Home » Blogging » Cara Menghitung Harga Website

Cara menghitung harga website

Cara Menghitung Harga Website

Pernahkah anda ingin membeli blog atau website? Kami berikan Cara menghitung harga website. Tujuan utama blog adalah Investasi. Karena ini bersifat investasi, maka jangan terlalu memfocuskan diri menjadikan blog adalah sarana untuk mencari uang. Jika anda menyandarkan pada titik ini, maka anda akan kehilangan moment.

Semangat anda yang tinggi akan segera hilang setelah anda jenus selama sebulan tanpa ada hasil apa-apa. Karena blog adalah investasi. Dan investasi itu seperti halnya deposito. Anda harus secara rutin mengembangkan blog anda, hingga perlahan namun pasti, blog anda mulai bernilai.

Cara menghitung harga website

Saya akan memberikan informasi tentang bagaimana menghitung harga jual blog atau website anda.

Hitunglah biaya pengembangan konten.

Cara menghitung harga website yang pertama. Menghitung biaya pengembangan konten. Memang tidak semudah mengerjakan PR matematika, tapi menghitung nilai jual blog adalah salah satu cara anda mengetahui berapa tinggi aset anda. Anda harus menghitung berapa kira-kira bandwidth yang anda habiskan dalam pembuatan konten.

Saat anda upload gambar, upload artikel, upload video, pastikan anda tidak melewatkan berapa tagihan pulsa atau tagihan internet yang anda habiskan dalam permbuatan artikel. Jangan lupa pula menghitung berapa waktu yang anda habiskan dalam pembuatan artikel. Kalian pasti bisa merata-rata berapa lama waktu yang anda perlukan untuk membuat sebuah artikel.

Hitung berapa banyak kunjugan di blog anda setiap harinya.

Dengan memperhatikan banyaknya pengunjung, kalian bisa menentukan berapa kira-kira penghasilan kita dari blog. Seandainya blog kita jadikan sebagai media publisher atau untuk menampilkan iklan, maka kita akan tahu berapa rata-rata iklan ini dapat dilihat.

Ini Jika menyertakan iklan PPC atau Pay Per Click, seperti google adsense atau yang lainnya, hitung berapa kita-kira peluang orang akan meng-klik iklan yang anda tampilkan.

Hitung pendapatan per kunjungan.

Sekali lagi, kita tidak memfocuskan segala sesuatunya dengan takaran uang. Tapi takaran kita adalah peluang. Coba anda hitung berapa kira-kira harga yang anda perlukan untuk setiap ada orang yang mengunjungi anda. Secara sederhana, ini seperti hal’nya kita memasang iklan di TV.

Berapa biaya yang anda keluarkan untuk bisa memasarkan produk anda dalam sekali tayangan di TV. Maka harga itu sama dengan pendapatan kita per kunjugan di blog. Jika di TV di hitung per detik, maka jika di blog, ini menjadi tak terhingga. Hargai berapa kira-kira nilai blog anda perkunjugan. Ini yang perlu di catat.

Namun jika blog anda adalah blog publisher seperti publisher google adsense, berapa hasil perhari atau perbulan dari google adsense, ini yang perlu anda catat yang nantinya akan di hitung di akhir antara pemasukan dan pengeluaran yang nantinya akan bisa anda gunakan sebagai acuan harga jual blog anda.

Mulailah menghitung nilai jual blog anda per konten.

Memang ini seperti lelucon, menghargai hasil kerja sendiri. Tapi ingat, banyak perusahaan besar yang mencari sumber informasi melalu blog. Karena blog lahir dari personal. Atau perorangan, berbeda dengan web bisnis yang lahir dari sebuah tim. Karena inilah, rata-rata banyak perusahaan yang melirik sebuah artikel atau sebuah blog untuk di jadikannya sebuah E-Book atau mungkin menjadikannya sebagai acuan pembuatan buku. Lakukan penghitungan berapa kira-kira jika blog anda di jadikan sebuah buku.

Dengan menghitung semua pemasukan dan pengeluaran, maka tambahkan semua harga yang masuk lalu kurangilah dengan jumlah pengeluaran. Maka disitulah anda bisa mengetahui berapa harga jual blog anda. Jika anda menggunakan domain, maka anda bisa menjual domain tersebut ke orang lain dengan bayaran yang telah anda hitung sebelumnya.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

3 komentar

  1. Terima kasih gan artikelnya… tapi harga blog saya setelah di cek, masih murah banget… :).
    di tunggu kunjungan baliknya

    http://miniblogger28.blogspot.com

  2. Mantap bro artikelnya

    kunjungan baliknya yah ke blogku di tunggu xixixiixi
    http://reynaghgaul.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar