Home » kesehatan » Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

cara menghilangkan bau kaki

Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

Bagi seorang pelajar atau pekerja kantoran, bau kaki biasanya menjadi salah satu permasalahan yang sering di jumpai. Banyak cara menghilangkan bau kaki tidak memberikan manfaat besar. Pemakaian sepetu dalam waktu lama bahkan hampir seharian, membuat kaki menjadi bau dan bau tersebut seakan-akan tidak mau hilang meski kita sudah mandi sekalipun. Seorang pengusaha yang sering bekerja di lapangan atau pun di kantoran tidak luput dari permasalahan ini.

Bau kaki yang tidak sedap akan sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri kita. Dan dibawah ini kami akan mencoba menyampaikan beberapa tips untuk mencegah atau menghilangkan bau kaki.

Cara Menghilangkan bau kaki

Bersihkan kaki anda dengan cara yang benar. Gunakan air bersih, jika bisa air hangat. Jangan lupa gunakan sabun anti bakteri disaat membersihkannya. Dan perlu kita ingat, membersihkan kaki bukanlah membasuh kaki. Seringkali yang kita lakukan selama ini adalah membasuh kaki. Cara yang baik membersihkan kaki adalah dengan menggosok bagian kulit seperti kita membersihkan daki pada kaki. Dan jangan lupa untuk menggunakan sikat yang lembut agar sela-sela yang tidak bisa di jangkau oleh jari jemari kita dapat dibersihkan dengan menggunakan sikat tersebut. Dengan menggunakan sabun anti bakteri, maka bakteri yang berada pada kaki akan mati. Sehingga kemungkinan timbulnya bau busuk atau bau tidak sedap pada kaki dapat kita hindari.

Setelah membersihkan kaki dan membilasnya dengan menggunakan air hangat, kita harus mengeringkan kaki. Kaki yang basah dan tidak segera kita keringkan akan besar kemungkinannya terkena bakteri kembali.

Gunakanlah cairan sanitizer. Sanitizer biasanya di gunakan untuk tangan. Yaitu sebuah cairan anti kuman yang biasa kita gunakan untuk membersihkan tangan agar kuman-kuman pada tangan kita mati. Namun, meskipun produk ini di khususkan untuk tangan, kita dapat menggunakannya untuk mengoleskan di kaki kita. Sehingga kaki kita juga akan terjaga oleh kuman.

Jika anda ingin benar-benar total dalam membasmi bau kaki, pada saat membersihkan kaki gunakanlah cuka atau alkohol secukupnya. Alkohol dan cuka dapat menghindarkan kaki anda dari kuman atau bakteri yang tidak terbunuh disaat menggunakan anti bakteri biasa. Dan keuntungan menggunakan cuka dan alkohol adalah, kaki kita lebih steril dan terasa lebih segar.

Dan langkah yang bisa kalian terapkan untuk menyempurnakan langkah-langkah diatas adalah dengan memberikan bedak atau baking soda pada permukaan kaki kita. Selain kaki kita lebih harum, bedak dan baking soda lebih terbukti mampu menjaga kulit tetap kering. Sehingga keringat yang berlebihan pada kaki dapat teratasi dengan langkah ini.

Selain dengan membersihkan kaki kita, poin penting yang tak kalah pentingnya adalah cara membersihkan alas kaki yang sering kita gunakan. Alas kaki yang tidak bersih akan memicu bakteri dan kuman menempel dan masuk ke kaki kita. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips untuk membersihkan alas kaki.

Cuci dengan menggunakan air bersih. Gunakan sabun cuci yang mengandung anti bakteri atau anti kuman. Rendamlah beberapa saat sebelum proses menyikat atau mencuci anda lakukan. Bilas menggunakan air bersih paling tidak dua kali bilas. Di saat proses penjemuran, Jika alas kaki itu adalah sepatu, usahakan menjemur dalam keadaan tertelungkup. Artinya, bagian alas berada di atas agar air di dalam sepatu bisa keluar. Pastikan alas kaki yang anda gunakan benar-benar kering sebelum anda memakainya. Sebab, salah satu pemicu bau kaki adalah, kita memakai alas kaki seperti sendal atau sepatu dalam keadaan yang masih basah. Alas kaki khususnya sepatu yang masih basah sudah pasti akan menimbulkan bau pada kaki.

Sedangkan untuk menjaga agar kaki anda tetap terhindar dari bau, ada beberapa tips yang perlu kalian perhatikan. Diantaranya yaitu, Gantilah kaos kaki yang anda gunakan setiap hari. Minimal ganti kaos kaki yang anda gunakan dua hari sekali. Mungkin sebagian dari kita merasa, langkah ini sangat berat. Terlebih bagi seorang laki-laki single, yang belum mempunyai istri. Mencuci adalah hal yang paling membosankan. Meskipun sekarang sudah ada jasa laundry dimana-mana, rata-rata laki-laki lebih suka menggunakan kaos kaki yang sama selama berhari-hari. Dan jika anda serius dalam menghindari bau kaki yang tidak sedap. Anda harus menghindari kebiasaan buruk ini. Minimal ganti kaos kaki yang anda gunakan 2 hari sekali.

Gunakan pewangi sepatu setelah anda selesai menggunakannya. Jika anda rasa pewangi sepatu atau pengharum sepatu terlalu banyak makan biaya, anda bisa menggunakan cengkeh sebagai pengganti pengharum sepatunya. Selain bisa menghilangkan bau pada sepatu, cengkeh terbukti memiliki aroma terapi yang sangat baik bagi kesehatan. Sehingga, jika kita menggunakan cengkeh, maka kita tidak perlu takut dengan efek samping yang ada. Karena cengkeh yang kita gunakan tidak memiliki efek samping. Dan sangat efektif sebagai salah satu cara menghilangkan bau kaki.

Gantilah sepatu yang setiap hari anda gunakan paling tidak 3 hari sekali. Paling tidak anda harus mempunyai 2 set sepatu untuk anda gunakan sekolah atau pergi ke kantor. Dengan mengganti sepatu, kita memiliki kesempatan mencuci sepatu yang sudah kita gunakan. Jika kita dapat memperhatikan kebersihan sepatu yang kita gunakan, kami yakin bau pada kaki anda tidak akan kembali lagi.

Tips mencuci atau membersihkan sepatu. Pada saat membersihkan atau mencuci sepatu beserta kaos kaki, gunakanlah sabun cuci yang memiliki anti kuman. Selain itu gunakan sedikit pemutih, ditambah dengan garam untuk merendam sepatu dan juga kaos kaki. Cairan yang kita campur ini dapat membunuh bakteri dan membuatnya terjaga dari kuman di saat kita pakai. Bukankah anda akan percaya diri jika disaat anda membuka sepatu tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Terlebih bagi kita yang beragama Islam, di saat kita melakukan wudhu di Masjid atau di Mushola, kita akan lebih tenang jika kita sudah terhindar dari bau kaki. Bagaimana dengan merendam di air kapur? Apakah ini efektif untuk menghilangkan bau pada kaki?


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

4 komentar

  1. terima kasih

  2. Saya sudah pernah mencoba, dan berkurang bau kaki jadinya. Tapi karena ga teratur akhirnya timbul lagi. Apalagi kalau keringatan di perjalanan, sehingga kaki mengeluarkan aroma kurang sedap karena keringat yang menumpuk. Makasi

  3. @all : Terima Kasih kembali.

  4. terima kasih atas info dan ilmunya dalam penanganan bau kaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar