Home » wirausaha » kiat sukses » Cara Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan – BUMDes

pengangguran, kemiskinan

Cara Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan – BUMDes

Halo Sahabat Wirausahawan Sejati. Bagaimana cara mengatasi pengangguran dan kemiskinan yang terjadi pada diri kita atau kepada lingkungan sekitar kita?. Mungkin pertanyaan ini akan muncul saat kepedulian mulai tertanam pada diri kita. Memang tidaklah mudah dalam menanggulangi atau mengatasi kemiskinan, tapi bukan berarti tidak mungkin. Banyak hal yang bisa kita lakukan, mulai dari diri sendiri hingga orang lain. Mari kita bahas lebih dalam lagi bagaimana cara dan upaya kita agar pengangguran dan kemiskinan dapat kita atasi. Mulai hal yang pertama.

Langkah pertama untuk menanggulangi atau mengatasi pengangguran dan kemiskinan adalah dengan menciptakan penghasilan sendiri. Saat diri kita sudah bisa terlepas dari kata pengangguran dan kemiskinan, barulah kita bisa memikirkan tentang lingkungan sekitar. Seperti halnya, bagaimana mungkin kita bisa mensejahterakan orang lain kalu diri kita sendiri saja belum sejahtera. Hal inipun berlaku pada permasalah ini. Untuk bisa menanggulangi kemiskinan dan pengangguran, paling tidak kita harus sudah mempunyai penghasilan sendiri. Minimal kita sudah bekerja alias tidak menganggur lagi.

pengangguran, kemiskinan

Untuk mendapatkan penghasilan sendiri banyak cara yang dapat kita tempuh. Diantaranya adalah dengan cara Bekerja, maupun berwirausaha. Sesuai dengan visi dan misi Wirasejati.com, yaitu berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman sehingga akan muncul wirausahawan-wirausahawan baru di Indonesia dan turut serta dalam mensejahterakan kehidupan bangsa. Terlalu muluk bukan?, tentu tidak. Harapan yang mulia pasti Tuhan akan meridhoinya.

Saat kamu mampir di Wirasejati.com, maka berwirausaha adalah hal yang sangat kami sarankan. Lalu, jenis usaha apa yang dapat kita lakukan? Mari kita bahas lebih detail lagi.

  1. Usaha Daur Ulang
    Mungkin buat kamu usaha ini terlihat gimana gitu. Tapi usaha yang satu ini sangat menjanjikan. Seperti misalnya adalah merubah sampah organik menjadi pupuk organik yang akan menjadi pupuk paling dicari disaat ini juga saat mendatang. Pupuk kimia tidak akan lagi populer, semua petani akan berbondong-bondong beralih ke pupuk organik yang mana ini bagian dari tuntutan masyarakat yang menginginkan makanan mereka terbebas dari zat kimia maupun pestisida. Maka tidak salah jika kita memulainya dari sekarang.

    Selain pupuk organik, Daur ulang sampah seperti sampah plastik menjadi biji plastik juga sangat menjanjikan. Selain dapat mengurangi pencemaran tanah, usaha ini juga tergolong mudah. Dan kita bisa menciptakan lapangan kerja bagi mereka yang dalam kategori kurang maupun tidak berpendidikan. Pengolahan sampah plastik menjadi biji plastik sangat dibutuhkan diera saat ini. Karena kita tau, bahwa sampah plastik tidak dapat diurai oleh tanah. Maka pencemaran lingkungan akan semakin parah jika sampah plastik tidak bisa kita atasi.

  2. Jasa Penginapan (Home Stay)

    Penginapan maupun homestay memiliki peluang yang sangat besar baik saat ini ataupun untuk masa mendatang. Tingkat kebosanan manusia dalam bekerja, persaingan bisnis, tentu akan membuat seseorang menjadi jenuh ataupun stres. Kebanyakan mereka akan memilih travelling guna menghilangkan kepenatan maupun rasa bosan mereka.

    Buat kamu yang memiliki lahan, usaha penginapan sangat kami sarankan. Sebuah penginapan yang dilengkapi dengan meeting room atau ruang rapat akan menjadi daya tarik tersendiri. Dan kabar baiknya, Homestay atau penginapan ataupun Meeting Room ini bisa kita jadikan usaha individu maupun usaha berbasis kelompok masyarakat. Jika kamu mempunyai modal, kamu bisa membuka usaha ini atas namamu sendiri. Tapi jika kita bertujuan mengentaskan kemiskinan suatu wilayah, Maka usaha ini lebih tepat jika dijadikan sebuah usaha kelompok.

    Bagaimana sebuah penginapan atau homestay bisa menjadi solusi mengentaskan kemiskinan suatu daerah? Caranya adalah dengan menjadikan penginapan atau homestay tersebut menjadi sebuah unit usaha milik desa. Akhir-akhir ini, Pemerintah sedang menggalakkan program penyertaan modal BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Dengan kita membentuk BUMDes, kita bisa mendapatkan modal dari pemerintah lalu mendirikan Penginapan (Homestay) dimana pengelolanya adalah Unit Desa itu sendiri dan Masyarakat yang mau bergabung didalamnya. Sehingga, hasil usaha dari penginapan tersebut bisa dinikmati dan menjadi penghasilan pula bagi masyarakat yang ikut mengelola didalamnya.

  3. Lumbung Pangan

    Salah satu cara dalam mengatasi pengangguran dan kemiskinan adalah dengan adanya lumbung pangan. Bagaimana mungkin lumbung pangan bisa menjadi salah satu cara dalam mengatasi pengangguran dan kemiskinan?. Tentu saja bisa dan sangat bisa.

    Salah satu penyebab kemiskinan adalah tingginya harga bahan pokok (Pangan) dan rendahnya penghasilan. Maka fokus kita adalah dengan menekan harga pangan agar tidak melambung tinggi, lalu meningkatkan penghasilan. Dengan kita membuat lumbung pangan, maka kita akan memiliki tabungan bahan pokok makanan, yang mana dapat kita ambil saat masa paceklik melanda. Saat masa paceklik tiba, maka otomatis harga bahan pokok pangan akan melambung tinggi. Saat kita sudah mempunyai lumbung pangan, maka kita masih tetap bisa memenuhi kebutuhan pangan kita tanpa harus membeli dengan harga yang tinggi. Bahkan jika lumbung pangan kita termasuk dalam angka lebih, kita bisa menjualnya dan laba atau keuntungan dari penjualan tersebut bisa kita bagi ke seluruh orang yang terlibat dalam lumbung pangan tersebut.

    Satu catatan yang harus kita perhatikan adalah, Lumbung pangan jangan dijadikan sebuah ajang bisnis yang keluar dari norma kemanusiaan. Apa itu usaha yang keluar dari norma kemanusiaan?. Yaitu usaha dimana kita menampung atau menyetok bahan pokok pangan seperti beras dalam jumlah besar dengan harga rendah, sehingga mengakibatkan beras menjadi langka lalu kita jual dengan harga tinggi. Hal seperti ini adalah sebuah kejahatan kemanusiaan dimana kita mengambil keuntungan diatas penderitaan saudara-saudara kita.

    Lumbung pangan akan menjadi manfaat jika kita kelola dengan baik. Sebagian hasil tani kita jual, dan sebagian lagi kita tabung di lumbung pangan. Sehingga pasokan bahan pangan nasional tetap stabil, tapi kita juga tetap bisa makan meski saat paceklik sedang melanda. Tanpa harus membeli bahan pangan yang melambung tinggi, kebutuhan pangan kita akan tetap terpenuhi. Itulah salah satu fungsi lumbung pangan.

Hal-hal tersebut diatas adalah contoh cara mengatasi pengangguran dan kemiskinan. Masih banyak hal lain yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi kemiskinan maupun pengangguran. Dan unit usaha desa (BUMDes) menjadi salah satu jawaban). Semoga bermanfaat, salam Wirausahawan Sejati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar