Home » Blogging » Cara Membuat Website Mudah dan Murah

cara membuat website, website,

Cara Membuat Website Mudah dan Murah

Kita akan membahas cara membuat website sederhana yang mudah dan murah. Proses pembuatan website akan menggunakan cms atau pemrograman html biasa. Kami juga akan memberikan gambaran perbedaan antara website dan blog. Dan yang pasti adalah cara membeli domain dan hosting.

Baiklah, tidak usah bertele-tele, kita akan memulai saja cara membuat website. Kita mulai dengan membahas apa itu webiste, dan apa itu blog. Agar kita mengetahui apa perbedaan website dan blog.

Sebelum kita membahas cara membuat website, kita harus paham beda website dan blog. Website atau blog adalah dua hal yang sama namun berbeda. Jika website lebih ke bisnis jika blog lebih ke personal. Keduanya sama-sama memerlukan domain dan hosting. Sama-sama mempunyai konten atau artikel. Namun ada sedikit perbedaan pada sistem penamaannya.

Misal saya membuat website, dan setiap hari saya menulis artikel di dalamnya. Menceritakan apa saja yang saya tau. Tentang alam, tentang fotografi, tentang cerita pribadi. Maka website ini di sebut blog. Berbeda jika kita membuat sebuah website mengatas namakan Sekolah, Perusahaan, atau Instansi terkait. Dimana di halaman awal adalah profil perusahaan atau indstansi, maka website ini tetap disebut website tanpa mengalami perubahan nama.

Langkah-Langkah cara membuat website

Untuk membuat website, kita harus membeli domain terlebih dahulu. Manfaatkan artikel cara membuat website ini untuk menimba ilmu tentang domain dan hosting yang murah. Jangan sampai kita salah pilih. Sesuaikan dengan kebutuhan website.

Untuk membuat website kita harus mempunyai domain yang hosting. Memang banyak yang gratis. Namun biasanya jika kita menggunakan yang gratis, pada saat pengunjung kita sudah banyak, kita harus membeli atau membayar yang gratis tersebut.

Yang semula gratis berubah menjadi berbayar. Dan karena pengunjungnya sudah banyak, sudah terlanjur dikenal, mau tidak mau kalian pasti membayarnya dengan berapapun harga yang ditawarkan. Ini adalah sistem penjualan domain gratis. Maka kami sarankan untuk domain belilah yang profesional. Artinya, kita membuat domain semenarik mungkin, sesuaikan dengan apa yang akan kita tulis di website nanti, dan kita beli melalui jasa penjual domain dan hosting yang dapat dipercaya.

Poin ini adalah bagian terpenting dari cara membuat website. Jika menurut saya, domain wajib membeli. Tapi kalau hosting boleh pakai yang gratisan. Mengapa? Karena, berapa ribu kali kita pindah hosting, jika nama domain masih sama, maka trafik kita masih tetap sama. Berbeda jika kita seribu kali ganti domain. Kita nggak akan dapat apa-apa. Bahkan kita dianggap kurang profesional.

Penjual Domain Dan Hosting Terpercaya

  1. Rumah Web.
  2. Jagoan Hosting. 
  3. IDWebHost.
  4. Godaddy
  5. Hostgator

Dari daftar 5 penyedia domain hosting pasti ada yang terbaik. Masih banyak lagi server lokal yang murah tapi kualitas optimal. Kami sarankan jangan terpancang pada harga. Tapi lebih teliti dalam kualitas. Harga murah tapi website lambat akan membunuh popularitas website kita. Dan cara membuat website murah tidak akan pernah bisa terlaksana dengan baik.

Cara memulai membuat web

Cara membuat website selanjutanya. Setelah kita memiliki domain dan hosting, kita dapat menggunakan CMS seperti WiraUsaha, Joomla, atau Drupal. Jika kita ingin membuat Toko Online, maka kita bisa menggunakan Zencart, atau E Commerce yang lainnya.

Banyak panduan install wordpress, joomla, atau cms lainnya yang dapat kalian temukan di Internet. Pada artikel cara membuat website ini kami akan memberikan cms paling laris didunia. Salah satu paling laris adalah WiraUsaha dan Joomla. Dua cms ini paling merajai paling banyak dipakai untuk membuat website. Dengan selesainya menginstall cms, ini artinya anda telah mempunyai sebuah website. Namun anda belum mempunyai artikel atau konten.

Selain menggunakan CMS, anda juga dapat menggunakan pemrograman HTML, PHP, atau ASP sebagai website anda. Anda dapat membuat tulisan dalam bentuk HTML lalu anda upload id folder hosting anda. Maka setiap File HTML yang anda Upload akan menjadi sebuah halaman Web di Domain anda.

Seperti Wirasejati.com/index.html ini merupakan halaman website. Jika kalian tidak menggunakan CMS, kalian bisa berekspresi dengan apapun yang kalian bisa. Namun, jika kita kurang profesional, kecenderungan adanya kesalahan semakin besar. Maka kemungkinan adanya bugs semakin besar pula.

Ini artinya keamanan web kita semakin rentan terhadap serangan dari orang-orang yang kurang bertanggung jawab. Kami sarankan, gunakan cms jika memang belum begitu memahami tentang pemrograman website. Ini adalah tips kami tentang cara membuat website.

Cra membuat blog gratis

Ada 2 langkah besar yang akan kami sampaikan tentang Cara Membuat Blog secara gratis. Sedikit berbeda dengan cara membuat website diatas. Yang pertama adalah dengan menggunakan Blogger, dan yang kedua adalah dengan menggunakan WiraUsaha. Anda bisa menggunakan yang lainnya seperti Linkedin. Tapi kami sarankan pada 2 tempat ini saja karena sudah teruji bertahun-tahun tetap gratis.

1. Cara Membuat Blog di BLOGGER

  • Pastikan anda mempunyai akun Google seperti gmail.
  • Masuk ke situs Blogger.
  • Masukkan Email Gmail anda beserta Password.
  • Setelah Login anda akan diminta untuk membuat profil blogger. Tapi langkah ini bisa saja tidak ada jika kita sudah mempunyai akun Google Plus atau Memang sudah mempunyai akun Blogger.
  • Buatlah Blog Baru dengan membuat nama misal : blogkamu. blogspot.com
  • Setelah kamu membuat nama blog dan memilih template. Dan memilih tombol OK, maka kamu sudah mempunyai sebuah blog yang masih kosong belum ada isinya dalam arti belum ada artikelnya.

2. Cara Membuat Blog di WiraUsaha.

  • Masuk ke WiraUsaha.
  • Pilih “Buat Situs Web“.
  • Setelah itu isi Email, Nama, Password, dan Alamat blog kamu. Misal:blogkamu. wordpress.com.
  • Jika proses yang anda lakukan sudah benar, ini artinya kita sudah mempunyai sebuah blog dari wordpress yang masih kosong belum ada apa-apanya.

☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

4 komentar

  1. Hendra

    Terima ksih pak referensi domain hostingnya

  2. Sy mw tanya tanya kenapa anchor text link wp pakai wira usaha kang joko?

    Sebelumnya trims untk infonya.

    • Mohon maaf sebelumnya, Anchor Text itu apa ya?

      • Anchor text adalah teks yang nampak (terbaca) dan memiliki link yang bisa diklik.

        Misal diartikel ini kang joko menulis WIRAUSAHA tetapi link mengarah ke wordpress

        Jadi dlm mode htmlWIRAUSAHA,

        maka WIRAUSAHA adalah anchor teks/text nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar