Home » motivasi » Cara Menghadapi Kegagalan Hidup

cara menghadapi kegagalan hidup

Cara Menghadapi Kegagalan Hidup

Cara menghadapi kegagalan hidup. Banyak orang yang kebingungan saat menghadapi sebuah kegagalan. Sekalipun ia seorang laki-laki, tidak lepas dari peluang kegagalan. Dan kita harus tahu betul apa yang harus kita lakukan saat berhadapan dengan kegagalan.

Kebanyakan yang sering orang lakukan saat menghadapi sebuah kegagalan adalah menyesal. Mereka terus menerus meratapi apa yang telah terjadi. Terus menagis terisak-isak saat rumah yang di jadikan jaminan hutang akhirnya di sita oleh pihak Bank. Istri yang dulu selalu di sampingnya sekarang harus tinggal dengan mertua karena merasa tidak ada lagi yang bisa diharapkan oleh suaminya. Sikap seperti ini harus kita hindari. Kita boleh saja menyesal, tapi jangan sampai larut dalam penyesalan.

Saya sendiri (Penulis) pernah mengalami sebuah kegagalan. Mungkin jika anda membaca sejarah tentang wirasejati.com, anda akan banyak membaca tentang pahit manis perjalanan saya. Kegagalan pernah menghampiri saya di usia yang masih tergolong muda.

Kerugian disaat salah spekulasi memaksa saya menjadi pribadi yang terasingkan. Hingga akhirnya saya menerapkan apa yang harusnya kita terapkan dalam hidup. Dan pada akhirnya terbentuklah wirasejati.com, dengan tujuan berbagi ilmu dan pengalaman tentang bisnis, wirausaha, dan berbagi motivasi terlebih apa yang harus kita lakukan di saat gagal. Karena saya sendiri pernah mengalami kegagalan dalam hitungan ratusan juta rupiah. Angka ini mungkin kecil bagi beberapa orang, tapi cukup besar bagi saya di waktu itu.

Itu adalah pengalaman saya tentang kegagalan, lalu apa yang harus kita perbuat jika kita berhadapan dengan kegagalan?.

Jangan menyalahkan orang lain apalagi Tuhan.

Hampir setiap orang selalu mencari kambing hitap disaat sebuah permasalah mencuat. Ini adalah sifat-sifat para pengecut. Dan hanya seorang pengecut yang menyalahkan orang lain untuk menyelamatkan diri sendiri. Kita tidak boleh menyalahkan orang lain.

Sekalipun kegagalan kita karena di tipu orang lain, pada point utamanya bukan bagaimana kita menyalahkan orang yang telah menipu kita, tapi bagaimana bisa kita di tipu. Saat kita lebih mencari kesalahan diri sendiri, saat itulah kita semakin mengenali kekurangan diri sendiri, lalu berupaya memperbaikinya dan bangkit kembali sebagai pribadi yang pemberani.

Berhentilah menunduk memandangi tali pusar.

Salah satu bagian yang paling sering saya temui, hampir setiap orang yang gagal mereka tertunduk malu. Karena harta yang dulu mereka banggakan akhirnya kini harus hilang dan pada akhirnya kembali miskin. Mereka selalu tertunduk kepalanya, merasa malu, merasa hina, merasa tidak pantas untuk dihargai. Dan pribadi yang sukses, tidak akan pernah takut menghadapi kegagalan itu. Sehingga tidak perlu malu telah kehilangan seluruh hartanya.

Pribadi yang sukses akan tetap bersyukur tegar menghadapi kepahitan yang di timbulkan oleh dirinya sendiri. Tetap bersikap wajar seperti sedia kala tanpa harus malu dengan keadaan.

Selalu berprasangka baik.

Setiap orang yang selalu berprasangka baik tidak akan mudah di jatuhkan. Bahkan saat dia sudah tidak memiliki apa-apa, mereka tidak mudah jatuh, apalagi menyerah. Mereka selalu berprasangka baik. Mungkin dengan kegagalan ini, Allah ingin aku bekerja lebih giat lagi.

Mungkin dengan kegagalan ini Allah ingin aku berganti profesi karena pekerjaan yang kemarin penuh dengan cara yang tidak halal. Mungkin dengan kegagalan ini, Allah mempersiapkan keberhasilan yang lebih besar lai. Dan seterusnya. Seorang yang selalu berprasangka baik, selalu tabah menghadapi segala kesulitan, selalu optimis dalam meniti kesuksesan.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar