Home » resep makanan » Cara Membuat Puding Simple dan Lezat

cara membuat puding, puding,

Cara Membuat Puding Simple dan Lezat

Cara membuat puding. Bagi anda ibu rumah tangga atau kalian yang ingin membuat sebuah usaha restoran makanan. Puding adalah salah satu makanan yang mungkin dapat anda masukkan sebagai menu desert andalan. Puding memiliki struktur makanan yang khas, yaitu lembut, kenyal, dan lezat. Banyak restoran-restoran besar yang menyajikan puding sebagai salah satu hidangan pendamping menu utama. Dan puding yang akan kita buat kali ini adalah puding vanila dan puding coklat.

Bahan Baku Cara Membuat Puding

  • Sepertiga cangkir coklat tanpa pemanis.
  • Dua pertiga cangkir gula.
  • Dua setengah cangkir susu.
  • Seperempat cangkir tepung maisena.
  • 4 Telur, ambil kuningnya saja.
  • Garam seperempat sendok teh.
  • 2 Sendok makan mentega tawar yang dipotong-potong.
  • 1 Sendok teh ekstrak vanili.

Cara Memasak Puding

Sebelum anda memulai memasak, siapkan dulu sebuah mangkuk besar yang nanti akan kita gunakan sebagai wadah puding. Sangat disarankan untuk meletakkan saringan diatas mangkuk untuk menyaring puding. Sehingga nanti puding yang masuk ke mangkuk adalah puding yang benar-benar lembut. Dan jika ada bagian puding yang menggumpal dan kasar akan tersaring.

Campurkan tepung maisena, gula dan garam. Aduk hingga merata. Pastikan tepung, garam, dan gula sudah tercampur merata. Jika anda ingin membuat puding coklat, masukkan sepertiga cangkir coklat yang sudah kita sediakan tadi. Jika tidak ingin membuat puding coklat, hanya ingin membuat puding vanila, tidak usah menggunakan coklat.

Setelah bahan sudah tercarup, perlahan tuangkan susu kedalam adonan tersebut. Tetap aduk hingga merata, kemudian kocok kuning telur dan masukkan ke dalam adonan. Aduk kembali beberapa saat, sehingga semua bahan benar-benar tercampur rata dan tetap terlihat lembut.

Masaklah puding menggunakan panci dengan api sedang. Selama proses memasak puding, aduk terus hingga mendidih. Saat puding sudah terlihat mendidih, kecilkan api sambil terus mengaduk puding. Kira-kira satu menit atau dua menit baru matikan api.

Tuangkan puding kedalam mangkuk yang diatasnya telah kita beri saringan tadi. Setelah semua selesai tertuang, masukkan mentega dan vanili ke dalam puding yang masih panas. Sekarang puding panas kita sudah jadi. Dinginkan puding panas tersebut sebelum disajikan. Jika anda mempunyai form plastik, anda dapat meletakkan plastik tersebut diatas mangkuk selama proses pendinginan.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar