Home » kerajinan tangan » Cara Membuat Kerajinan Tangan

cara membuat kerajinan tangan

Cara Membuat Kerajinan Tangan

Kali ini kita akan membuat tips cara membuat kerajinan tangan sangat sederhana. Teknik yang sederhana ini akan kita bagi kepada kita semua agar kita dapat lebih kreatif dan lebih memiliki potensi dalam hal kerajinan tangan. Sebagian orang menjadikan Kerajinan Tangan atau Hand Craft sebagai sebuah peluang usaha.

Namun kali ini selain kami khususkan kepada para wirausahawan, kami juga membuat artikel ini dengan tujuan kepada para pelajar. Biasanya mereka mendapatkan tugas dari sekolah untuk membuat kerajinan tangan. Oleh karena itu, semoga dengan tips dari kami ini dapat membantu kalian semua dalam mengerjakan tugas dari sekolah.

Cara membuat kerajinan tangan

Kita memiliki beberapa faktor utama dalam membuat kerajinan tangan. Jika kita tidak memiliki salah satunya, kita tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal dari apa yang kita buat. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah :

  1. Jiwa Seni.
    Jika kita ingin membuat sebauh kerajinan tangan, kita harus memiliki tingkat imajinasi yang tinggi. Siapa saja memang bisa membuat kerajinan tangan. Tapi tanpa mempunyai jiwa seni yang tinggi, kerajinan tersebut tidak akan memperlihatkan sebuah mahakarya yang unik dan mempunyai nilai jual tinggi.

  2. Kreatifitas.
    Seorang pengrajin harus memiliki kreatifitas. Jika kita monoton dan melakukan sesuatu yang itu-itu saja, maka dia belum pantas disebuh pengrajin. Kerajinan tangan yang baik adalah sebuah karya yang lain dari pada yang lain. Dalam artian khusus yaitu unik. Dan ini adalah tugas seorang pengrajin untuk menciptakan sesuatu yang baru, yang mampu merubah sesuatu yang sederhana menjadi istimewa.

  3. Kesabaran.
    Mengapa ini menjadi salah satu faktor penting untuk dapat membuat sebuah kerajinan tangan?. Karena, apapun itu bentuknya, segala kerajinan tangan yang kita buat adalah mencerminkan isi hati kita. Segala jenis kerajinan tangan pasti memerlukan sebuah proses dalam membuatnya. Dan dalam proses pembuatan inilah kesabaran kita teruji. Sebatas mana kesabaran kita dalam menyelesaikan kerajinan tangan yang tengah kita buat.

  4. Ketelitian.
    Sebuah mahakarya seni kerajinan tangan adalah sesuatu yang bisa kita tampilkan secara harmonis dan dinamis. Seperti anyaman atau ukiran kayu misalnya. Setiap sisi yang terpahat atau teranyam selalu di ikuti oleh alur yang sama hingga berulang-ulang dan bentuk yang dinamis ini akhirnya bisa menjadi sebuah maha karya yang mempunyai nilai jual sangat tinggi. Disinilah ketelitian kita perlukan dalam menciptakan maha karya tersebut.

Sebelum kita melanjutkan ke dalam topik kiat sukses membuat kerajinan tangan, sebelumnya kami telah mengumpulkan berbagai macam kerajinan tangan yang telah kami tulis di website kami. Dengan tujuan bisa memberikan ide dalam membuat kerajinan tangan atau lebih dari itu, yaitu menjadikan beberapa kerajinan tangan ini menjadi sebuah Peluang Usaha. Kumpulan berbagai jenis kerajinan tangan tersebut bisa kalian baca di halaman Kerajinan Tangan.

KUNCI SUKSES BISNIS KERAJINAN TANGAN

Banyak orang telah sukses membuat serta menjual berbagai jenis kerajinan tangan di dalam negeri maupun untuk di eksport keluar negeri. Salah satu aspek terpenting dari kerajinan tangan yang mampu bersaing di pasar jual adalah kualitas produk. Maka kami akan memberikan beberapa tips sukses wirausaha kerajinan tangan. Diantaranya adalah :

  1. Buat produk yang senatural mungkin.
    Ingat, kerajinan tangan adalah sebuah karya seni. Jadi buatlah produk kerajinan tangan dengan bahan dasar yang terbuat dari alam. Seperti rotan, kayu, ataupun batu-batuan. Meskipun tidak selalu berupa bahan dari alam, misalnya bahan dari plastik bekas, dari besi atau baja, dan beberapa kerajinan terbuat dari kaca.

    Memang bahan ini tidak langsung berasal dari alam mentah seperti halnya rotan dan kayu, tapi, dalam pembuatannya, biasanya bahan dari besi baja atau kaca dan plastik ini akan di bentuk menjadi sebuah produk yang menggambarkan alam. Misal lukisan dari kaca, keris yang bermotif naga yang juga bagian dari alam, serta sebuah plastik yang dibentuk menjadi sebuah bunga atau pohon-pohonan.

    Tentu saja hasil akhirnya akan menyerupai alam. Jadi, berkaryalah dengan mengedepankan unsur alam. Karena sesuatu yang alami akan lebih banyak dicari dibandingkan yang tidak alami.

  2. Buatlah produk yang tidak mudah rusak atau mudah usang.
    Tahan lama adalah salah satu faktor penting yang mendorong sebuah nilai jual. Misal kita membuat sebuah kursi dari anyaman rotan, jika kursi ini cepat rusak atau warna pada kursi cepat luntur sehingga terlihat usang, maka pembeli akan kecewa dengan produk kita.

    Dan jika ada satu saja pembeli yang kecewa, bisa saja dia menceritakan ke orang lain tentang produk kita. Dan ini membawa dampak buruk bagi pemasaran produk yang kita buat. Begitu pula sebaliknya, jika pembeli puas, maka mereka akan bercerita apa adanya. Bahkan mereka bisa saja bercerita lebih baik dari pada marketing yang kita punya.

  3. Buatlah tim marketing khusus.
    Memiliki tim marketing atau pemasaran yang handal menjadi kunci utama perusahaan. Oleh sebab itu, bentuklah tim marketing khusus yang bertugas sebagai ujung tombak perusahaan anda. Minimal kita memiliki dua orang marketing. Marketing pertama bertugas memasarkan produk secara social engineering. Yaitu pemasaran orang ke orang mulut ke mulut kantor ke kantor pasar ke pasar.

    Dan satu orang lagi bertugas sebagai Internet Marketing. Yaitu orang yang memasarkan produk kita secara online. Apalagi di era modern saat ini, terkadang pemasaran secara online lebih efektif dari pada pemasaran secara konvensional. Dan untuk itulah kita harus mempunyai strategi khusus dalam melakukan pemasaran.

Referensi Umum

Referensi Umum


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar