Home » kesehatan » Cara Menghilangkan Stress Secara Alami

cara menghilangkan stress, stress, stres,

Cara Menghilangkan Stress Secara Alami

Cara menghilangkan stress ini kami buat dengan tujuan untuk mencegah angka kemiskinan di Indonesia. Lho, apa hubungannya antara mencegah stress dengan kemiskinan?. Simaklah dengan seksama artikel ini kalau perlu follow dan subscribe websitenya. Yakin saja, tidak ada yang mustahil didunia ini kecuali satu, yaitu ingin menjadi Tuhan. Termasuk didalamnya adalah himpitan Ekonomi. Pengusaha yang sukses bisa saja menjadi miskin, dan orang miskin bisa saja menjadi pengusaha yang kaya raya. Semuanya ada caranya.

Cara menghilangkan stress

Baiklah, mari kita mulai membahas cara menghilangkan stress yang sesungguhnya. Berbagai problem sering menimpa diri kita atau saudara-saudara kita yang lainnya. Setiap masalah memiliki levelnya sendiri-sendiri. Seorang pelajar SD akan sangat merasa berat dengan soal-soal ujiannya. Dan para pelajar SMP akan mengatakan masalah itu mudah. Dan begitupula saat pelajar SMP mengatakan persoalan dalam menjawab pertanyaan sulit, Seorang mahasiswa bisa saja mengatakan bahwa soal yang dikerjakan oleh anak SMP tersebut sangat mudah. Semua masalah pasti ada levelnya.

Untuk lebih memahami tentang cara menghilangkan stress perlu kita pahami terlebih dahulu konsep problematika hidup. Problem dalam hidup atau biasa disebut dengan istilah masalah hidup sering kita kaitkan dengan kata ujian hidup. Benar sekali, setiap masalah yang kita hadapi adalah ujian. Tapi adakalanya itu adalah pembalasan yang dipercepat. Mungkin tidak semua orang memahami apa maksud pembalasan yang dipercepat. Yaitu, sebuah hukuman atas sebuah kesalahan yang pernah kita lakukan dan kita langsung dihukum oleh Tuhan agar kita segera memperbaiki diri. Pada dasarnya, setiap masalah atau beban hidup hanya Tuhan yang tau apa tujuan dari perjalanan hidup kita ini. Untuk kalian yang sedang mengalami stress kami akan memberikan beberapa tips cara menghilangkan stress ala pengusaha. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kalian tempuh.

  1. Bertaubat.
    Mengapa kami menempatkan kata bertaubat pada nomor satu dari sekian tips yang ada?. Karena dengan bertaubat, kita akan lebih mengenal diri sendiri. Dan lebih dari itu, kita akan lebih mengenal siapa Tuhan kita.

    Bertaubat sangat efektif menghilangkan stress karena rata-rata orang-orang yang stress adalah orang yang tidak bisa menerima kenyataan. Misalnya seorang pengusaha yang bergelut dibidang Bisnis Properti mengalami kebangkrutan yang hitungannya mencapai milyaran rupiah. Mereka para pembisnis properti rata-rata adalah orang yang dengan taraf hidup mewah. Mereka sudah terbiasa bermandikan uang. Lalu tiba-tiba, terjerat sebuah kasus dan propertinya tersita Bank. Sebagian terjual untuk menutup kasus yang ada. Hingga akhirnya jatuh miskin.

    Biasanya mereka selalu bermandikan uang tiba-tiba terperosot ke level yang paling bawah. Rasa gengsi sudah terlanjur tinggi, tidak bisa menerima kenyataan yang ada, akhirnya stress seperti orang linglung. Lebih parahnya lagi dia mendekati gila. Dengan bertaubat kita akan lebih bisa mawas diri. Kita akan lebih tau, bagaimana cara kita mendapatkan uang?. Apakah semuanya sesuai dengan aturan Tuhan?.

    Apakah uang yang selama ini kita dapat adalah uang yang halal atau justru haram. Bagaimana kita memanfaatkan uang, sudahkah kita memberikan rejeki mereka yang tidak mampu. Semua kesalahan kita akan kita sadarai sedikit demi sedikit. Saat kita sudah mengetahui kesalaahan dan kekurangan kita, maka kita akan malu pada diri sendiri. Dan lebih positifnya, kita akan malu kepada Tuhan yang selama ini telah memberikan banyak kemudahan kepada kita. Saat orang sudah mulai sadar siapa kita sebenarnya, orang seperti ini akan kebal terhadap stress.

  2. Beribadah.
    Meskipun bertaubat adalah bagian dari ibadah, tapi dalam konteks ini memang berbeda. Jika di nomor satu bertaubat adalah koreksi diri, maka di nomor 2 ini kita lebih fokus kepada memperbaiki diri. Setelah kita berhasil mengenal diri kita sendiri.

    Kita sudah tau dimana letak kesalahan dan kekurangan pada diri kita, kita akan secara otomatis terketuk hati untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Dan rasa ingin mendekatkan diri kepada Tuhan bisa kita wujudkan dalam bentuk ibadah. Seperti halnya sholat, membaca Al Qur’an, Berpuasa, SodaQoh dan lain sebagainya. Orang yang semakin dekat dengan Tuhan, mereka akan lebih dekat dengan kata Qona’ah. Qona’ah adalah sebuah sikap menerima dengan tulus ikhlas semua yang telah diberikan oleh Allah. Jika dalam bahasa orang Jawa biasa disebut dengan istilah “Narimo Ing Pandum”. 

  3. Salurkan Hobi.
    Jika anda mempunyai hobi, kegiatan ini sangat membantu untuk bisa menghilangkan stress. Misalnya, anda mempunyai hobi memancing. Carilah lahan memancing yang banyak ikannya. Sebab, kalau kalian stress trus pergi memancing dan nggak dapet-dapat ikan, biasanya bukan stressnya hilang tapi malah tambah stress karena nggak dapet-dapet ikan.

    Jika kita hobi bermain musik, luapkan dengan bermain musik. Lebih baik lagi, jika kita sedang stress, menyanyilah sesuka hati. Ini lebih mudah menyalurkan isi hati dari pada menyanyi dengan menyanyikan lagu orang lain. Jika sedang beruntung, bisa jadi lagu sendiri yang bisa kita jual kalo lagunya bagus. Tapi lakukan hobi yang positif saja. Hobi balapan liar, hobi tawuran, itu bukan hobi sebenarnya, melainkan mental yang menyimpang. Lakukan kegiatan positif. Membaca Al Qur’an bisa menjadi salah satu hobi yang tim wirasejati sarankan.

  4. Curhat.
    Khusus kalian yang lagi stress karena memendam sebuah perasaan yang tidak nyaman didalam hati, kalian bisa mengurangi bahkan mengobati stress kalian dengan melakukan curhat. Pilih teman yang menurut kalian bisa dipercaya.

    Sampaikan kepada dia bahwa anda ingin curhat, sehingga dia bisa meluangkan waktu secara penuh untuk mendengarkan anda. Dan dia tidak akan bosan dengan cerita anda. Teman yang baik akan lebih banyak mendengarkan dari pada menyarankan. Karena sesungguhnya, disaat orang sedang curhat, sebenarnya dia hanya ingin didengarkan. Soal saran, bukanlah tujuan utamanya. Curhat kepada Allah adalah kegiatan curhat yang paling disarankan oleh tim kami. 

  5. Silaturahmi.
    Tips ampuh dalam menghilangkan stress yang akan kami sampaikan yang terakhir adalah dengan bersilaturahmi. Terlebih kita yang stress karena sedang dililit hutang atau keuangan yang jauh dari kata cukup. Ada sikap yang harus ditanamkan dalam-dalam bagi seorang pembisnis atau seorang pengusaha. Yaitu, kita tidak boleh merasa mudah puas. Ini artinya, jika kita untung seribu, kita harus berusaha sekuat tenaga agar bisa untung dua ribu. Saat untung dua ribu, kita harus meningkatkan mutu dan kualitas kerja kita agar mencapai untung tiga ribu. Sampai untung juta atau milyar, kita harus tetap meningkatkan target kita.

    Berapapun hasil yang kita dapatkan, tingkatkan dan tingkatkan terus. Jangan berhenti dan merasa sudah cukup. Ini sikap dasar yang harus ditanamkan dalam diri seorang pengusaha. Tapi ada satu sikap dasar yang menjadi pondasi mental seorang pengusaha, yaitu sikap syukur. Setelah kita melakuakn semua yang terbaik, seberapapun hasil kita, harus kita syukuri, dan kita tingkatkan lagi keesokan harinya. Demikian pula dengan situasi keluarga, teman, atau saudara. Seperti apapun keadaan mereka, entah mereka kaya miskin sombong ataupun rendah hati, jangan pernah membenci mereka. Syukuri orang-orang yang dekat dengan kita.

    Seburuk-buruknya sikap mereka kepada kita, terima dengan penuh rasa syukur. Sambangi mereka, jalin selalu kerukunan. Jika memang sedang ada masalah, menghindarlah sesaat, tapi jangan putuskan tali silaturahmi. Do’akan selalu yang baik. Jika sedang marahan, dan ada rasa gengsi yang menghalangi, dekatilah melalui anak-anak mereka. Jika kita dijahati, jangan membalas. Selain bersilaturahmi kepada sanak famili, kami menyarankan untuk senantiasa bersilaturahmi ke rumah teman, sahabat, dan rekan bisnis. Tapi jangan terlalu sering. Sebab, jika terlalu sering, justru itu tidak baik.

    Dan yang tidak kalah penting adalah, bersilaturahmi kepada guru yang telah mengajar kita dimasa sekolah. Seperti apapun sikap guru kepada kita, sesekali bersilaturahmilah dengan mereka. Dan saran terakhir, bersilaturahmi kepada Alim Ulama. Terlebih saat sedang stress, obat mujarab selain taubat dan menyambangi orang tua kita adalah mendekati orang-orang soleh dengan mengharap ridho dari Allah. Buktikanlah, jika anda sedang stress, jika langkah diatas dilakukan dengan tulus ikhlas, pasti stress anda segera hilang.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

One comment

  1. sangat bermanfaat mas informasinya, saya sendiri sempat bgitu tapi stelah baca artikel agan ckup memberi ktenangan bagi saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar