Home » peluang usaha » Cara Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan

pengangguran dan kemiskinan, pengangguran, kemiskinan

Cara Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan

Pengangguran dan kemiskinan menjadi salah satu permasalahan yang harus segera teratasi. Kali ini kami merangkum beberapa cara mengatasi pengangguran dan kemiskinan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Entah itu buat kita yang lagi menganggur atau sebagai inspirasi buat saudara-saudara kita yang lagi butuh pekerjaan dan ingin keluar dari garis kemiskinan.

Solusi cara mengatasi pengangguran dan kemiskinan dengan menciptakan penghasilan sendiri.

Menciptakan penghasilan sendiri atau yang lebih sering disebut dengan istilah berwirausaha. Salah satu faktor banyaknya pengangguran adalah minimnya lapangan pekerjaan. Sedangkan lapangan pekerjaan yang ada sangat menuntut skill dan keahlian khusus. Bagi kita yang tidak mempunyai skill yang tinggi atau keahlian khusus, maka akan sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Karena itulah Beriwirausaha adalah pilihan yang tepat. Karena dalam berwirausaha, kita dapat menggunakan apa yang ada didalam diri kita tanpa adanya tuntutan dari pihak manapun.

pengangguran dan kemiskinan, pengangguran, kemiskinan

Dibawah ini kami akan memberikan beberapa ide usaha yang dapat kita lakukan dalam berwirausaha. Ada empat titik point yang utama yang dapat kita kembangkan didalamnya. Jadi, empat ide usaha ini adalah bersifat global, kita bisa mengembangkan ide tersebut sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Dan semoga bisa menjadi solusi ampuh cara mengatasi pengangguran dan kemiskinan.

  1. Menciptakan penghasilan melalui utilitas perubahan bentuk (Form Utility)

    Didalam form utilitas perubahan bentuk ini adalah kita melakukan usaha dengan mengubah bentuk benda dari yang tidak berguna menjadi berguna. Dari yang tidak terpakai bisa menghasilkan produk yang bermanfaat. Salah satu contohnya adalah dengan usaha pengolahan daun kering dan kotoran hewan menjadi pupuk organik.

    Apakah harus sampah organik? Tentu saja tidak, kita bisa menggunakan media-media yang lainnya. Seperi halnya sampah plastik ataupun kaca yang dapat kita rubah bentuk menjadi perhiasan, payung, tas atau bentuk yang lainnya.

    Dengan kita memanfaatkan barang bekas atau sampah, kita telah menjawab dua permasalahan sekaligus. Permasalahan yang pertama adalah bagaimana kita bisa mengatasi pengangguran, dan masalah yang kedua adalah bagaimana kita berwirausaha dengan modal yang minim atau bahkan tanpa modal. Yang kita perlukan adalah ketekunan dan kreatifitas diri kita sendiri. Jika kita mau berusaha dengan sungguh-sungguh, kita yakin kita pasti akan berhasil.

  2. Menciptakan penghasilan melalui utilitas tempat (Place Utility)

    Beda daerah pasti beda perekonomian. Desa dan kota misalnya, pasti sangat berbeda dalam jumlah ketersediaan barang dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat. Di kota misalnya, pasti pembangunan melaju sangat pesat. Maka kebutuhan material bangunan akan melonjak tinggi. Namun ketersediaan barang akan sangat sulit didapatkan. Maka yang harus dilakukan adalah dengan mencari material bangunan ke daerah lain. Inilah utilitas tempat (place utility). Mungkin di daerah kita sangat melimpah batu-batuan, tapi ditempat lain belum tentu. Dan utilitas menjadi salah satu cara mengatsi pengangguran dan kemiskinan.

    Kami akan menggambarkan beberapa contoh usaha melalui utilitas tempat atau place utility. Misal kamu tinggal dihulu sungai. Maka disungai tersebut akan banyak sekali bebatuan dan pasir yang mungkin agak kurang bermanfaat karena mengendap begitu saja dalam jumlah yang besar. Maka kita bisa melakukan penambangan sederhana untuk mendapatkan pasir dan batunya untuk kita jual ke daerah yang sangat membutuhkan.

    Namun perlu menjadi catatan. Jika kita melakukan penambangan dalam sekala besar, maka kita harus meminta ijin kepada dinas setempat. Karena walaupun bagaimanapun, menambang dalam jumlah wajar mungkin sah-sah saja. Tapi ekosistem alam harus tetap kita jaga. Jangan sampai penambangan yang ada merusak ekosistem yang dapat memicu terjadinya bencana alam.

  3. Menciptakan hasil melalui utilitas waktu (utility time)

    Time is money. Waktu adalah uang. Yak betul sekali. Karena waktu adalah uang, maka kita bisa menjadikan waktu untuk mendapatkan penghasilan. Coba kita lihat harga beras, harga jagung, dan semua harga kebutuhan pokok disaat musim panen tiba. Ya, pasti harga akan turun drastis. Hal ini dikarenakan antara jumlah stok lebih besar dibandingkan permintaan barang.

    Dimusim panen, padi melimpah ruah, maka harga beras juga ikut turun. Lalu dengan utility time kita bisa merubah kondisi itu. Disaat panen, kita beli padi dari para petani. Lalu kita olah menjadi beras dan akan kita jual saat musim panen telah berlalu. Jika dilakukan dengan tepat, ini bisa menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan para petani. Karena biasanya, disaat musim panen harga padi turun drastis. Hal inilah yang menyebabkan para petani menjadi merugi. Jika kita ingin memanfaatkan utilitas waktu, maka kita bisa menyelamatkan para petani. Kita dapat membelinya dengan harga yang lebih tinggi. Sehingga, kita bisa mendapatkan keuntungan saat menjualnya nanti setelah musim panen berlalu. Dan para petanipun tidak rugi banyak atas segala jerih payahnya.

  4. Menciptakan penghasilan dengan memanfaatkan utilitas kepemilikan (Ownership Utility)

    Harta kekayaan yang kita miliki akan kurang bermanfaat jika tidak kita kelola dengan baik. Bahkan bisa jadi harta kekayaan tersebut akan berkurang hingga akhirnya sirna. Uang misalnya, jika kita memiliki uang yang banyak lalu tidak kita kelola dengan baik, lama kelamaan akan habis. Berbeda jika kita gunakan uang tersebut sebagai modal bisnis, maka uang tersebut akan bermanfaat bagi diri kita.

    Contoh penghasilan melalui utilitas kepemilikan adalah dengan investasi. Bisa jadi kita memiliki banyak uang, namun kita tidak memiliki keahlian dibidang bisnis. Disisi lain, ada orang yang punya keahlian di bidang bisnis tapi tidak memiliki modal. Maka kita bisa melakukan investasi dimana kita memberikan modal kepada orang yang ingin berbisnis tersebut. Terntunya jika nanti mendapatkan keuntungan bisa kita bagi hasil.

    Cara seperti ini sangat kita butuhkan. Dimana banyak orang yang lagi bingung cari modal usaha sedang disisi lain banyak pula orang yang punya modal banyak tapi tidak tau untuk apa uang mereka. Jika sistem investasi dari skala kecil seperti ini mulai berjalan di Indonesia, maka tingkat pengangguran dan kemiskinan di Indonesia akan mulai teratasi.

    Contoh yang lain adalah jika kita memiliki bangunan atau ruangan yang tidak terpakai, kita bisa menyewakan ruangan atau bangunan tersebut menjadi rumah sewaan atau kamar kost. Sehingga bangunan yang kurang terpakai bisa memberikan hasil kepada kita dan kamar yang kurang terpakai bisa menghasilkan melalui sewa kamar kost.

Pengangguran dan kemiskinan harus kita selesaikan secepat mungkin sedini mungkin. Memang peran Pemerintah sangat dibutuhkan dalam hal ini. Namun, jika kita bisa melakukannya sendiri, mengapa harus menunggu orang lain. Jika kita hanya mengandalkan Pemerintah, kita lihat saja kenyataannya sekarang ini. Jangankan memikirkan masyarakat kecil. Diantara mereka tengah sibuk memperkaya diri mereka sendiri. Korupsi dimana-mana. Sudahlah, jangan tunggu orang lain. Diri kita sendiri saja bisa memulainya sekarang juga. Mari kita selesaikan masalah pengangguran dan kemiskinan ini dengan saling berbahu tangan. Agar kita semakin sejahtera, agar kita bisa bahagia dan ikut serta dalam membahagiakan orang lain.

Semoga artikel tentang cara mengatasi pengangguran dan kemiskinan ini bermanfaat. Jika ada tambahan atau pertanyaan bisa kalian tuliskan di kolom komentar. Banyak salah dan khilaf dari kami penulis, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kesuksesan beserta kita semua. Jangan lupa untuk membantu orang lain karena orang lain juga punya hak untuk bahagia sama halnya dengan diri kita. Salam Wirausahawan Sejati.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar