat membantu orang tua dalam membimbing putra putri atau saudara mereka. Dan dapat dijadikan salah satu inspirasi bagi mereka yang masih belia untuk membangun karakter dan jati diri yang baik.

Banyak orang tua yang mengeluhkan tentang perilaku anaknya yang jauh dari impian mereka. Dan banyak anak muda yang merasa terkekang oleh jutaan belenggu larangan yang di sematkan oleh orang tua mereka. Seperti yang kita tau, jiwa muda adalah jiwa yang bebas.

Cara menjadi pribadi muda yang kuat dan mandiri

Kita lihat dari sejarah Indonesia, Indonesia mampu keluar dari belenggu penjajah melalui gerakan muda Budi Oetomo. Mereka yang berjiwa muda yang semangatnya berkobar-kobar keluar dari jalur yang ada melawan arus menentang hukum yang ditetapkan oleh para penjajah. Lalu membawakan kabar gembira kepada kita semua bahwa akhirnya Indonesia telah Merdeka.

Jiwa muda itu berapi-api tapi rapuh. Dan orang tua harus menjadi penopang kerapuhannya. Orang tua harus bisa menjadi penyemangat disaat anak kita yang muda merasa letih, galau, bahkan kehilangan semangat hidup. Cara mengajar yang otoriter tidak menjamin menghasilkan jiwa yang terpuji.

Justru terkadang cara mengajar yang memberikan kebebasan namun menanamkan sikap tanggung jawab justru lebih membuat anak mudah berkembang, di sukai masyarakat namun tidak keluar dari norma yang ada.

Menjadi sebuah kewajaran jika anak muda itu melakukan kesalahan. Mereka masih perlu banyak belajar. Dan dari kesalahan-kesalahan inilah mereka akan menjadi sosok yang kuat dan mandiri. Seorang pemuda yang merasa pendapatnya paling benar, dan pendapat orang lain salah.

Lalu di kemudian hari tersadar bahwa pendapatnya yang salah lebih baik dari pada seorang pemuda yang hanya diam dan bergerak jika orang tuanya menyuruhnya. Pemuda seperti ini akan hidup di bawah bayang-bayang orang lain. Ia tidak memiliki inisiatif dalam hidup. Kemampuannya dalam mengatasi masalah tidak terasah dengan baik. Dan ini dapat mengakibatkan ia menjadi sosok yang manja.

Seorang anak muda yang sehat adalah anak muda yang membuat kesalahan lalu belajar dari kesalahan tersebut. Dan anak muda yang kurang sehat adalah anak muda yang melakukan kesalahan namun mengulangi kesalahan yang sama. Dan sikap seperti ini sangat diperlukan dalam berbisnis. Yaitu sikap berni mencoba sekalipun itu salah, namun belajar dari kesalahan hingga akhirnya menemukan apa yang seharusnya mereka lakukan.

Untuk menjadikan jiwa muda yang kuat dan mandiri, kita tidak boleh serta merta menyalahkan segala kesalahan yang anak muda perbuat. Dan bagi anak muda, ketika melakukan kesalahanpun harus mengakui kesalahan tersebut dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Jiwa muda yang berani mencoba akan menjadi pembahagia bagi orang lain saat ia sukses nanti. Namun jiwa muda yang terpenjara, akan menjadi trauma tersendiri bagi kehidupannya sendiri. Apapun itu, jiwa muda tidak bisa disalahkan. Dan jiwa muda menginginkan kemerdekaan dalam menentukan kehidupannya sendiri.

Yang perlu di tanamkan dalam diri jiwa muda adalah kebebasan dalam hal yang baik. Bebas melakukan apa saja asalkan itu baik dan membuahkan kebaikan. Dan dengan menanamkan keimanan disertai pemahaman tentang agama yang baik, jiwa muda akan berkembang menjadi jiwa yang kuat, tahan uji, tidak manja, dan memiliki kehidupan yang merdeka, bahagia seutuhnya. Bahagia dalam kehidupannya sendiri, dan dapat membahagiakan bagi kehidupan orang lain.

☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar