Home » Blogging » Cara Membuat Web Hosting Murah

Cara Membuat Web Hosting

Cara Membuat Web Hosting Murah

Bagaimana Cara Membuat Web Hosting?. Mungkin pertanyaan ini pernah terlintas di benak kita. Sebagai Wirausahawan Sejati yang bergerak pada bisnis online, paling tidak kita harus tahu tentang seluk beluk di dalamnya. Dan salah satunya adalah Web Hosting. Kita dapat membuat web hosting baik itu secara gratis maupun secara berbayar. Dari tingkat pemula hingga tingkat profesional. Kita akan bahas disini secara detail dan yang pasti sudah terbukti berhasil.

Cara Membuat Web Hosting

Kita bisa membuat web hosting gratis dari komputer kita sendiri. Dan ini dapat kita kerjakan dengan komputer kita dirumah. Untuk cara membuat hosting sendiri kali ini akan kita bagi menjadi dua bagian, yaitu Cara Manual dan Cara Otomatis. Yang perlu kita persiapkan untuk membuat hosting sendiri adalah :

Cara manual :

1. Komputer dengan OS Windows atau Linux atau Yang lainnya.
2. Software Apache.
3. Browser.

Proses pembuatan web hosting sendiri :
1. Download software apache dari website resminya http://httpd.apache.org/download.cgi. Download sesuaikan dengan OS Komputer anda. Pilih Linux atau Versi Windows.
2. Setelah selesai download, install software apache yang sudah didownload tadi.
3. Masukkan konfigurasi Network Name, Server Name, dan Email Admin. Misal : Networkname : example.com, Servername : example.com, Email Admin : admin@example.com.
4. Pilih lokasi folder instalasi. Misal : “C:web” untuk windows.
5. Setelah selesai install apache, masuk ke folder instalasi tadi. Cari file “httpd.conf”.
6. Rubah settingan pada bagian “DocumentRoot” dan bagian “<Directory>”sesuaikan dengan folder website anda. Misal :

DocumentRoot "C:/Web/MyWeb"
<Directory "C:/Web/MyWeb">

7. Lalu buka akses port 80 dari firewall anda.

8. Sampai disini langkah kita cara membuat website hosting di komputer sendiri telah selesai. Mari kita lanjutkan dengan cara otomatisnya.

Cara Otomatis :

Untuk cara otomatis membuat webhosting sendiri adalah dengan cara menginstall software xampp. Sesuaikan dengan OS komputer anda. XAMPP sendiri sudah support berbagai OS termasuk Linux dan Windows.

Cara Membuat Web Hosting Professional Bisnis

Untuk cara membuat web hosting sendiri yang profesional untuk bisnis adalah dengan cara membuat server hosting sendiri. Ada dua tipe hosting yang perlu kita ketahui, yaitu :

  1. Reseller Hosting.
  2. VPS Hosting atau Dedicated Server.

Untuk membuat hosting sendiri dengan tingkat reseller hosting, kita bisa melakukan pembelian paket reseller hosting seperti di godaddy.com atau di hostgator.com. Jika kita membeli paket Reseller Hosting, kita akan mendapatkan sebuah akses Web Hosting Management. Dan yang biasa di pakai adalah WHM.

Untuk cara membuat hosting profesional bisnis dengan menggunakan VPS atau Dedicated Server, kita harus membeli produk VPS. Atau kita juga bisa membuat sendiri dari komputer kita sendiri jika kita mempunyai statik IP Address pada koneksi internet kita.

Jika kita telah mempunyai VPS sendiri baik itu beli atau membuatnya sendiri, kita bisa menginstall WHM di dalam VPS tersebut. Dengan demikian anda akan mendapatkan akses Hosting Management (WHM) yang akan mengelola setiap client pada web hosting anda.

Untuk kelas bisnis atau profesional, kita harus mempunyai internet akses yang sangat cepat. Karena banwidth yang kita butuhkan akan sangat besar dan unlimited. Untuk cara membuat server hosting sendiri, kita dapat menginstall aplikasi Linux Server didalam komputer tersebut. Seperti Ubuntu Server, CentOs Server, Atau Os Server yang lainnya.

Kita juga bisa menginstall versi Windows dengan menginstall Windows Server pada komputer yang ingin kita jadikan sebagai Server Hosting. 


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

11 komentar

  1. Meskipun saya masih agak bingung, tapi saya sedikit banyak mulai tau tentang bagaimana membuat web hosting. Terima kasih Gan.

    • Jangan khawatir gan, sering sering mampir saja. Dan sering bertanya kalau memang ada yang perlu di tanyakan. InsyaAllah kami siap membantu.

  2. saya juga masih sedikit bingung tentang hosting…
    kalau misal sebelumnya kita menggunakan hosting blogspot, apakah bisa mudah berpindah hosting berbayar? URL yang ada apakah tidak rusak?
    saya lihat beberapa blog berhosting tidak memperlihatkan tanggal dan bulan di URL…

  3. Maaf teman, sekedarkan menambahkan 2 tempat web hosting gratis indonesia tanpa iklan yang sangat cocok untuk membuat website, yaitu
    webhosting.web.id
    sentorahost.com
    Semoga bermanfaat teman, terima kasih dari seowaps.com

  4. Saya tertarik untuk membuat web hosting pada VPS. Yang ingin saya tanyakan software atau aplikasi apa lagi selain O/S Ubuntu Server dan WHM yang harus diinstal pada VPS tsb.

    Terima kasih.

  5. Belum kelas saya buat web hosting, masih perlu belajar yang biasanya saja lah..

  6. AZZAM

    mas ada cara lebih detail lagi ngga??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar