Home » teknologi » Cara Mengetik 10 Jari Bagi Pemula dan Profesional

cara mengetik 10 jari, mengetik 10 jari,

Cara Mengetik 10 Jari Bagi Pemula dan Profesional

Cara mengetik 10 jari saya pelajari saat masih kelas 1 atau kelas 2 SMP. Untuk tepatnya saya lupa. Namun, apa yang di sampaikan oleh Pak Dalimin waktu itu memberikan pelajaran yang cukup berarti. Pak Dalimin adalah Guru Mengetik di SMP Negeri 2 Mojogedang. Terima Kasih pak Dalimin, sudah mau mengajari saya yang sedikit bandel ini.

Waktu itu belum menggunakan Komputer, masih menggunakan Mesin Ketik manual yang masih cukup berat buat jari jemari saya. Kali ini saya akan membaginya kepada kalian semua tentang pembagian dan tugas-tugas huruf. Tapi mohon maaf, saya akan sedikit melakukan modifikasi agar proses belajar mengetik 10 jari kalian lebih mudah dilakukan.

Cara Mengetik 10 Jari

Saya akan kembali lagi bercerita tentang apa saja yang saya dapatkan dari Guru saya Pak Dalimin. Beliau mengajarkan fungsi dan tujuan dari mengetik 10 jari. Saya mencoba untuk mengingat ingat apa yang disampaikan oleh guru saya tersebut. Fungsi dan tujuannya adalah agar kita lebih efisien dan lebih cepat dalam melakukan pengetikan.

Jika kita mampu mengetik dengan sistem sepuluh jari, kita tidak perlu melihat keyboard untuk mencari tombol keyboard. Jari-jari kita seakan-akan sudah mempunyai mata. Dan kita fokus pada layar monitor untuk memastikan tidak ada kesalahan pengetikan.

Jika kita harus berulang-ulang melihat keyboard, lalu melihat layar, melihat keyboard lagi, melihat layar lagi, apa tidak pusing?. Jika kita menggunakan sistem sepuluh jari, mata kita cukup terpaku pada layar monitor. Membaca hasil ketikan kita. Dan jika terjadi kesalahan, tangan kita akan secara otomatis tau bahwa kita salah melakukan pengetikan.

Area Huruf Dari Setiap Jari :

  1. Jari Kelingking Kiri. Fungsi jari kelingking kiri yaitu untuk menekan tombol : A,Z,Q,1,`(petik satu pembuka), Tab, Caps Lock, Shift, dan Control. Untuk tombol Start boleh menggunakan jari mana saja. Karena tombol start dan ALT adalah tombol yang jarang digunakan.
  2. Jari Manis Tangan Kiri. S,W,2.
  3. Jari Tengah Tangan Kiri. D, E, 3, 4, X.
  4. Jari Telunjuk Tangan Kiri. F, G, R, T, 5, C, V, B
  5. Ibu Jari Tangan Kiri. Spasi.
  6. Ibu Jari Tangan Kanan. Spasi.
  7. Jari Telunjuk Tangan Kanan. J, H, U, Y, 7, N, M, 7..
  8. Jari Tengah Tangan Kanan. K, I, W, 8, 9 , , (Tanda Koma), <, >.
  9. Jari manis tangan kanan. L, O, 9, 0, . (tanda titik).
  10. Jari kelingking tangan kanan. ‘ (Petik Satu), -, =, backslash.

Itu adalah tugas standard setiap jari. Secara standard, sebelum memulai pengetikan, letakkan jari-jari kamu ke keyboard. Carilah tombol F, dan J. Biasanya di keybord ini akan ada sebuah tanda pada keyboar.

Seperti halnya garis timbul kecil di huruf F dan J. Letkkan jari Telunjuk Kiri di Huruf F, dan jari telunjuk kanan di huruf J. Lalu letakkan setiap jari secara berurutan. Biar gampang di ingat, susunan jari yang benar adalah ASDF, JKL;. ASDFJKLtitik dua. Atau berkreasilah, pilih mana yang menurut anda lebih nyaman tapi ASDFJKLtitikdua adalah hukum wajib jika melakukan cara mengetik 10 jari. Dan untuk tombol-tombol yang lain, berkreasilah. Jari mana yang paling nyaman buat melakukan pengetikan simbol-simbol tersebut.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar