Home » Blogging » Cara mengatasi penurunan trafik setelah ganti template

Cara mengatasi penurunan trafik, blogger, wordpress,

Cara mengatasi penurunan trafik setelah ganti template

Dari pengalaman seorang teman cara mengatasi penurunan trafik pengunjung. Terjadi setelah ganti template. Dan yang kedua adalah setelah ganti domain. Sangat mengkhawatirkan memang. Tapi kita bisa mensiasatinya kembali dengan cara dibawah ini. Semoga trafik bisa kembali normal.

Analisa penyebab !

Sering kali kita kaget setelah kita ganti domain dari blogspot ke domain tld. Kita kaget karena grafik yang ada di overview blogger terus menurun. Sebenarnya tidak mengalami penurunan yang sebenarnya. Tapi, hanya saja akses link internal di dalam blog berubah alur. Yang dulunya example.blogspot.com sekarang berubah menjadi example.com sehingga, link yang semula ke example.blogspot.com tidak teridentifikasi atau tidak terdeteksi setelah kita ganti domain.

Cara mengatasi penurunan trafik Sesuaikan dengan analisa.

Sama halnya saat kita ganti template, akses link internal akan berubah seiring banyaknya link internal yang kita rubah konfigurasinya di template kita yang baru. Untuk itulah kita sering tertipu, seakan-akan jumlah pengunjung dari blog kita menurun, karena grafik di blogger menunjukkan penurunan. Justru itu adalah angka yang sebenarnya. Jika angka di blogger sebelum ganti domain ada 1000, setelah ganti ke domain tld menjadi 200. Justru 200 inilah angka pageview atau jumlah pengunjung yang sebenarnya.

Yang jadi pertanyaan, apakah ini berpengaruh ke SEO dan PageRank? Jawabannya. Iya…

Karena link akses dari internal blog kita tidak akan terdeteksi oleh search engine. Yang terdeteksi masih domain yang memakai blogspot. Ini akan kembali normal seperti semula, tapi memakan waktu yang lumayan lama. Untuk itu, langkah yang paling tepat adalah :

  1. Daftarkan domain kalian yang baru ke Webmaster tools, Google dan Bing atau yang lainnya.
  2. Jika kalian mengganti template, Cek link akses dari template yang baru, jika kualitasnya lebih baik template yang lama, lebih baik menggunakan script yang lama hanya cssnya saja yang dirubah.
  3. Lakukan Submit Sitemap yang baru ke Webmaster tools. Untuk blogger bisa memakai yang seperti ini :
    http://www.DOMAIN-KAMU.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  4. Karena menunggu GOOGLE BOT yang lumayan lama, lakukan submit secara manual semua link yang ada di blog kamu. Ini akan segera mengembalikan pagerank dan kualitas seo kamu di search engine. Caranya adalah submit secara manual ke kedua web berikut :

    https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url

    http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url 

  5. Cara mengatasi penurunan trafik dengan submit manual memang sangatlah memakan waktu dan butuh kesabaran. Tapi mau tidak mau ini adalah cara tercepat untuk mengembalikan posisi pagerank dan kualitas SEO kita.

  6. Ganti atau buat ulang halaman daftar isi. (Daftar isi hampir sama dengan sitemap tapi yang saya maksud disini berbeda). Jika sitemap yang kita submit di Webmaster tool itu merupakan kode xml. Sedangkan sitemap atau daftar isi berupa html. Dengan kata lain kita membuat artikel yang di dalamnya berisikan daftar link aktif dari website kita.

  7. Segera lalukan ping sedini mungkin. Dengan ping web merupakan Cara mengatasi penurunan trafik yang efisien. Salah satunya adalah dengan ping ke web berikut ini : http://googleping.com/


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

7 komentar

  1. ini saya setuju dengan agan, blog saya setelah ganti domain pada ngedrop traffic nya , bayangkan dulu bisa 700++ UV eh sekarang cuma 200++ uv :(
    setelah baca" ada yang bilang harus nunggu 1-3 bulan ini baru juga 3 minggu saya ganti domain, semoga dengan sabar bisa mengembalikan traffic blognya.. pernah juga terlintas untuk menngunakan cara yang salah, tapi masih mikir" konsekuensi ke depannya dari mbah google..

    btw, Nice Sharing gan

  2. Saya juga baru semalam ganti template, setelah paginya saya cek trafik kok turun drastis.
    Sesuai saran agan saya submit manual ke webmaster tool :)

    Makasih pencerahannya.

  3. Terkadang ini memang menjadi sebuah dilema. Antara kerja keras dan pasrah.

  4. nice share brother. keep posting. :)

  5. Berisiko juga ya, mendingan di parkir aja deh domainya

    • Sebenarnya tidak beresiko mas. Hanya saja membutuhkan penyesuaian index google setelah ganti domain. Yang secara pengalaman ini akan membutuhkan waktu berkisar antara 1 – 3 bulan untuk mengembalikan traffic secara normal. Dan akan meningkat setelahnya jika pengaturan dilakukan dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar